Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Posted on

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Lengkap (+ Gambar) – Bulu tangkis atau biasa disebut dengan badminton adalah salah satu permainan antara dua pemain, baik satu lawan satu atau dua lawan dua dengan raket dan shuttlecock. Olahraga ini mirip dengan tenis. Namun, tidak menggunakan meja dalam game ini, tetapi menggunakan area non-rumput dengan raket dan kokas atau kok. Jadi, meskipun dalam gerakan yang sama dilemparkan ke lawan dengan mempertahanan suatu benda, olahraga yang satu ini tidak sama dengan pertandingan itu.

Badminton juga merupakan salah satu pertandingan yang termasuk dalam kompetisi internasional seperti Olimpiade dan Sea Games. Selain itu, ada banyak kejuaraan untuk permainan bulu tangkis atau badminton, tetapi sebelum kompetisi Anda perlu menguasai atau mengetahui ukuran lapangan bulu tangkis nasional dan internasional.

Sejarah Bulu Tangkis

Sejarah Bulu Tangkis
Sejarah Bulu Tangkis

Permainan bulu tangkis atau bisa juga disebut dengan badminton ini berdasarkan sejarah mungkin dikembangkan di Mesir kuno sekitar 20 abad yang lalu, tetapi ada juga yang menyebutnya berasal dari India dan Republik Rakyat Tiongkok. Diyakini bahwa pendahulunya adalah gim Cina bernama Jianzi.

Jianzi adalah game yang menggunakan Kok, tetapi tidak dimainkan dengan klub tetapi dengan kakinya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mencegah coke jatuh ke tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan.

Juga di Inggris, angin sepoi-sepoi sejak Abad Pertengahan ini disebut Battledore dan Shuttlecock. Anak-anak biasanya menggunakan dayung atau tongkat (battledores) pada saat ini dan bekerja bersama untuk menjaga kokas di udara dan mencegahnya menyentuh tanah. Permainan itu cukup populer untuk mengisi nuansa sehari-hari di jalan-jalan London pada 1854, ketika majalah Punch menerbitkan kartun untuk itu.

Dalam sejarah bulu tangkis, Inggris membawa permainan ini ke Jepang, Republik Rakyat Tiongkok dan Siam (sekarang Thailand) sambil menjajah negara-negara Asia. Kemudian, game ini dengan cepat berkembang dan menjadi sangat mudah di lingkungan mereka.

Olahraga kompetisi bulutangkis ditemukan oleh seorang perwira Inggris di Pune, India pada abad ke-19 ketika mereka menambahkan jaring dan memainkan kompetisi ini. Karena itu, kota Pune sebelumnya dikenal sebagai kota Poona, permainan itu kemudian dikenal sebagai permainan Poona.

Baca Juga :  Ukuran Lapangan Bola Voli

Para prajurit membawa permainan itu kembali ke Inggris pada tahun 1850-an. Olahraga ini disebut sebagai bulutangkis dalam brosur tahun 1860 oleh Isaac Spratt, pengecer video game Inggris, berjudul “Badminton Battledore – A Game Baru” (badminton battledore – game baru). Ini menunjukkan bahwa permainan itu dimainkan untuk pertama kalinya di Badminton House (Badminton House), tanah milik Duke of Beaufort di Gloucestershire, Inggris.

Aturan dasar dalam sejarah bulu tangkis pertama kali ditulis pada tahun 1877 oleh Badminton Bath Club. Asosiasi bulutangkis Inggris didirikan pada 1893 dan kejuaraan internasional pertama terjadi pada 1899 dengan All England Championship. Badminton saat ini merupakan olahraga yang sangat populer di seluruh dunia, terutama di kawasan Asia Timur dan Tenggara, yang saat ini mendominasi olahraga ini, dan di negara-negara Skandinavia.

Sejarah Bulu Tangkis Indonesia

Sejarah Bulu Tangkis Indonesia
Sejarah Bulu Tangkis Indonesia

Selama era kolonial jaman penjajahan dahulu ada berbagai asosiasi bulutangkis di Indonesia, bekerja secara individu tanpa misi dan cita-cita berjuang di negara merdeka, itu tidak bisa berjalan, itu bisa dicoba untuk menjadi organisasi nasional, seperti organisasi persatuan bulutangkis.

