Sumber Daya Ekonomi

Posted on

Sumber Daya Ekonomi – Penjelasan materi tentang Pengertian, Jenis, Contoh, Peran dan Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi. Untuk memahaminya dengan jelas, silahkan kalian simak penjelasannya dibawah ini gaes!

Sumber Daya Ekonomi
Sumber Daya Ekonomi

PENGERTIAN SUMBER DAYA EKONOMI

Manusia adalah makhluk ekonomi yang tidak akan pernah merasa puas. Akibat pada sifat yang tidak pernah puas merasakan dalam segi hal apapun ini manusia akan terus-menerus berusaha dalam memenuhi kebutuhannya. Ternyata pada sebuah prihal ekonomi terdapat sebuah istilah sumber daya ekonomi. Untuk menjelaskan pengertiannya sumber daya ekonomi ini dapat dibagi menjadi sumber daya dan ekonomi.

Sumber daya menunjukan dalam potensi yang dimiliki, potensi ini bisa diolah maupun dimanfaatkan. Potensi yang dimaksud adalah suatu hal yang bisa dipakai dalam keperluan ekonomi. Kesimpulannya yaitu Sumber Daya Ekonomi bisa diartikan sebagai semua alat yang bisa dipakai oleh manusia, tujuan pemakaian alat ini adalah untuk memenuhi semua kebutuhan hidupnya (manusia). Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa manusia ialah makhluk ekonomi yang tidak akan pernah merasakan puas atau kepuasan dalam dirinya. Hal ini bisa membuat manusia harus berusaha dalam memenuhi kebutuhannya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut mala dibutuhkan berbagai alat. Maka segala jenis alat yang dipakai pada ekonomi dalam memenuhi kebutuhan hidup ini disebut sebagai sumber daya ekonomi.

KLASIFIKASI MACAM – MACAM SUMBER DAYA EKONOMI

Sumber daya ekonomi bisa diklasifikasikan menjadi beberapa macam. Berikut Macam-macam klasifikasi sumber daya ekonomi dibawah ini

1. Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam atau disingkat (SDA) ini bisa dijelaskan sebagai segala sesuatu yang berada di alam sekitar dan bisa bermanfaat untuk menjadi barang maupun jasa yang dipakai dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia. Sebuah anugrah yang melimpah diberikan oleh Tuhan kepada manusia ialah alam. Di alam ada banyak hal yang dapat dikelola dalam memenuhi kebutuhan yang diinginkan. Namun pada pengelolaan alam tersebut, perlu dilakukan dengan bijaksana. Artinya yang dimaksud dengan bijaksana ialah mengelola alam secara secukupnya dengan tidak merusak kondisi alam tersebut.

Dalam eksploitasi yang dilakukan secara berlebihan ini dan tidak ada rasa bertanggung jawabnya akan menyebabkan kerusakan pada lingkungan. Hal ini juga dapat menyebabkan datangnya bencana alam. Maka untuk menghindari hal tersebut, maka kita perlu menjaga kelestarian alam. Manfaatkan potensinya secukupnya saja dan jangan merusak lingkungannya.

Lihat Materi Lainnya :  Pengertian HAM

Kemudian untuk menghindari bencana itu, menjaga kelestarian alam kita dapat mendatangkan keuntungan yang tinggi. Alam yang asli dan juga terawat bisa dijadikan sebagai lahan pemenuhan kebutuhan hidup kita sendiri. Keindahan lingkungannya juga bisa manarik perhatian dan mungkin dapat dijadikan tempat para wisatawan berekreasi sampai meningkatkan nilai ekonomi.

Mungkin bisa dikatakan bahwa kebutuhan kita ini dipenuhi dari alam. Contonya seperti makanan, tempat tinggal, dan lain sebagainya, meskipun ada beberapa benda yang melalui proses pruduksi manusia.

Sumber daya alam ini terbagi menjadi dua jenis, sebagai berikut :

a. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupakan suatu sumber daya alam bersiklus yang masih dapat bertambah dengan ada dan tidak ada campur tangan oleh manusia. Sebagai contoh tumbuhan, tanaman, pepohonan dan lain sebagainya.

b. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui merupakan suatu sumber daya alam yang mempunyai jumlah yang terbatas (minim) dan membutuhkan sebuah proses yang sangat lama untuk sumber daya alam tersebut dapat muncul kembali. Sebagai contoh seperti emas, batu bara dan lain sebagainya.

2. Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia atau disingkat (SDM) adalah suatu sumber daya ekonomi yang sangat penting. Hal ini dikarenakan perekonomian pada suatu negara dipengaruhi oleh sumber daya manusia yang berada pada negara tersebut. Begitu juga dengan maju maupun mundurnya suatu negara. Baik atau buruknya kualitas sumber daya menusia yang terdapat pada suatu negara bisa mempengaruhi kondisi negara tersebut. Kemakmuran dalam suatu negara akan terjamin apabila kualitas sumber daya manusianya tinggi dan berkualitas.

Sampai saat ini banyak sekali negara-negara di dunia yang kekurangan sumber daya manusia dalam mengelola suatu sumber daya alam. Tetapi ada juga yang masih banyak negara mempunyai sumber daya alam lebih sedikit namun sumber daya manusianya yang berkualitas tinggi. Tidak jarang ditemukan bahwa negara kecil dalam pengelolaan sumber daya alamnya yang sangat baik. Namun masih banyak negara besar yang belum mampu mengelola sumber daya alam yang ada.

Manusia selain berperan sebagai konsumen, juga harus berperan sebagai distributor maupun produsen, hal ini dilakukan dalam membantu suatu kemajuan ekonomi. Dalam mencapai kualitas sumber daya manusia yang tinggi bisa dilalui dengan pendidikan. Hal yang harus ditekankan berkaitan pada kulitas sumber daya manusia ialah ilmu pengetahuan dan teknologi. Bertujuan untuk dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut dalam meningkat suatu daya saing. Ada beberapa unsur yang perlu dipenuhi agar membantu terbentuknya kualitas sumber daya manusia. Berikut unsurnya :

  • Akhlak
  • Keahlian
  • Kekuatan fisik
Lihat Materi Lainnya :  Penelitian Kuantitatif - Pengertian, Contoh, Jenis dan Metode

3. Sumber Daya Modal

Modal berhubungan pada hal-hal yang dipakai dalam mengahasilkan barang maupun jasa. Sumber daya modal tidak hanya berbentuk uang namun bisa berbentuk lain. Beberapa alat yang dapat di terbilang sebagai modal ialah :

  • Uang
  • Tanah
  • Informasi
  • Teknologi
  • Peralatan, dan
  • Lain-lain

Modal bisa dikategorikan menjadi beberapa jenis, sebagai berikut :

a. Jenis Modal Menurut Pemiliknya

Menurut pemilikinya modal dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni:

  • Modal Perseorangan
  • Modal Masyarakat

b. Jenis Modal Menurut Wujudnya

Menurut wujudnya modal dapat dibagi menjadi 2 jenis, yakni:

  • Modal Konkret atau bisa dikatakan (Modal Nyata), adalah suatu modal yang bisa dilihat, diukur, maupun ditimbang. Seperti uang.
  • Modal Abstrak, adalah suatu modal yang tidak bisa terlihat namun hasilnya bisa dirasakan, seperti keterampilan atau kemampuan.

c. Jenis Modal Menurut Sifatnya

Menurut sifatnya modal dapat dibagi menjadi 2 jenis, yakni :

  • Modal Tetap, adalah suatu modal yang bisa dipakai berkali-kali pada masa produksi, seperti mesin atau kantor.
  • Modal Lancar, adalah suatu modal yang akan habis digunakan pada satu kali produksi, seperti uang kertas.

d. Jenis Modal Menurut Bentuknya

Menurut bentuknya modal dapat dibagi menjadi 2 jenis, yakni :

  • Uang
  • Barang

e. Jenis Modal Menurut Sumbernya

Menurut sumbernya modal dapat dibagi menjadi 2 jenis, yakni :

  • Modal Sendiri
  • Modal Pinjaman

PERAN SUMBER DAYA EKONOMI DALAM PEMBANGUNAN

Sebenarnya bisa dikatakan bahwa dalam setiap sumber daya ekonomi mempunyai suatu peranan dan  juga fungsi masing-masing. Pada hal pembangunan, peran sumber daya ekonomi yang utama adalah sumber daya manusia dan sumber daya alam. Pembangunan bisa dilakukan dalam memperbaiki suatu kondisi ekonomi. Tujuan yang utama adalah membantu agar memajukan ekonomi pada sebuahnegara.

