Perbedaan Agama Hindu dan Budha Juga Persamaannya Dilengkapi Tabel

Posted on

Perbedaan Hindu dan Budha – Agama adalah bentuk kepercayaan kepada Tuhan dan suatu hal yang berhubungan dengan Tuhan. Salah satunya adala India, yang merupakan sebuah negara terletak di Asia Selatan dan tempat lahirnya agama Hindu dan Buddha.

Seperti yang kita ketahui bahwa sebenarnya kedua agama tersebut Agama Hindu dan Budha adalah sebuah agama besar dan muncul secara bersamaan di abad ke – 6 SM. Pertama kali kedua agama tersebut telah muncul di India. Jika dilihat dari beberapa aspek, mungkin ada beberapa perbedaan dan persamaan antara kedua agama tersebut. Dapat kita lihat dalam bentuk pengakuannya, asal-usulnya, keyakinan, kepercayaannya, kasta dan lain sebagainya.

Perbedaan Agama Hindu dan Budha

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan hindu dan budha beserta persamaanya, mari kita simak penjelasan singkat berikut ini!

Agama Hindu dan Budha

Setiap manusia pada dasarnya mempunyai kepercayaan kepada suatu hal yang dijadikan sebagai pedomannya. Terutama dalam hal agama. Agama merupakan suatu keyakinan dari hati dan nurani setiap manusia.

Tidak ada satupun yang dapat menyalahkan agama karena hal-hal tertentu. Karena agama merupakan sebuah pedoman yang mengajarkan bagaimana seseorang menjalani hidup dengan baik dan benar sesuai dengan aturan dan perintah yang terdapat dalam ajaran agama tersebut.

Di Indonesia sendiri memiliki beragam budaya, salah satunya adalah keagamaan. Agama di Indonesia terbagi menjadi beberapa agama. Dengan ajaran dan keunikan yang berbeda di setiap masing-masing agama,  Namun kesempatan kali ini akan membahas tentang agama hindu dan agama budha.

Pada kedua agama tersebut terdapat asal-usul yang berbeda, agama hindu sendiri diyakini oleh banyak orang mulai bermunculan karena pada ajarannya terdapat perpaduan kebudayaan bangsa aria dan bangsa dravida, sedangkan untuk agama budha muncul dari hasil pemikiran dan pencerahan yang diperoleh melewati sidharta Gautama yang telah mengajarkan untuk mencari jalan lain dalam menuju kesempurnaan atau disebut sebagai nirwana.

Baca Juga :  Perbedaan Qurban dan Aqiqah

Agama Hindu terdapat Trimurti yang dapat diartikan sebagai 3 dewa tertinggi dalam agama hindu yang memegang kendali terhadap alam semesta setiap prosesnya sampai saat ini. Akan tetapi agama budha, cenderung lebih di pinggirkan dan telah mengakui Sidharta sebagai guru besarnya yang dapat membimbing mereka menuju kesempurnaan. Kemudian agama hindu juga mengenal berbagai macam kasta, namun agama budha mengajarkan orang dengan derajat yang sama.

Masih bingung? silahkan lihat secara detail tentang perbedaan agama hindu dan budha berikut ini!

Perbedaan Agama Hindu dan Budha

Tabel Perbedaan Agama Hindu dan Budha

Beberapa Perbedaan Agama Hindu dan Budha bisa dilihat dari beberapa aspek, yakni :

1. Dalam Penggunaan Kasta

Perbedaan kedua agama tersebut yang paling utama adalah dalam hal menggunakan kasta. Dimana pada agama Hindu sendiri terdapat lima kasta sesuai dengan tingkatnya.

Brahmana ditujukan untuk kaum Pandita / pedanda,

Kstaria untuk kaum bangsawan dan raja,

Waisya untuk kaum perternak, pedagang dan petani,

Sudra untuk kaum pengemis maupun gelandangan.

Sedangkan dalam agama budha sendiri tidak mengenal kasta atau non kasta. Dimana Agama Budha tersebut dapat menerima siapapun dan apapun golongannya pada setiap orang.

2. Dalam Tradisi Lokal

Perbedaan Hindu dan Budha yang kedua adalah dalam bentuk tradisi lokal. Masuknya agama hindu dan budha sebenarnya tidak membuat tradisi para leluhur terdahulu dari masyarakat hilang. Seperti yang terjadi di Indonesia yaitu Bali dan Jawa, masuknya agam hindu dapat membuat mereka bersatu secara baik dan sempurna tanpa mengubah ketentuan yang sudah ada dari pada leluhur yang ada di masyarakat lokal tersebut.

