5 Perbedaan Otot Polos, Otot Lurik dan Otot Jantung Dalam Bentuk Tabel

Posted on

5 Perbedaan Otot Polos, Otot Lurik dan Otot Jantung Dalam Bentuk Tabel – Materi yang menjelaskan tentang pengertian dan perbedaan otot seperti otot lurik, otot polos dan otot jantung dalam bentuk tabel. Silahkan kalian simak penjelasan lengkapnya dibawah ini gaes!

perbedaan otot lurik otot polos otot jantung
perbedaan otot lurik otot polos otot jantung

Pengertian OTOT

Otot adalah jaringan yang ada dalam tubuh manusia, juga hewan yang memiliki fungsi sebagai sarana aktif bergerak yang dapat menggerakkan tulang-tulang di dalam tubuh untuk memungkinkan manusia atau hewan bergerak dan melakukan aktivitasnya.

Otot-otot itu sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yaitu otot lurik, otot polos dan juga otot jantung. Otot ini sendiri menyebabkan pergerakan suatu organisme atau pergerakan organ dalam organisme.

Otot Lurik

Otot lurik atau bisa dikatakan sebagai otot bergaris adalah otot yang mempunyai tampilan, sesuai dilihat dari namanya, terlihat bergaris antara terang dan gelap, dengan penampilan orang lain. Otot ini sendiri terletak di bagian kerangka yang melekat pada bagian kerangka manusia atau hewan, sehingga otot ini juga sering disebut sebagai otot rangka.

Otot lurik itu sendiri menempati seluruh bagian tubuh manusia dan hewan-hewan menyebar, sementara kerja otot belang itu sendiri berlangsung di bawah kesadaran atau bahkan di bawah refleks, artinya otot-otot ini sengaja digerakkan oleh manusia atau hewan. Otot ini memiliki sifat mudah lelah karena adanya asam laktat yang terakumulasi dalam sel-sel otot belang ini.

Otot ini berada dan menempati seluruh bagian tubuh manusia maupun hewan. Cara otot lurik ini bekerja dalam suatu gerakan sadar maupun non-refleksif berarti bahwa otot tersebut sengaja digerakkan oleh manusia dan hewan. Otot-otot yang bergaris juga memiliki sifat yang sedikit terkuras karena adanya asam laktat yang terakumulasi dalam sel-sel otot yang bergaris ini. Contoh dari otot lurik ini sebagai berikut : otot betis, otot paha, otot perut dan lengan.

Lihat Materi Lainnya :  Struktur Akar Monokotil dan Dikotil

Otot Polos

Otot polos adalah otot yang dikelompokkan ke dalam kategori otot tak sadar atau refleks, yang berarti bahwa otot-otot ini bekerja di bawah kesadaran manusia, karena otot-otot ini dibentuk oleh otot-otot yang dibentuk oleh otot-otot halus seperti spindle, yang keduanya berakhir dengan tengah waktu memiliki bentuk yang tajam. Balon. Contoh otot polos adalah: otot perut, otot usus dan otot nadi

Otot Jantung

Otot jantung adalah otot yang membentuk jantung, dan merupakan jenis otot lurik dengan segmen serat protein tebal dan serat tipis yang bervariasi, sering disebut sebagai myosin dan aktin, masing-masing menyebabkan lurik ini.

Fungsi otot ini sendiri adalah untuk memompa jantung untuk mengedarkan darah ke seluruh bagian tubuh, dan otot ini memiliki ciri utama agar tidak mudah merasakan kelelahan sejak awal.

Otot jantung sendiri memulai aktivitasnya karena masih dalam tahap janin dan berakhir setelah kematian, karena otot jantung tidak lelah karena pasokan oksigen yang sangat tinggi.

Desain sistem peredaran darah juga merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap konsentrasi oksigen tertinggi di otot jantung untuk memenuhi semua kebutuhan kelelahan.

Otot jantung itu sendiri terdiri dari sel-sel otot jantung, sering disebut sebagai kardiomiosit, di mana ada satu atau dua nuklei, tetapi kadang-kadang tiga hingga empat nuklei mungkin juga ada dalam sel. Contoh otot jantung adalah: Otot jantung: Otot jantung ada di jantung.

5 Perbedaan Otot Polos, Otot Lurik dan Otot Jantung Dalam Bentuk Tabel

Berikut ini perbedaan dari Otot Polos, Otot Lurik dan Otot Jantung yang akan dijelaskan dalam bentuk tabel menurut dari ciri-ciri penjelasan diatas.

Ciri Ciri Otot Lurik Otot Polos Otot Jantung
Letak Menuyusun otot yang melekat dan berada pada tulang Menyusun alat alat bagian dalam, contoh dinding usus dan pembuluh darah Menyusun otot pada bagian dinding jantung
Bentuk Sel Sel bulat memanjang terdapat banyak inti terletak di bagian tepi Pada bagian ujung sel meruncing, inti berjumlah satu di tengah Bulat memanjang dengan ujung bercabang terdapat banyak inti sel terletak dibagian tengah
Kontrol saraf Otot Sadar (Kontraksi dikontrol oleh sistem saraf sadar) Otot tidak sadar (Kontraksi tidak di kontrol oleh sistem saraf sadar) Otot tidak sadar
Reaksi Cepat Lambat Lambat
Sifat Kerja Cepat lelah Tidak cepat lelah Tidak cepat lelah
Lihat Materi Lainnya :  Pengertian Fermentasi - Jenis, Fungsi, Contoh, Reaksi Kimia Fermentasi

Demikian penjelasan mengenai 5 Perbedaan Otot Polos, Otot Lurik dan Otot Jantung Dalam Bentuk Tabel. Semoga materi diatas bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua.

Lihat Materi Lainnya :

[Total: 1    Average: 5/5]