Perbedaan AM dan PM

Posted on

Perbedaan AM dan PM Dalam 24 Jam (Pembagian Waktu Siang & Malam) – Kebanyakan orang mungkin belum mengetahui antara perbedaan AM dan PM. Bahkan, diantara kita ada yang sempat mengetahuinya kemudian saat ini lupa, karena sebagian orang hanya dapat mengingat saja tanpa memahaminya. Secara umum, AM dan PM dipakai dalam negara-negara Eropa dan Amerika untuk menunjukan waktu.

Negara yang berlokasi di kawasan tersebut memakai format 12 jam untuk membedakan rentang waktu antara waktu siang dan malam. Sedangkan dinegara Asia, umumnya memakai format 24 jam.

Tetapi seiring perkembangan jaman, penggunaan format waktu 12 jam sekarang sudah menjamur. Konsep AM dan PM bisa ditemukan pada smartphone, komputer, jam digital, sampai jam tangan yang kita gunakan.

Nah, untuk kalian yang belum mengetahui perbedaannya sama sekali atau dikarenakan lupa antara AM dan PM. Silahkan kalian simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Perbedaan AM dan PM
Perbedaan AM dan PM

Perbedaan AM dan PM

Penggunaan waktu AM dan PM ketika menyebutkan jam mungkin hal ini tidak begitu awam di Indonesia. Orang Indonesia biasanya sering menyebutkan angka yang menunjukkan jam sampai menit sesuai dengan apa yang tertera pada jam analog yang menggunakan jarum sebagai penunjuknya.

Untuk menunjukkan jam pada waktu pagi, siang, sore, bahkan malam. Kalian hanya perlu memberikan keterangan tambahan tersebut setelah menyebutkan jam. Konsep AM dan PM sangat dikenal di negara yang menggunakan bahasa Inggris. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, sepertinya konsep AM dan PM untuk menunjukan waktu semakin banyak dikenal oleh orang-orang Indonesia. Konsep AM dan PM ini semakin dikenal setelah jam digital semakin sering dipakai.

Baca Juga :  Pengertian Gunung Meletus

Konsep jam digital dapat ditemukan di komputer, telepon genggam, jam dinding bahkan bisa dilihat dari jam tangan. Banyak orang yang beranggapan bahwa AM artinya pagi sementara PM artinya sore atau malam. Apakah itu benar? Mari kita pelajari lagi lebih dalam mengenai konsep AM dan PM ini.

Keterangan AM PM
Singkatan Ante meridiem Post meridiem
Arti Sebelum tengah siang Setelah tengah siang
Jangka Waktu Antara tengah malam (0.00) sampai tengah siang (11.59) Antara tengah siang (12.00) sampai  tengah malam (23.59)

Perbedaan AM dan PM dapat dilihat dengan jelas pada penjelasan dibawah ini!

Berdasarkan pada pembagian waktu, maka dalam hal ini AM dan PM dapat dibedakan sebagai berikut:

  • AM (Ante Meridiem): Digunakan pada saat waktu memasuki pukul 00.00 sampai waktu menunjukan pukul 11.59.
  • PM (Post Meridiem): Digunakan pada saat waktu memasuki pukul 12.00 sampai waktu menunjukan pukul 23.59.

Maka dari itu, 12.00 am itu memasuki waktu tengah malam, sedangkan pada 12.00 pm menunjukan waktu tengah siang.

Waktu 12 Jam

Jam dinding yang kita gunakan secara umumnya ialah jam dinding dengan 12 jam. Satu hari memang terdiri dari 12 jam, namun jam tersebut membagi waktu 24 jam pada satu hari kedalam dua periode yaitu 12 jam. Maka, disinilah kalian mengenal konsep AM dan PM.

AM singkatan dari ‘ante meridiem’ merupakan dari bahasa Latin yang berarti ‘sebelum tengah siang’ sementara PM adalah singkatan dari ‘post meridiem’ yang artinya ‘setelah tengah siang’. Rentang waktu ante meridiem merupakan antara tengah malam (pukul 00.00) dan tengah siang (pukul 11.59).

Sementara pada rentang waktu post meridiem yaitu antara tengah siang (12.00) hingga tengah malam (pukul 23.59). Masing-masing jam pada satu hari kecuali dengan tengah malam atau tengah siang diberi tambahan AM atau Pm untuk menentukan waktu pagi, sore, atau malam.

Baca Juga :  Kebugaran Jasmani

Penggunaan 12 PM dan 12 AM

Penggunaan waktu AM dan PM untuk menunjukkan sebuah waktu terkadang juga menimbulkan suatu kebingungan. Sebagai contoh, kalian mungkin merasa bahwa 12 PM merupakan hal yang normal pada konsep AM dan PM. Namun, secara garis besar 12 PM sebenarnya tidak masuk akal karena sudah tidak berada pada waktu setelah siang.

Sama halnya juga 12 AM yang dirasa tidak masuk akal karena tidak berada pada waktu sebelum tengah siang. Meskipun sama-sama menggunakan konsep AM dan PM, sangat disarankan untuk kalian menyebutkan waktu-waktu tersebut sebagai tengah malam atau uga tengah siang.

Namun, Kalian mungkin dapat menemukan kebanyakan jam digital saat ini yang tetap menunjukkan 12 AM dan 12 PM untuk menunjukkan tengah malam atau tengah siang.

Demikian penjelasan mengenai Perbedaan AM dan PM Dalam 24 Jam (Pembagian Waktu Siang & Malam), semoga bisa menjadi pengetahuan untuk kalian yang telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat 🙂

Artikel Terkait :