Teknik Renang Gaya Bebas Yang Benar Beserta Gambar dan Manfaatnya

Posted on

Teknik Renang Gaya Bebas Yang Benar Beserta Gambar dan Manfaatnya – Renang Gaya Bebas merupakan salah satu dari macam-macam gaya renang yang posisi bagian tubuh menghadap ke air dan kedua tangan secara bergantian melakukan sebuah gerakan mengayuh agar tubuh dapat bergerak maju kedepan. Dalam bahasa Inggris, renang gaya bebas ini disebut sebagai free swim style. Untuk melatih teknik renang gaya bebas kita perlu memiliki kekuatan fisik yang cukup, agar kuat dalam berenang jarak jauh.

Apabila breast stroke merupakan istilah dari teknik renang gaya dada, maka istilah untuk renang gaya bebas disebut sebagai crawl stroke. Gaya bebas ini pertama kali diperlombakan pada tahun 1844 dan atlet para perenang sangat menyukai renang gaya bebas ini karena memang menjadi salah satu teknik yang paling mudah dipelajari.

Renang gaya bebas adalah teknik yang diatur oleh FINA, teknik renang gaya bebas perlu dilakukan dengan benar, karena apabila tidak dikuasai bisa mengakibatkan kaki mengalami kram dan kesulitan pada saat melakukan pernafasan. Maka, jika kalian ingin melakukan dan mempelajari teknik dasar renang gaya bebas, berikut langkah-langkahnya yang bisa dilakukan dibawah ini sob!

Teknik Renang Gaya Bebas

Pengertian Gaya bebas

Gaya bebas, atau istilah dalam Bahasa Inggrisnya adalah free swim, merupakan salah satu teknik renang yang posisi dada menghadap ke permukaan air. Dalam renang gaya bebas bagian kedua lengan secara bergantian harus digerakkan kedepan seperti halnya gerakan mengayuh, semenatara pada kedua kaki kita digerakkan seperti gerakan mencambuk dalam air dengan sebuah gerakan dari atas ke bawah secara bergantian dan lakukan secara terus menerus.

Untuk mengambil nafas pada renang gaya bebas ini perlu dilakukan saat lengan digerakkan keluar di permukaan air, atau ketika posisi tubuh miring dan kepala berputar ke arah samping kanan maupun kiri. Salah satu teknik gaya renang yang diperlombakan dalam Olimpiade atau kompetisi renang lainnya adalah teknik renang gaya bebas. Gaya crawl stroke istilah dari renang gaya bebas adalah salah satu gaya renang yang paling cepat dibandingkan dengan gaya renang lainnya seperti gaya dada, gaya punggung maupun gaya kupu-kupu.

Baca Juga :  Teknik Dasar Tenis Meja Beserta Gambar dan Peraturannya

Teknik Renang Gaya Bebas Yang Benar Beserta Gambar

1. Posisi Tubuh

Berenang menggunakan teknik gaya bebas tidak semudah yang dibayangkan, posisi bagian tubuh harus tepat dan apabila kita melakukannya maka badan harus streamline. Maksud dari streamline yaitu mulai dari kaki sampai kepala sejajar lurus. Langkah ini merupakan awal pada saat kita masuk ke dalam air dan harus memposisikan diri dengan benar.

2. Teknik Meluncur

Teknik Meluncur Renang Gaya Bebas

Sama seperti teknik renang lainnya, pada renang gaya bebas ini juga mempunyai teknik meluncur. Berlatih cara meluncur sangat penting sekali agar bisa menghindari kesalahan yang dapat mengakibatkan pada cedera pada anggota tubuh. Oleh karena itu, berikut langkah-langkahnya dalam meluncur yang benar :

  • Pertama, kita harus mengambil posisi tubuh dengan berdiri di tepi kolam renang di mana pada satu kaki harus menempel dibagian dinding kolam.
  • Lalu bungkukkan posisi tubuh ke depan dan perlu diperhatikan bahwa posisinya harus sejajar dengan permukaan air dan kedua tangan diluruskan.
  • Kemudian tolakkan atau dorong kaki yang sebelumnya menempel dibagian dinding kolam sekuat tenaga dan tetap jaga keseimbangan tubuh agar tetap lurus.
  • Pastikan posisi kedua tangan dan kaki tetap lurus sejajar di permukaan air sampai berhenti.
  • Pada saat kondisi meluncur, jangan lupa untuk mengambil napas terlebih dahulu dan diusahakan melakukannya dengan baik.
  • Lakukan secara berulang kali dan terus menerus hingga akhirnya kecepatannya menjadi stabil dan sudah berenang jauh ke depan.

