Teknik Renang Gaya Dada Yang Benar Beserta Gambar dan Manfaatnya

Posted on

Teknik Renang Gaya Dada Yang Benar Beserta Gambar dan Manfaatnya – Renang merupakan salah satu olahraga air yang bisa membuat anggota tubuh kita menjadi lebih sehat dan apabila pada masa pertumbuhan maka akan sangat membantu sekali pertumbuhan dalam tinggi badan. Karena ketika berenang bagian seluruh anggota tubuh kita akan terus bergerak agar tidak tenggelam didalam air. Renang juga sangat baik melatih pernafasan kita, banyak pakar mengatakan bahwa apabila dengan berenang maka bisa mencegah penyakit sesak nafas atau gangguan pernafasan lainnya.

Renang ini mempunyai berbagai macam-macam gaya renang. Namun, kali ini kita akan mengetahui teknik renang gaya dada yang sangat populer dipakai oleh kebanyakan orang. Istilah lain pada teknik gaya dada ini sering dikenal dengan sebutan breast stroke atau gaya katak.

Penyebutan gaya katak ini sangat populer sekali dan hal ini disebabkan pada gaya dada apabila dilihat dengan seksama memang hampir mirip dengan cara berenang katak gaes. Teknik gaya dada ini umumnya dilakukan dengan santai sehingga banyak sekali orang yang menggunakan teknik ini dalam berenang.

Dalam teknik tersebut, banyak orang yang memilih gerakan gaya dada sebagai gerakan favorit karena mempunyai sebuah gerakan santai sehingga tubuh tidak mudah terasa lelah saat berenang. Posisi bagian gaya dada adalah menelungkup di bawah air dengan posisi dada menempel dan masuk di dalam air, bernafas pada gaya dada ini mampu mengambilnya dengan baik.

Apabila kalian memilih menggunakan teknik gaya dada pada saat akan berenang, sangat penting sekali membuat posisi kepala dan anggota tubuh secara sempurna dan tepat. Efisiensi renang yang baik pada saat kita memposisikan kepala serta tubuh lainnya secara benar. Bukan hanya itu, posisi yang baik dan benar akan menghindarkan kita cedera leher dan keram.

Baca Juga :  Pengertian Sikap Kayang, Manfaat dan Cara Melakukannya

Sebelum kalian mencoba teknik gaya dada, kita harus mengetahui dasar-dasar tentang tekniknya terlebih dahulu. Maka dari itu, berikut ini adalah langkah-langkah teknik renang gaya dada yang benar beserta gambar dan manfaatnya dibawah ini sob!

Teknik Renang Gaya Dada

Teknik Renang Gaya Dada Yang Benar Beserta Gambarnya

1. Teknik Meluncur

Teknik Meluncur Renang Gaya Dada

Teknik satu ini adalah awalan ketika berenang, jika kita bisa melakukannya dengan baik maka pada saat perlombaan kita memiliki awalan yang lebih jauh dibanding peserta lainnya. Cara melakukan tenik meluncur ini yaitu, sebagai berikut :

  • Posisikan anggota tubuh yang tegak dan berdiri di pinggir kolam renang, kemudian satu kaki kita perlu menempel di bagian samping dinding kolam renang tersebut.
  • Selanjutnya posisi badan perlu membungkuk sejajar dengan permukaan air dan posisi bagian kedua tangan lurus kearah depan dan menghimpit kepala secara lurus dengan daun telinga kita.
  • Terakhir untuk mendapatkan luncuran yang jauh, maka kaki kita harus mendorongnya dengan kuat. Apabila sudah meluncur posisi kaki, tangan dan tubuh harus lurus sejajar dengan permukaan Air dan tetap menjaga keseimbangan tubuh.

2. Teknik Gerakan Kaki

Gerakan Kaki Renang Gaya Dada

Untuk melatih gerakan kaki dalam gaya dada ini sangat penting juga gaes! karena gerakan kaki yang benar akan bisa menambah kecepatan saat kita berenang. Tipsnya yaitu dengan olahraga lari. Karena berlri bisa membantu kita melatih ketahanan kaki ketika berenang. Berikut teknik gerakan kaki ketika berenang gaya dada dibawah ini :

Baca Juga :  Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Ukurannya (+ Net)
  • Pertama pada saat meluncur posisi tubuh perlu terlungkup sejajar dengan air.
  • Kemudian tarik kedua kaki kebagian samping bersamaan, selanjutnya kaki diluruskan kembali sama seperti posisi kaki katak ketika sedang berenang.
  • Lakukan lecutan pada saat kaki akan melakukan sebuah gerakan menutup.
  • Terakhir lakukan gerakan tersebut dengan santai secara benar dan lakukan secara berulang sampai berhasil.