Untuk menemukan jalan ke suatu organisasi, yang terbaik adalah menyatukan para pemimpin lokal di sebuah kongres. Saat itu sangat sulit untuk berkomunikasi antar daerah. Satu-satunya yang bisa Anda lakukan adalah daerah di sekitar Pulau Jawa. Bahkan kemudian, itu hanya dapat dicapai setelah berdirinya PORI (Asosiasi Asosiasi Olahraga Indonesia).

Upaya yang dilakukan Sudirman dan teman-temannya melalui surat yang pada dasarnya memanggil mereka untuk mendirikan PBSI telah membuahkan hasil. Kemudian, pada sebuah pertemuan pada 5 Mei 1951, yang memulai sejarah bulutangkis di Bandung, PBSI (Persatuan Bulutangkis Indonesia) lahir, dan pertemuan itu dicatat sebagai kongres pertama PBSI. Dengan Ketua Umumnya A. Rochdi Partaatmadja, Ketua I: Sudirman, Ketua II: Tri Tjondrokoesoemo, Sekretaris I: Amir, Sekretaris II: E. Soemantri, Bendahara I: Rachim dan Bendahara II: Liem Soei Liong.

Dengan administrasi tingkat pusat, administrasi regional atau provinsi secara otomatis menjadi kantor cabang yang diubah menjadi Pengda (Manajer Regional), sedangkan Pengcab (Manajer Cabang) adalah nama pemerintah kota atau kabupaten. Pada akhir Agustus 1977, ada 26 pemerintah daerah di seluruh Indonesia (kecuali Provinsi Jawa Timur) dan 224 cabang, sementara jumlah anggota PBSI diperkirakan mencapai 2000.

Bentuk Lapangan Bulu Tangkis

Bentuk Lapangan Bulu Tangkis
Bentuk Lapangan Bulu Tangkis

Permainan bulu tangkis memiliki bentuk persegi panjang dan dibagi menjadi dua kategori, lapangan bermain saling berhadapan dan dipisahkan dari jaring atau Net di tengah.

Baca Juga :  Kebugaran Jasmani

Di setiap area ini ada beberapa garis permainan, yaitu garis service depan, garis service tengah, garis service sisi (untuk bermain mudah) di sisi kiri dan kanan dan garis service belakang (untuk game ganda).

Ketebalan masing-masing garis lapangan bulu tangkis sekitar 40mm dan harus diwarnai berbeda dengan warna lapangan bermain. Warna garis yang disarankan adalah kuning atau putih.

Juga direkomendasikan bahwa bahan permukaan lapangan bulutangkis terbuat dari kayu sintetis lembut dan lunak, dan tidak diperbolehkan untuk menggunakan permukaan lapangan bermain yang terbuat dari bahan sintetik beton dan keras, karena ini dapat menyebabkan cedera terhadap pemain.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis / Badminton

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis
Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran lapangan bermain bulu tangkis ditentukan oleh Federasi Badminton Internasional (IBF), yang kita kenal sekarang sebagai Federasi Badminton Dunia (BWF, Badminton World Federation).

Sedangkan di Indonesia di bawah naungan PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia). Pengukuran lapangan bulu tangkis internasional berikut ini diatur sesuai dengan standar internasional:

  • Panjang lapangan bulu tangkis adalah 13,40 m.
  • Lebar lapangan badminton atau bulu tangkis 6,10 m.
  • Jarak garis service depan dari jaring atau net 1,98 m.
  • Jarak dari garis service tengah rata-rata dari garis samping 3.05 m.
  • Jarak garis servis belakang (untuk permainan ganda) dari garis belakang 0,76 m.
  • Jarak garis samping untuk permainan tunggal rata-rata dari garis pinggir lapangan 0,46 m.
  • Tinggi tiang pada Net 1,55 m.
  • Tinggi pada Net 1,52 m.