Sedangkan pada agama Budha dari Tibet, yang dimana masukanya agama budha sebenarnya tidak membuat hilang atau menghancurkan agama asli dari tempat aslinya, malah kedua agama ini justru dapat bersatu dengan sempurna.

Baca Juga :  Inilah 5 Perbedaan Gaya dan Gerak

3. Dalam Menggunakan Istilah

Perbedaan Hindu dan Budha yang ketiga dapat dilihat dari aspek istilah yang sudah mereka gunakan walaupun mungkin mempunyai maksud dan tujuan sama. Dalam agama hindu mengenal sebuah istilah ahamkara yang berarti ego, sedangkan agama budha dikenal sebagai istilah kemelekatan yang berarti keinginan.

Mungkin arti dari keduanya hampir sama. Didalam kitab agama budha menggunakan sebuah bahasa prakrit yang berupa bahasa rakyat. Namun agama hindu dalam kitabnya menggunakan bahasa sansekerta, karena agama hindu sendiri memang sudah dikenal sangat lama dan sebagai bahasa tertua didunia.

4. Dalam Kitab

Perbedaan Hindu dan Budha yang keempat dapat dilihat dengan jelas dari kitab yang digunakannya sebagai pedoman untuk menjalani kehidupan secara benar. Agama Hindu ada beberapa kitab yang sangat dikenal, yaitu diantaranya kitab Reg Veda, Yajur Veda, Sama Veda dan Atharva Veda.

Semua kitab tersebut biasanya sebagai salah satu pedoman untuk seluruh umat hindu dalam kehidupannya. Sedangkan agama Budha sendiri kitab yang dikenal adalah kitab Tripitaka. Kitab yang satu ini sebenarnya terbagi dengan beberapa nama yaitu Sutta Pitaka, Vinaya Pitaka dan Abhidharma Pitaka.

5. Dalam Keyakinan

Perbedaan Hindu dan Budha yang kelima bisa dilihat dari tata cara beribadah masing-masing dan kitab yang menjadi pedomannya. Dalam agama Hindu umumnya lebih memuja para dewa yang di percaya dan mempunyai kekuasaan untuk mengatur semua makhluk hidup dimuka bumi.

Hindu ini juga sering disebut sebagai agama politeisme yang memuja banyak dewa. Namun tidak semuanya benar, karena agama hindu sebenarnya ada juga yang berpendapat bahwa dewa bukanlah Tuhan. Menurutnya, Tuhan Maha Esa hanya satu.

Sedangkan dalam agama budha, untuk mencapai suatu kesempurnaan dengan melalui bantuan dari kaum Brahmana atau sering dikenal dengan kaum para pendeta. Bukan itu saja, Perbedaan agama Hindu dan Budha ini juga dapat lihat dari aliran yang di ambil. Budha sendiri dibagi atas dua aliran yaitu aliran mahaya dan Hinayana. Inilah yang menjadi Perbedaan antara kedua agama tersebut.

Baca Juga :  Lembaga Agama - Pengertian, Tujuan, Contoh, Fungsi dan Ciri-Cirinya

Selain dari kelima Perbedaan Hindu dan Budha diatas, terdapat juga persamaan agama Hindu dan Budha yang bisa dijadikan sebuah pembanding untuk kita yang masih bingung tentang kedua agama ini. Apa sih persamaannya? silahkan lihat persamaannya berikut ini!

Persamaan Agama Hindu dan Budha

Selain perbedaan yang telah dibahas sebelumnya, terdapat 5 persamaan agama hindu dan budha. persamaan yang didasarkan bukti maupun pada kebenaran yang ada oleh kedua agama tersebut. Berikut persamaanya dibawah ini :

  • Keduanya sama-sama muncul di India dan berkembang sangat pesat di negara tersebut. Kemudian baru menyebar ke Negara yang lainnya.
  • Berikutnya adalah selalu mengusahakan dalam meletakkan adanya dasar-dasar ajaran kebenaran pada setiap kehidupan.
  • Mempunyai tujuan sama yaitu tujuannya adalah menyelamatkan umat manusia dari rasa kegelapan dan mengantarkan pada tujuan hidupnya masing-masing.
  • Mengajarkan suatu tindakan dan perilaku yang dibenarkan oleh setiap agama, karena dalam hal ini tidak ada satupun agama yang mengajarkan hal diluar dari kebaikan.
  • Mempunyai pedoman masing-masing, karena pada agama hindu dan agama budha mengajarkan suatu kepercayaan sesuai dengan ajarannya masing-masing.

Demikian penjelasan singkat mengenai perbedaan agama hindu dan budha beserta persamaannya, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Baca Juga :