3. Teknik Gerakan Lengan

Gerakan Lengan Renang Gaya Dada

Teknik gerakan lengan pada renang gaya dada juga tak kalah pentingnya, selain gerakan kaki yang mendorong saat berenang juga dihasilkan dengan ayunan kedua tangan kita. Ketika mengambil nafas juga dibutuhkan sebuah gerakan tangan yang benar agar air tidak masuk kedalam mulut saat bernafas, berikut teknik gerakan lengan pada renang gaya dada dibawah ini :

  • Jika sudah meluncur, kita perlu meluruskan kedua tangan dan kepala sejajar dengan permukaan air kolam.
  • Kemudian lakukan gerakan menarik pada kedua tangan ke posisi dada, pada saat itu kita juga perlu bersamaan mendayung air menggunakan kedua telapak tangan.

4. Teknik Gerakan Mengambil Nafas

Teknik Gerakan Mengambil Nafas Renang Gaya Dada

Pada teknik mengambil nafas dalam gaya dada perlu dengan latihan, karena apabila kita tidak bisa mengambil nafas dengan baik maka dapat mengakibatkan tenaga kita habis secara cepat dan akhirnya akan membuat gerakan kita menjadi lambat.

Perlu diperhatikan pada saat mengambil nafas adalah kepala harus naik keatas permukaan air dan menghirup udara, langkah awal dilakukan saat kedua tangan diayunkan kebelakang dan condong kebawah. Karena gerakan tersebut bisa membuat badan sedikit terangkat karena tekanan kedua tangan dan memudahkan untuk mengambil nafas, berikutnya buang nafas didalam air secara perlahan.

Manfaat Renang Gaya Dada

Olahraga renang memang salah satu olahraga yang sangat menyenangkan, sehingga banyak orang yang senang melakukan olahraga ini. Banyak sekali manfaatnya pada saat berenang, khususnya berenang dengan teknik gaya dada.

Baca Juga :  Macam-Macam Tendangan Bebas Dalam Sepak Bola dan Pengertiannya

1. Menguatkan Tulang dan Otot

Renang bisa membuat tulang dan otot seluruh anggota tubuh menjadi lebih rileks mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki, berenang bisa menguatkan kekuatan otot dan menambah stamina massa otot di usia muda bahkan tua.

2. Efektif Membakar Lemak

Olahraga yang baik dan benar bisa di manfaatkan untuk membakar kalori, pembakaran lemak bisa mencapai 60 kalori bahkan otot perut akan mulai terbentuk. Pembakaran lemak apabila dilakukan selama 20 menit dengan berenang, awalnya akan membakar karbohidrat cadangan dan kemudian dapat membakar lemak yang berada diseluruh tubuh. Maka secara otomatis jumlah kalori yang terbakar akan lebih banyak lagi.

3. Menjaga Kadar Kolesterol

Lakukanlah olahraga yang baik dan benar selama waktu 15 sampai 30 menit, maka kolesterol dalam tubuh kita biasanya dengan mudah akan hilang, karena hasil yang diperoleh mengandung lemak di dalam darah menjadi meningkat dan akan mengakibatkan kolesterol secara berlebihan.

4. Menghilangkan Stres

Selain bisa mencegah kolesterol saat berolahraga renang akan menghilangkan beberapa penyakit dan juga dapat menghilangkan stres.

5. Cegah Resiko Penyakit

Berenang secara rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh meningkat yang menjauhkan dari berbagai penyakit dan bisa melancarkan aliran darah pada jantung, sehingga akan mencegah penyakit seperti sruke atau kronis.

Demikian penjelasan Teknik Renang Gaya Dada Yang Benar Beserta Gambar dan Manfaatnya, semoga penjelasan diatas bisa berguna dan bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih telah berkunjung sob!

Baca Juga : Macam Macam Gaya Renang Beserta Gambarnya, Teknik dan Fungsinya