Perbedaan Statistik dan Statistika

Posted on

Perbedaan Statistik dan Statistika – Materi Kali ini akan membahas tentang pengertian dan perbedaan statistik dan statistika. Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang pengertian statistika dan statistik, dan mungkin saja banyak yang menganggap keduanya mempunyai definisi yang sama. Padahal keduanya memiliki perbedaan statistika dan statistik yang cukup mendasar dan signifikan dilihat dari pengertian, fungsi, tujuan maupun klasifikasinya.

Perbedaan Statistik dan Statistika
Perbedaan Statistik dan Statistika

Pengertian Statistik dan Statistika

1. Statistik

Statistik merupakan suatu kumpulan data dengan bentuk angka maupun bukan angka yang berhubungan pada masalah tertentu yang disusun dalam bentuk tabel, daftar maupun diagram bahkan yang lainnya.

Dengan kata lain statistik ialah hasil pengolahan data yang telah disajikan pada bentuk tabel, grafik, diagram dan lain-lain.

Statistik terdapat suatu tujuan guna mempermudah pada interpretasikan sebuah data dan dipakai dalam tujuan tertentu.

Proses pengkajian dalam statistik ini dilakukan ketika sudah memperoleh kumpulan data yang dimana data itu diperoleh dari suatu hasil wawancara secara langsung maupun wawancara tidak langsung yang telah dikelola pada sebuah proses statistika.

Wawancara langsung atau bisa disebut juga sebagai data primer adalah sebuah data yang secara langsung diambil dengan melewati objek penelitian secara individu atau secara kelompok. Sebagai contoh ketika kita mewawancarai secara langsung pada penonton bioskop dalam penelitian presentasi konsumen bioskop.

Wawancara tidak langsung atau bisa disebut juga sebagai data sekunder adalah sebuah data yang diperoleh secara tidak langsung dari hasil objek penelitian. Pada hal ini peneliti bisa mendapat sebuah data yang telah dikumpulkan oleh pihak lain dengan berbagai cara, baik dari komersil atau tidak komersil.

Lihat Materi Lainnya :  Induksi Matematika

Contoh wawancara tidak langsung yaitu ketika kita meneliti dengan hasil riset pada sebuah surat kabar yang nantinya akan dipakai dalam penelitian statistika.

Dalam statistik diklarifikasikan menjadi dua bagian, sebagai berikut :

  • Statistik dalam menggambarkan sebuah data (angka maupun bukan angka) pada bentuk tabel, grafik, diagram dan lain-lain. Sama dengan statistik produksi, statistik penduduk, statistik harga serta statistik-statistik lainnya.
  • Statistik dalam menggambarkan sebuah data untuk mewakili objek tertentu atau bisa juga sebagai sample serta populasi pada bentuk ukuran.

2. Statistika

Statistika merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana untuk merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis dan menginterpretasi serta digunakan dalam mempresentasikan data.

Dengan kata lain statistika ialah sebuah metode ilmiah tentang suatu cara dalam mengumpulkan, mengelola, menganalisa penyajian data, menginterpretasi dan juga mempresentasikan data.

Statistika juga untuk mendapatkan gambaran yang diperoleh dari sekumpulan data yang telah dikaji sehingga bisa ditarik kesimpulan dari data yang diambil.

Metode kajian yang ada pada statistika ada dua yakni survai dan eksperimen. Dimana keduanya tersebut akan mempelajari tentang pengaruh perubahan penjelas maupun perilaku atau bisa juga respon yang diakibatkan dari perubahan data itu secara menyeluruh.

Dalam statistika diklarifikasikan menjadi dua bagian, sebagai berikut :

  • Statistika Deskriptif

Statistika deskriptif merupakan sebuah statistika yang hanya bisa digunakan dalam menggambarkan maupun menganalisis kelompok data tanpa dilengkapi dengan penarikan kesimpulan mengenai besar mana di antara kelompok yang sudah ada.

Statistika deskriptif sering disebut juga sebagai deskripsi data yang digunakan untuk menghitung suatu varians dari data yang masih mentah dan dikelola bahkan sampai dideskripsikan dengan memakai sebuah tabel, grafik atau juga diagram agar data itu lebih jelas dan mudah untuk dipahami.

