Recount Text

Posted on

Recount Text – Pembahasan materi kali ini adalah menjelaskan mengenai pengertian, struktur, jenis dan contoh Recount Text secara lengkap dan terperinci. Silahkan kalian simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Pengertian Recount Text

Recount Text adalah jenis text dalam bahasa Inggris yang menceritakan mengenai kejadian, cerita atau pengalaman di masa lalu. Tujuan dari Recount Text yaitu guna memberikan sebuah informasi atau dapat menghibur pembaca sehingga tidak terjadi konflik.

Recount Text dapat diartikan sebagai salah satu kegiatan untuk “mengingat kembali” suatu kejadian atau peristiwa yang sudah terjadi pada masa lalu melalui cerita sebuah text. Berikut ciri-ciri Recount Text dibawah ini :

• Menggunakan sebuah kalimat past tense karena menceritakan kejadian yang sudah terjadi pada masa lalu
  • Menggunakan sebuah action verbs, misalnya visit, walk, eat dan go
  • Menggunakan sebuah conjunction dan time connectives seperti before, after, then, when dan first untuk merangkai suatu kejadian dan kejadian yang lainnya.
  • Menggunakan sebuah adverbs and adverbial phrase.

Struktur Recount Text

1. Orientation (Pembuka)

Berisikan sebuah pengenalan berupa memberikan informasi tentang siapa, dimana dan kapan peristiwa atau kejadian itu terjadi di masa lalu.

2. Event (Isi)

Berisikan rekaman peristiwa yang terjadi, biasanya disampaikan pada urutan kronologis, seperti “In the first day… . And in the next day… . And in the last day… .” Didalam bagian ini terdapat sebuah komentar pribadi mengenai peristiwa atau kejadian yang diceritakan.

3. Reorientation (Penutup atau kesimpulan)

Berisikan pengulangan pengenalan yang terdapat pada orientation, pengulangan terkait rangkuman peristiwa atau kejadian yang diceritakan.

Jenis Recount Text

Secara umum Recount Text terdiri dari 4 jenis, berikut jenisnya dibawah ini :

Baca Juga :  Future Perfect Continuous Tense

1. Personal Recount

Menceritakan terkait sebuah pengalaman pribadi penulis. Seperti contoh mengenai pengalaman yang tidak terlupakan, pengalaman di sekolah, atau liburan ke pantai.

2. Factual Recount

Menceritakan sebuah peristiwa yang benar-benar terjadi atau (fakta) di masa lalu seperti laporan percobaan ilmu pengetahuan dan laporan kepolisian.

3. Imaginative Recount

Menceritakan sebuah imaginasi penulis mengenai suatu hal yang dituliskan pada bentuk past tense, atau menuliskan kembali peritiswa dan kejadian yang sudah terjadi.

4. Historical Recount

Menceritakan terkait sejarah baik itu tempat bersejarah atau benda bersejarah lainnya. Seperti contohnya candi borobudur.

Contoh Recount Text

Tentang Perjalanan Wisata

My First Trip to Bali

Last August, I went to Bali to enjoy a holiday. I went with Edi, Fikri, Dimas, and Agus. It was the first time I went to the island of Bali.

Our plane departs from Damri port to the island at 9:00 a.m. We arrived on the island of Bali around 11:00 in the morning. Then, we went straight to the inn that we ordered earlier. Our lodging is not far near the port, so we don’t have to walk far anymore. The first thing we did was to rent a bicycle. The price is around IDR 50,000 per day. After that we cycled for a while and headed to the restaurant for lunch before we snorkeling.

When we snorkel, there are people who guide us to take us to the beach which is very far from our lodging. We snorkeling right there. Very beautiful beach. We can see clear water and beautiful coral filled with funny fish at the bottom of the sea. After we snorkeling for two hours, we returned to the inn again. We immediately ended the first day with dinner while walking around the island of Bali.

Baca Juga :  Pendidikan Karakter

Then on the second day, we wake up early to see the sunrise. We don’t have to go far to see it because our inn is very close to the beach and we can see the sun rising there. The sun that appears on the beach, very beautiful scenery!

After spending a long time to see the sunrise, we decided to have breakfast. Apparently there was a festival at that time. We went to the festival and had breakfast there. We eat seafood that is very delicious. We feel that time is running very fast that day. We had to get back to the inn quickly because our plane would take us back at 9:00 a.m.

In short, my first trip to the island of Bali was so pleasant. I want to go to this place again with my family later.

Berikut terjemahan dari contoh recount text di atas:

Perjalanan Pertama Saya ke Pulau Bali

Agustus lalu, aku pergi ke Pulau Bali untuk menikmati hari liburan. aku pergi bersama Edi, Fikri, Dimas, dan Agus. Itu merupakan pertama kalinya aku pergi ke pulau Bali.

Pesawat kami berangkat dari pelabuhan Damri ke pulau pada pukul 9.00 pagi. Kami tiba di Pulau Bali sekitar jam 11.00 pagi. Kemudian, kami langsung menuju penginapan yang sudah kami pesan sebelumnya. Penginapan kami berada tidak jauh di dekat pelabuhan, jadi kami tidak perlu berjalan jauh lagi. Hal pertama yang kami lakukan adalah dengan menyewa sepeda. Harganya sekitar Rp50.000 per hari. Setelah itu kami bersepeda sebentar dan menuju restoran untuk makan siang sebelum kami snorkeling.

Baca Juga :  Fungsi Tulang Hasta

Ketika kami snorkeling, ada orang yang menjadi pemandu kami untuk membawa kami ke pantai yang sangat jauh dari penginapan kami. Kami langsung snorkeling di sana. Pantai yang sangat indah sekali. Kami bisa melihat air yang jernih dan karang yang indah dipenuhi dengan ikan-ikan yang lucu didasar laut. Setelah kami snorkeling selama waktu dua jam, kami kembali lagi menuju penginapan. Kami langsung mengakhiri hari pertama dengan makan malam sambil berjalan-jalan diarea pulau Bali.

Kemudian pada hari kedua, kami bangun pagi untuk melihat matahari terbit. Kami tidak harus pergi jauh untuk melihatnya karena penginapan kami sangat dekat dengan pantai dan kami dapat melihat matahari terbit di sana. Matahari yang muncul di pantai, pemandangan yang sangat indah sekali!

Setelah menghabiskan waktu cukup lama untuk melihat matahari terbit, kami memutuskan untuk sarapan pagi. Ternyata ada sebuah festival pada waktu itu. Kami pergi menuju festival tersebut dan sarapan di sana. Kami memakan jenis makanan laut yang sangat lezat. Kami merasa waktu berjalan sangat cepat sekali hari itu. Kami harus cepat kembali ke dalam penginapan karena pesawat kami yang akan membawa kami pulang kembali pukul 09.00 pagi.

Singkatnya, perjalananku pertama kalinya ke Pulau Bali begitu menyenangkan. Aku ingin pergi ke tempat ini lagi bersama keluargaku di kemudian hari.

Demikian penjelasan mengenai Recount Text – Pengertian, Struktur, Jenis dan Contoh Recount Text. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.