Tulang Tapis – Pengertian, Ciri, Letak, Bentuk, Jumlah, Fungsi (+Gambar)

Posted on

Tulang Tapis – Kerangka kepala atau tengkorak adalah tulang di kepala yang memainkan peran penting dalam melindungi organ otak yang mengatur semua sistem saraf dan sistem lainnya dalam tubuh seseorang. Jika kepala terluka, itu dapat menyebabkan gangguan, untuk memahami lebih lanjut terkait pengertian, ciri, letak, bentuk, jumlah, fungsi tulang tapis yang dilengkapi dengan gambarnya. Silahkan kalian simak penjelasan lengkapnya dibawah ini gaes!

Tulang Tapis

Pengertian Tulang Tapis

Kerangka kepala atau tengkorak adalah tulang di kepala yang memainkan peran penting dalam melindungi organ otak yang mengatur semua sistem saraf dan sistem lainnya dalam tubuh seseorang. Jika kepala terluka, itu dapat menyebabkan gangguan.

Salah satu tulang yang menyusun rangka kepala atau tengkorak adalah tulang tapis. Tulang tapis atau tulang ethmoid (Os ethmoidale) adalah tulang kepala yang berada di depan tulang baji dan di antara tulang mata. Tulang ini berukuran kecil, rata/pipih, dan berjumlah 2 buah. Fungsi tulang yang satu ini adalah membentuk dinding belakang rongga mata, memainkan peran penting dalam mendukung proses visual maupun penglihatan manusia dan menjaga kesehatan rongga nasal.

Ciri-Ciri Tulang Tapis

Ciri-ciri berikut dari tulang tapis yang membedakannya dari tulang-tulang lain sebagai komponen dari kepala rangka, antara lain :

Berbentuk Pipih

Tulang ini memiliki bentuk pipih . Tulang pipih berbentuk datar. Namun, tulang ini terlihat seperti lempengan kecil. Sebagai tulang berbentuk datar atau pipih, tulang ini terdiri dari 2 lapisan tulang padat.

Lihat Materi Lainnya :  5 Perbedaan Otot Polos, Otot Lurik dan Otot Jantung Dalam Bentuk Tabel

Ukurannya Tidak Lebar

Tulang pipih lainnya memiliki ukuran besar, tetapi tidak dengan tulang tapis. Ini karena tulang tapis tidak lebar sama sekali karena posisinya yang terbatas di antara mata.

Berjumlah Dua

Ada dua tulang tersebut di sisi mata kanan dan mata kiri. Dua tulang ini menghubungkan mata dan melindunginya. Dengan demikian, tulang ini diakui mempunyai peranan penting.

Terletak diantara Kedua Mata

Tulang ini berada dibagian antara kedua mata. Kehadiran dan fungsi dengan demikian terkait erat dengan kesehatan dan perlindungan organ mata.

Fungsi Tulang Tapis

Gambar Tulang Tapis

Berikut fungsi dari tulang ini beserta dengan penjelasannya dibawah ini :

Membentuk Dinding Belakang Mata yang Melekuk

Mata yang berada di bagian seperti rongga dengan menjaganya untuk tetap tersimpan dan berlokasi. Terdapat suatu dinding belakang mata yang terbentuk dari berbagai lapisan tulang pipih. Untuk itu, apabila bagian dinding belakang mata mengalami benturan/cedera, ada kemungkinan tulang tersebut akan mengirimkan sinyal kepada kepala yang langsung direspon sebagai sakit kepala dibagian sekitar daerah mata.

Menjaga Kesehatan Rongga Nasal

Rongga nasal ialah sebua rongga di bagian hidung yang sering sekali mengakibatkan penyakit sinusitis. Tulang ini yang ada dibagian antara mata, memiliki peran penting juga dalam melindungi kesehatan rongga hidung. Sehingga penyakit yang ada dibagian rongga hidung seperti sinusitis dapat dicegah. Mencegah sinusitis, maka sudah pasti bisa juga mencegah vertigo, yakni jenis sakit kepala yang sangat seringmenyerang akibat gangguan keseimbangan keitka sedang mengalami sinusitis.

Melindungi Struktur Organ Mata

Mata merupakan organ yang paling penting yang terletak dibagian kepala. Apabila keberadaan organ mata terjaga dan terlindungi, maka kemungkinan organ mata tersebut dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti sakit kepala. Karena memang memiliki hubungan erat sakit kepala dengan mata. Untuk itu, tulang ini berperan sebagai melindungi mata dari gangguan struktur yang mengakibatkan sakit kepala .

Lihat Materi Lainnya :  20 Contoh Tanaman Berakar Serabut Terbaru dan Penjelasan Lengkap

Menjadi Tempat Pembentukan Sel Darah

Tulang ini berbentuk pipih mengakibatkan pembentukan sel darah menjadi lebih mudah di bagian pembuluh darah dan sekitarnya. Maka kita harus menjaga kesehatan tulang tapis dalam membantu meningkatkan suatu pembentukan sel darah.

Demikian penjelasan terkait pengertian, ciri, letak, bentuk, jumlah, fungsi tulang tapis yang dilengkapi dengan gambarnya. Semoga materi diatas bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua.

Lihat Materi Lainnya :

[Total: 0    Average: 0/5]