Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Nasional Internasional FIFA Lengkap

Posted on

Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Nasional Internasional FIFA Lengkap – Dalam permainan sepak bola, terdapat sebuah gawang yang merupakan suatu komponen yang tidak dapat dihilangkan dan sangat penting sekali. Pada permainan sepak bola terdapat sebuah dua gawang, yang berfungsi sebagai untuk mencetak gol ke gawang tersebut atau penahan bola pada saat pemain mencetak gol.

Pastinya kita sudah mengetahui bagaimana bentuk dari gawang sepak bola tersebut, yang berada terletak di setiap ujung lapangan. Memiliki bentuk persegi panjang terbuat dari bahan ring besi dan terdapat sebuah jaring berfungsi sebagai menahan laju bola apabila pemain salah satu tim berhasil memasukkan bola kedalamnya.

Akan tetapi, gawang yang dimaksud di sini bukan hanya persegi panjang yang diletakkan di dalam lapangan, namun terdapat aturan pada ukuran gawang sepak bola standar nasional dan internasional yang sudah disepakati dunia.

Berapa ukuran tinggi dan lebar gawang sepak bola standar nasional internasional FIFA? Gawang sepak bola terdiri dengan dua tiang yang sejajar dan berdiri tegak secara vertikal dengan jarak tertentu dalam masing-masing tiang gawang.  Di bagian atasnya, terdapat tiang mendatar horizontal atau sering disebut sebagai (mistar) yang menyatukan ke dua tiang vertikal sebelumnya. Untuk sisi bagian belakang gawang, dilengkapi menggunakan jaring sebagai tempat penahan bola pada saat terjadi gol. Masing-masing gawang tersebut dijaga oleh satu orang pemain, disebut sebagai kiper.

Berdasarkan dari penjelasan di atas, mari kita ketahui secara lengkap mengenai ukuran gawang sepak bola standar internasional FIFA dibawah ini sob!

Ukuran Gawang Sepak Bola

Sejarah Gawang Sepak Bola

Gawang Sepak Bola merupakan hasil konferensi FA di bulan Desember 1882. Ketika itulah sejarah gawang sepak bola telah dimulai. Pada konferensi yang sudah diputuskan bahwa gawang merupakan salah satu kelengkapan atau komponen dari olahraga permainan sepak bola yang memiliki bentuk dua tiang sejajar dan bagian atas dilengkapi sebuah mistar. Dalam konferensi tersebut diputuskan juga bahwa jarak dua buah tiang sejajar sebanyak 8 yard, dengan ketinggian pada mistar dari tanah adalah 8 kaki.

Pada saat itu, gawang dipasang di dalam lapangan sepak bola. Awal penggunaannya, gawang ini tidak dilengkapi sebuah jaring tempat bersarangnya bola. Ada kekurangan penggunaan gawang di masa lalu ini, yaitu biasanya sering terjadi kesulitan menentukan apakah terjadi sebuah gol maupun tidak, terutama ketika bola melesat dengan sangat cepat. Masalah satu ini kemudian telah berhasil di atasi oleh Brodie, yakni seorang warga dari Liverpol yang menyuruh memberikan penggunaan jala atau jaring di setiap gawang tersebut.

Maka, secara resmi jaring tersebut di gunakan pada bulan Januari 1981, tepatnya ketika pertandingan sepak bola The North yang bertanding melawan tim kesebelasan dari The South. Sejak dari itu jaring dijadikan menjadi salah satu standar kelengkapan gawang dalam permainan sepak bola.

Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Nasional Internasional FIFA Lengkap

Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Nasional Internasional FIFA Lengkap

a. Ukuran Gawang

Ukuran tinggi pada gawang tersebut adalah 2.44 m dan panjangnya adalah mencapai 7.32 m. Ukuran panjang dan tinggi gawang tersebut dihitung berdasarkan dari sisi dalam tiang gawang dan juga mistar yang berada di bagian atasnya.

Untuk itu, jaring yang berada di gawang mempunyai ukuran lubang yang lumayan renggang sekitar 10 cm. Ukuran lubang jaring pastinya dapat menjaring bola agar tidak melaju jauh keluar lintasan sepak bola.

Baca Juga :  Teknik Cara Menyundul Bola (Heading) Dalam Permainan Sepak Bola

b. Bentuk Gawang

Gawang yang berada dan diletakkan di ujung masing-masing garis gawang memiliki bentuk yang terdiri dari dua tiang sejajar dan terdapat sebuah mistar yang terpasang dibagian atasnya.

Kemudian diberikan jaring agar bisa menahan laju bola sehingga bola tersebut tidak jauh keluar melebihi batas gawang dan terjaring dengan jaring tersebut.

c. Ketahanan Gawang

Bahan yang digunakan oleh tiang dan mistar gawang adalah besi, atau sesuai dengan persetujuan FIFA, asal tidak membahayakan para pemain. Khususnya pada penjaga gawang atau kiper, mempunyai bentuk elips dan diberi sebuah warna putih.

Untuk ketahanan gawang diharuskan tidak bergeser pada saat permainan sedang berlangsung. Gawang tersebut tertanam di dalam tanah lapangan, kira-kira cukup dalam agar kedua tiang berdiri kokoh. Kemudian jaring gawang harus terpasang pada tiang dan tanah agar tidak mengganggu seorang penjaga gawang.

Demikian penjelasan singkat mengenai Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Nasional Internasional FIFA Lengkap, semoga penjelasan diatas bisa berguna dan bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih telah berkunjung sob!

Baca Juga : Gambar Lapangan Sepak Bola Beserta Ukurannya Internasional Nasional