Teknik Menghentikan Bola Dalam Sepak Bola, Menahan & Mengontrolnya

Posted on

Teknik Menghentikan Bola Dalam Sepak Bola, Menahan & Mengontrolnya – Olahraga atau permainan sepak bola merupakan jenis permainan yang paling digemari oleh semua orang. Apalagi permainan sepak bola dalam ajang internasional yang selalu menjadi tontonan yang paling meriah diseluruh dunia.

Sepak bola merupakan jenis permainan bola kaki sesuai dari namanya saja permainan ini hanya dapat dimainkan demham kaki kecuali halnya seorang kiper. Dalam bermain sepak bola terdiri dari dua anggota tim dengan jumlah pemain masing-masing terdapat 11 orang. Permainan ini ada beberapa teknik dalam memainkannya, salah satunya adalah cara mengehentikan, mengontrol dan menahan bola dengan benar.

Pada permainan sepak bola sebuah teknik menghentikan bola penting sekali, pada saat teman mengoper bola maka bola yang telah dioper harus bisa dihentikan dan dikontrol dengan benar agar dapat dikuasai dan tidak direbut oleh tim lawan.

Teknik menghentikan bola dalam sepak bola bisa dikatakan juga sebagai teknik mengontrol bola atau menahan bola. Ketika mengontrol bola yang datang seorang pemain harus dengan posisi siap dan matang, untuk memahaminya lebih lanjut silahkan simak penjelasan lengkapnya dibawah ini sob!

Teknik Menghentikan Bola

Teknik Menghentikan Bola Dalam Sepak Bola, Menahan dan Mengontrolnya

1. Dengan Telapak Kaki

Teknik menghentikan bola dengan telapak kaki

Menghentikan bola menggunakan telapak kaki yang dilakukan dengan cara teknik memposisikan bagian tubuh di wilayah yang tepat dan hadapkan pandangan ke arah datangnya bola, lalu buka kaki bagian dalam sampai menghadap keluar. Kemudian kontrol bola secara perlahan pada saat bola menyentuh kaki dan hentikan bola tersebut.

Baca Juga :  Handsball - Pengertian dan Macam-Macam Dalam Permainan Sepak Bola

2. Dengan Punggung Kaki

Teknik menghentikan bola dengan punggung

Menghentikan bola menggunakan punggung kaki dilakukan dengan memposisikan diri terlebih dahulu sebelum datangnya bola. Selanjunya kaki bagian luar disiapkan dan posisi tubuh sedikit di condongkan kedepan, kemudian ketika bola menyentuh kaki hentikanlah dan kontrol bola tersebut.

3. Dengan Paha

Teknik menghentikan bola dengan paha

Menghentikan bola menggunakan paha dilakukan dengan sebuah cara mengamati bola yang datang dari atas udara, posisikan bagian tubuh dan tempatkan tubuh tersebut tepat dibawah datangnya bola, kemudian angkat kaki salah satu untuk menahan bola dan tekuk pada bagian lututnya lalu apabila bola menyentuh paha dengan baik lakukan sebuah tarikan agar hantaman bola dapat dikontrol, perlu diperhatikan bahwa posisi tubuh harus seimbang.

4. Dengan Perut

Menghentikan bola menggunakan bagian perut yang dilakukan dengan sebuah cara membuat ancang-ancang terlebih dahulu atau memposisikan bagian tubuh sedikit dicondongkan kebelakang, lalu kedua tangan bergerak tepat dibagian samping perut untuk menahan hantaman bola, perut yang akan menahan harus sedikit dikeraskan sebelum menerima datangnya bola dari arah atas udara, tahan perut sampai bola yang ditahan terjatuh ke tanah dan kuasai bola tersebut.

5. Dengan Dada

Teknik menghentikan bola dengan dada

Mengehentikan bola menggunakan bagian dada sangat sering dilakukan oleh para pemain sepak bola, cara yang dilakukan adalah dengan membuat posisi bagian tubuh di condongkan kebelakang, dada dibuka lebar dan maju sedikit untuk menjemput datangnya bola dari atas. Kemudian tahan bola dengan dada dan jatuhkan di bagian paha, kaki atau langsung ke tanah.

6. Dengan Kaki Bagian Dalam

Teknik menghentikan bola dengan kaki bagian dalam

Teknik satu ini dilakukan dengan memposisikan bagian tubuh ke arah datangnya bola dan fokuskan pandangan pada bola. Kemudian putar pergelangan kaki ke arah luar dan tahan bola tersebut. Pada saat bola sudah menyentuh kaki bagian belakang, tarik kaki sedikit ke belakang dan tetap mempertahankan bola supaya bola berada tepat di depan tubuh. Bawa berat tubuh ke arah bagian depan bersama dengan kaki yang tidak dipakai dalam menahan bola sebagai tumpuan berat tubuh.

Baca Juga :  Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Nasional Internasional FIFA Lengkap

7. Dengan Kaki Bagian Luar

Teknik menghentikan bola dengan kaki bagian luar

Teknik yang terakhir untuk menghentikan bola adalah dengan kaki bagian luar. Cara yang dilakukan juga hampir sama dengan teknik sebelumnya.

Dengan memposisikan tubuh ke arah datangnya bola dan fokuskan pandangan pada bola. Lalu letakkan kaki tepat di samping bola yang akan datang menggunakan kedua tangan di bagian samping tubuh. Kemudian putar pergelangan kaki ke bagian dalam dalam menghentikan bola dan tahan bola tersebut.

Tarik kaki sedikit ke belakang, apabila bola sudah menyentuh kaki agar posisi bola berada di bagian tengah kaki. Bawa berat tubuh ke bagian depan bersama dengan kaki yang tidak dipakai dalam menahan bola sebagai tumpuan berat badan.

Demikian penjelasan secara lengkap Teknik Menghentikan Bola Dalam Sepak Bola, Menahan & Mengontrolnya. Semoga penjelasan diatas bisa berguna dan bermanfaat bagi para pembaca, terima kasih telah berkunjung sob!

Baca Juga :