Lapangan bulu tangkis yang berukuran kecil ditujukan untuk anak-anak di bawah 9 tahun, yang sangat berbeda: Panjang lapangan sekitar 10,05 meter, sedangkan lebarnya 4,40 meter.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Tunggal

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Tunggal
Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Tunggal

Didalam bidang permainan partai tunggal bulu tangkis, lebar lapangan permainan menggunakan garis lapangan samping bagian dalam dan pada panjangnya menggunakan garis belakang di bagian luar. Sementara untuk area permainan partai tunggal dalam lebar permainan menggunakan garis luar bagian samping dan pada panjangnya dengan garis belakang bagian luar.

Untuk bidang permainan, ukuran lapangan bulu tangkis tunggal sebagai berikut:

  • Panjang lapangan permainan adalah 13,40 m.
  • Lebar bidang permainan 5,18 m.
  • Panjang bidang penerima servis adalah 4,72 m.
  • Lebar lapangan penerima servis adalah 2,59 m.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Ganda

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Ganda
Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Ganda

Dalam bidang permainan bulu tangkis partai tunggal, pada lebar lapangan permainannya menggunakan garis lapangan samping sisi bagian dalam dan pada panjangnya dengan garis belakang di sisi luar. Sementara pada lebar area permainan partai ganda menggunakan garis luar sisi samping dan pada area panjangnya menggunakan garis belakang di bagian luar.

Baca Juga :  Gambar Lapangan Sepak Bola Beserta Ukurannya

Ukuran lapangan bulu tangkis pada permainan ganda adalah sebagai berikut :

  • Panjang lapangan permainan adalah 13,40 m.
  • Lebar lapangan permainan 6,10 m.
  • Panjang bidang penerima servis adalah 3,96 m.
  • Lebar bidang penerima servis adalah 3,05 m.

Ukuran Shuttlecock Bulu Tangkis

Ukuran Shuttlecock Bulu Tangkis
Ukuran Shuttlecock Bulu Tangkis

Shuttlecock atau umumnya dikenal sebagai Kok dalam bahasa Indonesia, biasanya terbuat dari bulu angsa buatan pabrik yang umumnya memenuhi standar yang ditetapkan oleh IBF (International Badminton Federation). Jadi ukuran Shuttlecock atau kok yang ditentukan oleh IBF adalah:

  • Berat kok : 4,73 hingga 5,50 gram.
  • Jumlah bulu yang digunakan pada kok : 14 hingga 16 buah.
  • Tinggi bulu dari permukaan gabus: 64 hingga 74 mm.
  • Diameter gabus untuk menancap bulu kok: 25 hingga 28 mm

Ukuran Raket Bulu Tangkis

Ukuran Raket Bulu Tangkis
Ukuran Raket Bulu Tangkis

Raket di masa lalu, hingga tahun 1970-an, masih dikenal untuk raket yang baik, yang merupakan pegangan atau kepala (daun) yang terbuat dari berbahan kayu, yang umumnya berbeda dari grafit saat ini, meskipun mereka masih terbuat dari aluminium atau baja ringan adalah. Bentuknya juga bervariasi, tetapi hingga 2002 umumnya digunakan oleh pemain tim nasional. Karena raket yang lumayan mahal, pastinya lebih ringan dan lebih kuat.

Di raket ada jaringan tali (string) berupa tali plastik. Senar yang baik adalah senar yang dapat dipasang secara kencang mungkin, tetapi tidak mudah putus, sehingga raket dapat bisa mengenai keras atau cepat pada kok. Berikut ini ukuran raket bulu tangkis sesuai dengan standar IBF:

  • Berat raket bulu tangkis: kurang dari 150 gram.
  • Panjang raket bulu tangkis: 66 hingga 68 cm.
  • Lebar raket bulu tangkis: 19 hingga 22 cm.
  • Panjang permukaan untuk senar: 24 hingga 28 cm.
  • Area lebar untuk string (senar): 19 hingga 22 cm.

Demikian pembahasan mengenai Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Lengkap (+ Gambar). Semoga bisa menjadi pengetahuan dan wawasan kita semua.

Baca Juga :