Pembangunan ini dilakukan dalam banyak sektor misalnya pada pertanian, perikanan maupun kelautan. Hal yang sering ditekankan pada hal pembagunan yaitu untuk peningkatan kulitas sumber daya manusia. Karena jika adanya kulitas sumber daya manusia yang berikualitas tinggi, maka akan dapat mempercepat laju pembangunan maupun waktu yang diperlukan dalam memperbaiki kondisi ekonomi yang lebih singkat. Pembangunan ini bisa diawali di daerah sebagai memanfaatkan otonomi daerah sampai akhirnya untuk menolong perekonomian daerah bisa membantu memperbaiki sesuatu ekonomi negara.

Bisa bahwa sumber daya manusia ialah sumber daya ekonomi yang paling utama. Peranan pada sumber daya manusia ialah :

  • Tenaga kerja
  • Tenaga ahli
  • Pimpinan perusahaan.
  • Produsen
  • Usahawan
  • Sebagai Pencipta maupun pengembang dalam ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Sebagai sumber daya yang mempunyai peran dalam mengorganisasikan pemakaian berbagai faktor produksi.

Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi

Pemanfaatan sumber daya ekonomi ini perlu memperhatikan adanya suatu budaya masyarakat setempat agar tidak terjadinya suatu pertentangan dan perselisihan yang dapat merugikan masyarakat pemilik maupun pengguna faktor produksi.

Lihat Materi Lainnya :  Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

1. Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi 

Dalam pemanfaatan sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui perlu dilakukan dengan bijaksana, jangan sampai berlebihan dan terbuang dengan sia-sia. Begitu juga terhadap pemanfaatan sumber daya alam yang bisa diperbarui, kita perlu meningkatkan jumlah dan juga kualitasnya. Pemanfaatan sumber daya alam ini juga harus dikelola dengan menyesuaikan budaya disekitarnya, kemudian menjaga kelangsungan ekosistem flora dan fauna, dan menjaga kelestarian lingkungan, serta meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat disekitarnya.

  1. Tenaga kerja yang dipakai dalam proses produksi setidaknya dilakukan dengan secara manusiawi, meihat budaya dan adat istiadat yang sudah tertanam dan dipelihara oleh masyarakat sekitar. Maksudnya, ketika tenaga kerja dimanfaatkan untuk suatu proses produksi, perlu disadari bahwa kemampuan mereka juga ada batasnya, baik tenaga atau kemampuannya.
  2. Penggunaan modal uang dan peralatan untuk menghasilkan suatu barang maupun jasa tidak bertentangan dalam hal seperti agama, adat istiadat, serta budaya yang sudah ada. Penggunaan modal ini juga harus dengan perhitungan agar modal selalu berputar dan tidak habis.
  3. Pemanfaatan pada jiwa kewirausahaan harus terus dilakukan guna menggali informasi dalam hal-hal yang baru dan untuk menambah penguasaan ilmu pengetahuan, baik dalam hal membaca, menonton televisi, dan juga perlu mengikuti pelatihan-pelatihan.

2. Pemanfaatan Faktor Produksi

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan pada pemanfaatan faktor produksi yang sesuai dalam etika ekonomi.

a. Tidak Melakukan Eksploitasi

Eksploitasi merupakan pengambilan sumber daya alam untuk digunakan atau dimanfaatkan dalam berbagai keperluan seorang manusia.

Pemanfaatan faktor produksi alam tidak bisa dilakukan di luar kemampuan dalam faktor produksi alam (faktor produksi alam dieksploitasi). Eksploitasi dapat mengakibatkan hancurnya faktor produksi alam dan bisa merugikan masyarakat umum.

b. Saling menguntungkan

Faktor produksi yang dipakai untuk sebuah proses produksi dalam menghasilkan suatu barang maupun jasa yang saling menguntungkan, maksudnya yaitu tidak merugikan penyedia tau pengguna faktor produksi.

Sebagai contoh, kayu yang dipakai sebagai bahan baku proses pembuatan mebel, lemari dan juga perabot lainnya, tidak semestinya diambil dari hutan jati yang telah dilindungi, apalagi mengambilnya dengan cara diselundupkan.

Demikian penjelasan materi tentang Pengertian, Jenis, Contoh, Peran dan Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi. Semoga materi diatas bisa bermanfaat untuk kita semua.

Baca Juga :

[Total: 0    Average: 0/5]