Struktur Akar Monokotil dan Dikotil

Posted on

Struktur Akar Monokotil dan Dikotil – Tumbuhan berbunga atau Angiospermae secara umum dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil. Untuk memahaminya lebih lanjut terkait dengan struktur, penjelasan dan perbedaan akar monokotil dan dikotil, silahkan kalian simak penjelasan lengkapnya dibawah ini gaes!

Struktur Akar Monokotil dan Dikotil 

Struktur Akar Monokotil dan Dikotil

Tumbuhan berbunga atau Angiospermae secara umum dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil. Salah satu hal yang membedakan antara tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil adalah bisa dilihat dari struktur akarnya.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas lebih jauh tentang definisi, struktur, penjelasan, dan perbedaan antara akar monokotil dan dikotil.

Sedangkan tumbuhan dikotil adalah tanaman yang menghasilkan biji dengan 2 kotiledon sehingga setelah berkecambah, dua daun tunggal tumbuh.

Struktur Akar Dikotil

Akar tumbuhan dikotil terdiri dari jaringan yang berbeda dengan fungsi spesifik. Jenis-jenis jaringan pada akar dikotil, lokasi dan fungsinya adalah sebagai berikut:

1. Epidermis atau eksodermis dari akar tanaman dikotil, Lokasi epidermis akar di bagian luar akar. Fungsi dikotil akar epidermis atau exodermis adalah masuknya garam air dan mineral.

2. Kulit kayu dikotil, lokasi korteks akar-akar akar ini di epidermis. Kulit akar dua biji adalah penyimpanan untuk cadangan makanan.

3. akar tumbuhan endodermis dicotyledonous, Endodermis terletak di korteks serebral bagian dalam dan di luar perisikel. Fungsi endodermik akar tanaman dikotil adalah mengatur masuknya air tanah ke dalam pembuluh. Hemat nutrisi.

4 Tumbuhan akar periskel, Posisi akar periskel berada di sebelah lapisan endodermis. Fungsi akar pericles tumbuhan dikotil adalah pembentukan cabang-cabang akar dan gabus kambium.

Lihat Materi Lainnya :  Jaringan Ikat

5. Xilem akar tumbuhan dikotil, Posisi periskel berada di tengah-tengah akar. Fungsi xilem akar tumbuhan dikotil adalah pengangkutan garam air dan mineral dari tanah ke daun.

6. Floem Akar tumbuhan dari tumbuhan dikotil, lokasi periskel akar ini di antara jari-jari yang dibentuk oleh xilem. Fungsi akar periskel dari tumbuhan dikotil adalah pengangkutan makanan dari daun ke semua bagian tumbuhan .

7. Empulur akar tumbuhan dikotil, Lokasi periskel akar ini ada di tengah. Di antara bangunan berbentuk bintang di Xylem. Fungsi akar perikel tumbuhan dikotil adalah bisa menghemat cadangan makanan.

Struktur akar tumbuhan dikotil adalah sebagai berikut:

Struktur akar dikotil

Lihat Gambar diatas. Xilem dan floem pada Struktur akar tumbuhan dikotil, dikotil disusun secara radial atau membentuk jari-jari. Xilem berbentuk bintang di tengah dan floem di sekeliling xilem. Antara Xylem dan Phloem adalah kambium. Aktivitas bentuk kambium di luar elemen kulit dan di dalam membentuk sebuah unsur.

Ciri atau karakteristik tumbuhan dikotil:

1. Bentuk akar rides (tunggang).

2. Memiliki biji berkeping dua.

3. Bentuk pada tulang daun menjari (jari-jari).

4. Memiliki kambium untuk tumbuh menjadi besar.

5. Batangnya bercabang

6. Posisi pembuluh akar teratur. Xilem dan floem yang mudah dibedakan.

Contoh tumbuhan dikotil :

  1. Rambutan
  2. Durian
  3. Albasia
  4. ansana
  5. Mahoni
  6. Mangga
  7. Air jambu biji
  8. Jambu biji
  9. Tomat
  10. Terong
  11. Pete
  12. Kacang
  13. Bunga Matahari

Struktur Akar Monokotil

Struktur dalam jaringan penyusun akar tumbuhan Monokotil, antara lain :

a) Epidermis, korteks, dan perisikel yang mempunyai struktur, lokasi, serta fungsi seperti halnya akar pada tumbuhan dikotil.

b) Fungsi xilem dan floem juga sama dengan tumbuhan Dikotil, namun letak keduanya saling berdekatan karena tidak mempunyai suatu kambium.

c) Empulur, berada di bagian tengah dan dikelilingi xilem dan floem yang saling berselang-seling.

Lihat Materi Lainnya :  Komponen Kimiawi Sel Beserta Fungsi dan Penjelasannya

Perhatikan pada gambar dibawah ini agar kita lebih mengenal struktur pada jaringan penyusun akar tumbuhan Monokotil.

Struktur Akar Monokotil

Ciri-ciri atau karakteristik tumbuhan monokotil:

1. Akarnya berbentuk serabut.

2. Bijinya berkeping satu.

3. Memiliki bentuk tulang daun dengan sejajar maupun melengkung.

4. Tidak memiliki kambium sehingga tidak bisa tumbuh menjadi besar

5. Tidak bercabang pada batangnya

6. Letak berkas pembuluh pada tumbuhan monokotil tidak teratur.

Contoh tumbuhan monokotil :

  1. padi
  2. jagung
  3. sagu
  4. kelapa
  5. pisang ambon
  6. pisang raja
  7. jahe
  8. vanili
  9. kunyit
  10. anggrek

Untuk lebih memahami penjelasan diatas, kami telah merangkum perbedaan pada struktur akar tumbuhan monokotil dan dikotil kedalam bentuk tabel, sebagai berikut :

Tabel Perbedaan Struktur Akar Monokotil dan Dikotil

Jenis perbedaan Monokotil Dikotil
Sistem perakaran Serabut Tunggang
Kaliptra Berbatasan pada ujung akar dan bisa dilihat dengan jelas Berbatasan pada ujung akar dan tidak bisa terlihat jelas
Perisikel Terdiri berdasarkan beberapa lapis sel yang mempunyai dinding tebal, namun hanya membentuk cabang akar Terdiri berdasarkan satu lapis sel yang mempunyai dinding tebal, Membentuk cabang-cabang akar sekunder yakni dalam bentuk kambium dan kambium gabus
Xylem dan floem Letak pada monokotil berselang-seling Bersifat kolateral dalam akar sekunder yang dimana xylem terletak dibagian dalam dan floem terletak dibagian luar (xylem dikelilingi dengan floem)
Empulur Terletak dibagian pusat akar, empulurnya luas Tidak mempunyai atau mempunyai empulur yang sempit dalam pusat akar
Kambium Tidak ada Ada, hampir sama dengan meristem sekunder

Demikian penjelasan terkait dengan struktur, penjelasan dan perbedaan akar monokotil dan dikotil. Semoga materi diatas bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua.

Lihat Materi Lainnya :