3. Teknik Lengan

Teknik Lengan Renang Gaya Bebas

Untuk gerakan lengan juga ada sebuah tekniknya, agar teknik renang gaya bebas bisa dilakukan dengan benar dan sempurna, terdapat 2 jenis latihan yang wajib kita lakukan, yaitu latihan di tempat dan latihan sambil meluncur. Berikut kedua cara latihan yang dimaksud, antara lain :

Baca Juga :  Macam Macam Gaya Renang Beserta Gambarnya, Teknik dan Fungsinya

a. Latihan di Tempat

  • Pada saat melakukan latihan gerakan lengan di tempat, yang pertama awali dengan posisi berdiri dan dibarengi dengan membungkukkan bagian tubuh, kemudian meluruskan kedua tangan.
  • Kemudian tariklah ke bawah lengan kanan kita seperti halnya menekan air sampai akhirnya berada di bawah tubuh.
  • Ketika tangan tersebut sudah sampai di bawah tubuh, lakukan dengan cepat bengkokkan atau tekuk siku dan angkat kedua tangan.
  • Lakukanlah secara bergantian pada lengan kanan maupun kiri.
  • Diperlukan latihan gerakan secara berulang-ulang untuk dapat menyempurnakannya tanpa ada kesalahan sehingga latihan di tempat dianggap selesai.

b. Latihan Sambil Meluncur

  • Ketika melakukan latihan lengan sambil meluncur, pastikan dengan melemparkan terlebih dulu kedua tangan kebagian depan secara bergantian, lalu mulailah dengan melakukan sebuah gerakan mendayung.
  • Pada saat mendayung menggunakan kedua tangan secara bergantian, miringkanlah bagian tubuh sedikit.
  • Berikutnya masukkan tangan ke dalam permukaan air satu detik agar laju tubuh ketika melakukan latihan ini dapat seimbang lurus ke depan.

4. Teknik Kaki

Teknik Kaki Renang Gaya Bebas

Teknik gerakan kaki ini juga menjadi hal yang harus dipelajari dengan benar. Agar menjadi mahir saat menggerakan kaki. Berikut langkah-langkahnya dibawah ini :

  • Lakukanlah gerakan kedua kaki secara bersamaan pada saat waktu latihan meluncur.
  • Atau cara lainnya, lakukan dengan mengambil posisi berdiri menghadap ke arah dinding kolam dan posisi kedua tangan berpegangan pada dinding kolam.
  • Kemudian luruskan kedua kaki ke belakang dengan posisi bagian tubuh menelungkup.
  • Gerakkanlah kaki ke atas dan bawah secara bergantian dan perlu di pastikan bahwa kedua kaki harus berada dalam kondisi yang rileks atau sudah melakukan pemanasan sebelumnya. Karena apabila kaki tegang atau kaku, hasil gerakannya pasti tidak baik.
  • Ketika melakukan gerakan kaki tersebut, pastikan memulainya dari bagian pangkal paha.
Baca Juga :  Teknik Menghentikan Bola Dalam Sepak Bola, Menahan & Mengontrolnya

5. Teknik Pernapasan

Teknik Pernapasan Renang Gaya Bebas

Berikut langkah-langkah dalam mengambil pernapasan gaya bebas yang perlu diketahui, antara lain :

  • Pertama miringkan bagian kepala hingga mulut berada di atas permukaan air, nah kesempatan inilah untuk mengambil napas.
  • Kemudian posisi wajah harus kembali menghadap masuk ke dalam permukaan air dan buanglah napas yang telah kita ambil sebelumnya.
  • Ketika melakukan pernapasan, para perenang gaya bebas hanya diperbolehkan memiringkan bagian kepala satu arah. Apabila memiringkan ke kiri, terus ke kiri saja dan jika ke kanan, kanan saja.
  • Pastikan gerakan ketika melakukan pernapasan kita lakukan di saat yang sama yaitu ketika tangan bergerak mendayung.

Manfaat Renang Gaya Bebas

Manfaat Renang Gaya Bebas

1. Melatih Otot

Gaya bebas ini sangat efektif membuat seluruh otot kita bergerak dan terlatih, seperti otot bahu, kaki, perut dan lengan.

Sehingga, kebanyakan orang yang sering menggunakan gaya bebas biasanya jarang mengalami gangguan kram otot.

2. Pernapasan Lebih Panjang

Apabila elakukan gaya renang satu ini, kita akan sudah terbiasa dan terlatih mengambil atau menahan napas pada waktu yang tepat.

Melakukan pernapasan yang tepat ketika berenang ini agar kita tidak kehabisan napas maupun tersedak oleh air.

3. Menambah Tinggi Badan

Berenang memang banyak sekali manfaatnya salah satunya bisa membantu pertumbuhan tinggi badan.

Gaya bebas ini menggerakkan pada seluruh bagian otot, akan membuat tubuh tertarik ke depan dan juga ke belakang, sangat membantu pada peninggian badan. Apabila rutin dilakukan, pernapasan kita juga akan lebih panjang.

Demikian penjelasan mengenai Teknik Renang Gaya Bebas Yang Benar Beserta Gambar dan Manfaatnya, semoga penjelasan diatas bisa berguna dan bermanfaat bagi para pembaca yang ingin mempelajari teknik renang gaya bebas.

Baca Juga : Teknik Renang Gaya Dada Yang Benar Beserta Gambar dan Manfaatnya