Pengertian Sikap Kayang, Manfaat dan Cara Melakukannya

Posted on

Pengertian Sikap Kayang, Manfaat dan Cara Melakukannya – Sikap kayang merupakan salah satu gerakan senam lantai yang pada bagian kedua tangan dan kakinya bertumpu dibawah matras dengan posisi terbalik, selanjutnya akan meregang pada bagian panggul dan perut diangkat ke atas.

Pada latihan kayang ini sangat bermanfaat sekali bagi tubuh kita seperti halnya melatih kekuatan otot perut, kaki, tangan, bahu dan pinggang. Biasanya orang yang dapat melakukan sebuah gerakan ini adalah mereka yang memiliki bagian tubuh prima dan kelenturan tubuh yang baik. Gerakan kayang hamir mirip dengan latihan sikap lilin yakni berfungsi sebagai melatih kelenturan tubuh, tetapi yang membedakannya adalah letak tumpuan dan arah kakinya.

Nah, jika Anda ingin mengetahui lebih jelas dan ingin mencoba gerakan sikap kayang yang baik dan benar agar tidak terjadi resiko ketika mencobanya. Anda bisa melihat penjelasan lengkapnya terkait dengan pengertian, manfaat dan cara melakukan kayang dibawah ini gaes!

Sikap Kayang

Pengertian Sikap Kayang

“Sikap kayang merupakan salah satu gerakan senam lantai yang pada bagian kedua tangan dan kakinya bertumpu dibawah matras dengan posisi terbalik, selanjutnya akan meregang pada bagian panggul dan perut diangkat ke atas”.

Sikap kayang yang baik dan sempurna dapat dicoba jika Anda memiliki kelenturan tubuh yang baik terutama pada kelenturan tulang belakang dan tulang kaki.

Melakukan Kayang bukanlah hal sulit untuk dilakukan tetapi bukan hal yang sangat mudah juga karena langkah awal ketika akan melakukannya dibutuhkan kesiapan tubuh dan keberanian.

Baca Juga :  Teknik Cara Menyundul Bola (Heading) Dalam Permainan Sepak Bola

Untuk para pemula akan merasa takut melakukan kayang, mungkin karena imajinasi akan rasa sakit pada saat jatuh seperti kepala akan jatuh terbentur.

Padahal jika dalam latihan sikap kayang ini dilakukan dengan sebuah tahap-tahapan yang benar, kecelakaan atau besar resiko kepala terbentur lantai tidak akan pernah terjadi dan bahkan bagi pemula juga dapat melakukan posisi kayang hanya dalam 1 kali sesi latihan bersama sang pelatih atau bisa juga dengan rekan lainnya.

Manfaat Sikap Kayang

Semua jenis olahraga salah satunya adalah olahraga sederhana seperti kayang ini pastinya memiliki manfaatnya tersendiri, seperti yang sudah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya.

Selain melatih kekuatan otot, manfaat lain melakukan sikap kayang ini banyak sekali gaes! mungkin kalian ingin tau manfaatnya? lihat penjelasannya dibawah ini :

  • Membuat kelenturan tubuh pada bagian perut, tangan, kaki, bahu, dan ruas-ruas tulang belakang seperti pinggang.
  • Memberikan kekuatan pada bagian lengan dan bahu.
  • Dapat meminimalisir masalah pada pernafasan.
  • Memberikan kekuatan otot seperti pada bagian paha, perut dan punggung.
  • Dapat membentuk tubuh yang ideal.
  • Bisa menjadikan sebagai terapi terhadap gangguang-gangguan yang sering dialami di sekitar pinggang, seperti nyeri pinggang atau pegal linu.
  • Pastinya dapat membakar kalori pada tubuh, khususnya bagian perut.
  • dan lain-lain.

Point Penting! Sebelum melakukan gerakan sikap kayang, pastikan terlebih dahulu melakukan pemanasan dan peregangan yang cukup.

Cara Melakukan Sikap Kayang

Cara Melakukan Sikap Kayang Berbaring atau Sikap Tidur

Cara melakukan sikap kayang awalan berbaring

  • Pertama posisikan tubuh dengan tidur terlentang atau berbaring dibawah.
  • Kemudian tekuk kedua lutut dan rapatkan kedua tumit pada pinggul Anda.
  • Lalu tekuk pada bagian kedua siku tangan dan telapak tangan bertumpu dibawah matras dan tempatkan ibu jari di dekat telinga.
  • Berikutnya lakukan sebuah gerakan badan dengan mengangkatnya pelan-pelan keatas, lalu dibarengi dengan dorongan dari kedua tangan dan kedua kaki di luruskan.
  • Terakhir masukan bagian kepala diantara kedua tangan tersebut.

Cara Melakukan Sikap Kayang Awalan Berdiri

Cara melakukan sikap kayang awalan berdiri

  • Pertama lakukan sikap berdiri yang tegak dan kaki sedikit dibuka.
  • Kemudian posisi kedua tangan berada di samping kaki.
  • Selanjutnya gerakan kedua tangan secara bersamaan dengan mengayunkannya ke bagian belakang. Lalu bagian badan menekuk ke belakang, perlu diketahui bahwa posisi telapak tangan harus menyentuh atau mendarat dibawah matras dengan baik.
  • Pada langkah atau cara yang satu ini, gerakan pada sikap berdiri ini Anda bisa melakukannya dengan memakai bantuan sebuah tembok, sehingga resiko atau cedera tidak terjadi untuk para pemula.

Kesalahan Saat Melakukan Sikap Kayang

Sebenarnya pada gerakan kayang yang sempurna umumnya dilakukan oleh seorang yang mempunyai kelenturan tubuh yang sangat baik. Khususnya pada kelenturan di bagian tulang belakang dan tulang kakinya.

Untuk itu hal terpenting yang perlu dipahami terlebih dahulu kesalahan apa sih yang perlu dihindari ketika akan melakukannya. Agar ketika mencoba sudah mempunyai kesiapan dan keberanian pada diri Anda. Silahkan lihat kesalahan yang sering dialami dalam melakukan sikap kayang, sebagai berikut :

  • Mungkin terlalu gugup atau tegang, Hal ini bisa dikatakan sepele namun perlu dihindari karena bisa membuat kesadaran Anda terganggu dan cenderung akan kehilangan fokus.
  • Tidak melakukan sebuah pemanasan atau peregangan otot yang cukup, sehingga bagian anggota tubuh tidak terasa rileks. Akibatnya yang terjadi adalah cedera otot karena tertarik ketika melakukan gerakan.
  • Jarak pada bagian kedua tangan dan kaki terlalu jauh. Hal ini bisa membuat resiko cedera di persendian, dan akhirnya gerakan sikap kayang yang dilakukan tidak sempurna.
  • Badan kurang menekuk, mungkin karena kurang lemas atau lentur di bagian punggung dan otot perut.
  • Kedua siku bengkok, akibatnya kurang kekuatan dibagian persendian siku dan bahu. Usahakan pada bagian posisi siku lurus dan dapat melakukan pemanasan sebelum melakukan gerakan.
  • Kurangnya pada keseimbangan tubuh. Sehingga dianjurkan bagi Anda sebelum mencoba olahraga kayang ini perlu melakukan peregangan otot terlebih dahulu.

Demikian penjelasan lengkap tentang Pengertian Sikap Kayang, Manfaat dan Cara Melakukannya, semoga penjelasan diatas bisa berguna dan bermanfaat bagi pembaca yang akan melakukan gerakan kayang.

Baca juga : Kebugaran Jasmani