  • Statistika Inferensia
Lihat Materi Lainnya :  Pendapatan Nasional

Statistika inferensia merupakan sebuah statistika yang dipakai dalam menggambarkan dan menganalisis kelompok data sampai bisa ditarik menjadi suatu kesimpulan dalam menentukan keputusan atas makna statistik yang telah diolah maupun dihitung.

Statistika inferensia sering disebut juga sebagai statistika induktif yang digunakan dalam permodelan data dan pengambilan keputusan dengan didasarkan analisis data. Misalnya untuk memprediksi masa yang akan datang, menguji hipotesis, serta membuat sebuah permodelan hubungan.

Perbedaan Statistik dan Statistika

Secara umum, statistik dan statistika bisa digunakan dalam menyelesaikan sebuah masalah yang berhubungan dengan sebuah data. Istilah ‘statistika’ dalam bahasa Inggris yakni statistics berbeda dengan ‘statistik’ atau (statistic), walaupun terlihat sama. Namun keduanya tersebut memang berhubungan satu sama lain tetapi mempunyai arti berbeda.

Dalam pembahasan dibawah ini akan membahas tentang perbedaan statistik dan statistika yang ditinjau dari beberapa aspek seperti pengertian, tujuan, metode  kajian dan klarifikasi statistik dan statistika. Agar lebih mudah memahami perbedaannya tersebut, akan diuraikan kedalam bentuk tabel. Berikut perbedaannya!

Perbedaan Statistik Statistika
Pengertian Statistik merupakan hasil dari pengolahan data yang telah disajikan pada bentuk tabel, grafik, diagram, dan lain-lain. Statistika merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana untuk merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis dan menginterpretasi serta digunakan dalam mempresentasikan data.
Tujuan Statistik tujuannya untuk mempermudah dalam meinterpretasikan suatu data dan dipakai dalam tujuan tertentu. Statistika tujuannya untuk mendapatkan sebuah gambaran dari sekumpulan data yang telah dikaji sehingga bisa ditarik menjadi kesimpulan dari hasil data yang diperoleh.
Klarifikasi 1.       Gambaran data (angka maupun bukan angka) pada bentuk tabel, diagram, grafik dan lain-lain.

2.       Gambaran data dalam mewakili suatu objek tertentu atau menjadi sebuah sample maupun sebagai populasi pada bentuk ukuran.

1.       Statistika deskriptif

2.       Statistika inferensia

Metode Kajian Kumpulan data yang berbentuk bilangan maupun non bilangan, yang telah dikelola dalam proses statistika. Sebuah survai dan eksperimen.

Fungsi dan Peranan Statistika

Statistika mempunyai suatu fungsi dan peranan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mendapatkan fungsinya dengan maksimal, dibutuhkan sebuah penerapan statistika dan statistik secara keseluruhan yang dimulai dari mengambil data sampai dengan penarikan kesimpulan. Berikut beberapa fungsi dan peranannya dibawah ini :

  • Statistik menggambarkan sebuah data pada bentuk tertentu.
  • Statistik bisa menyederhanakan sebuah data yang kompleks menjadi data yang lebih mudah dimengerti
  • Statistik ialah teknik dalam membuat perbandingan
  • Statistik bisa memperluas pada pengalaman individu
  • Statistik bisa mengukur besaran dalam suatu gejala
  • Statistik bisa menentukan sebuah hubungan sebab akibat

Kegunaan statistik ini bisa diaplikasikan juga pada kehidupan sehari-hari dengan memakai informasi dan kesimpulan yang diperoleh dalam pengambilan keputusan dan kebijakan.

Secara umum, perbedaan statistika dan statistik merupakan suatu hal yang dasar, dimana statistika merupakan sebuah proses dalam mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi sampai mempresentasikan sebuah data, sedangkan untuk statistik merupakan angka atau data yang dapat berbentuk dalam grafik dan gambar. Kemudian, ilmu statistika mempunyai banyak fungsi, tujuan, peran sampai kegunaan pada kehidupan sehari-hari. Metode analisis data statistik juga sangat beragam tetapi bisa digolongkan dalam statistik deskriptif dan inferensial.

Baca Juga :

[Total: 0    Average: 0/5]