Pengertian Udara – Manfaat, Jenis, Fungsi dan Cara Menjaganya

Posted on

Pengertian Udara – Udara adalah campuran gas yang ditemukan di permukaan bumi dan di lingkungan Bumi. Udara terdiri dari campuran gas dalam jumlah besar, seperti 78% nitrogen, 20% oksigen, 0,93% argon dan 0,30% karbon dioksida, dan sisanya dalam bentuk gas lain. Untuk memahaminya lebih lanjut terkait manfaat, jenis, fungsi dan cara menjaga kebersihan udara , silahkan kalian simak penjelasan lengkapnya dibawah ini gaes!

Pengertian Udara

Pengertian Udara

Udara adalah campuran gas yang ditemukan di permukaan bumi dan di lingkungan Bumi. Udara terdiri dari campuran gas dalam jumlah besar, seperti 78% nitrogen, 20% oksigen, 0,93% argon dan 0,30% karbon dioksida, dan sisanya dalam bentuk gas lain. Sedangkan uap air di udara berasal dari asosiasi air laut, sungai dan lainnya. Bergantung pada fungsinya, salah satu gas yang dibutuhkan dalam kehidupan makhluk hidup adalah oksigen.

Oksigen diproduksi oleh fotosintesis tanaman yang mengubah karbon dioksida menjadi oksigen. Ketinggian permukaan bumi secara alami mempengaruhi kondisi udara. Semakin tinggi permukaan bumi dan semakin dekat ke troposfer, semakin sedikit udara yang ada. Di udara ada juga yang disebut lapisan ozon, yang bertindak sebagai perlindungan bagi makhluk hidup dari sinar ultraviolet.

Manfaat dan Fungsi Udara

Kita sebagai makhluk hidup benar-benar membutuhkan udara, sehingga udara sangat bermanfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Manfaat udara meliputi:

  • Di udara terdapat suatu oksigen, yang berguna untuk bernafas
  • Mempengaruhi kinerja jantung makhluk hidup
  • Udara bersih dan bebas polusi menghilangkan stres, melemaskan tubuh dan terasa segar.
  • Udara bersih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Udara dapat menentukan klasifikasi iklim, cuaca atau musim di satu tempat
  • Udara juga dapat digunakan untuk komunikasi, misalnya, untuk mengirimkan gelombang suara dan untuk mengirim spora atau benih.
  • Di udara adalah karbon dioksida, yang berguna untuk tanaman fotosintesis
  • Udara juga berfungsi untuk melindungi bumi dari benda-benda luar angkasa. Ketika benda-benda luar angkasa jatuh di Bumi, mereka terkikis dan hancur di atmosfer, sehingga mereka tidak jatuh ke Bumi atau jatuh ke Bumi tetapi ukurannya lebih kecil.
Lihat Materi Lainnya :  Tulang Tapis - Pengertian, Ciri, Letak, Bentuk, Jumlah, Fungsi (+Gambar)

Jenis Udara Berdasarkan Unsur Kimia

Udara dibagi menjadi tiga jenis, yakni :
  • Oksigen (unsur kimia yang bereaksi dengan mudah)
  • Nitrogen (unsur kimia yang sulit bereaksi)
  • Karbon dioksida (unsur kimia yang tedirir berdasarkan dua atom dan terikat secara kovalen)
Dari ketiga jenis diatas memiliki efek positif dan negatif
(+) positif oksigen tidak lebih dari memperkuat jantung dan sistem kekebalan tubuh menstabilkan metabolisme
(-) Negatif: Menyebabkan 3 gangguan organ vital karena keracunan oksigen karena kelebihan oksigen, mudah terbakar ketika O2 memenuhi gas yang mudah terbakar / panas yang mudah terbakar, dan menyebabkan karat pada besi, seng, dan logam lain yang mungkin berkarat.
(+) positif dari nitrogen
a. Peningkatan produksi dan peningkatan benih dan buah.
b. adalah bagian dari klorofil, pewarna hijau dari tanaman.
c. Tumbuhan membantu mempercepat evolusi.
(-) Apakah ada nitrogen negatif? tentu ada, ketika nitrogen terpapar, oksigen bisa dikurangi, bayangkan ketika oksigen dalam tubuh berkurang?
(+) Positif dari karbon dioksida dapat membuat es dan unsur ini digunakan dalam alat pemadam kebakaran.
(-) Negatifnya adalah sangat serius: masalah dengan pemanasan global dan respirasi.

Cara Menjaga Kebersihan Udara

Tidak seperti di masa lalu, saat ini ada banyak tempat di mana udara tercemar, disebabkan oleh tindakan manusia yang tidak bertanggung jawab atas kelestarian lingkungan.
Perlu diingat bahwa, bumi ini bukan hanya tempat untuk hidup bagi manusia, tetapi untuk semua makhluk hidup yang terkandung di dalamnya. Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kebersihan udara:
  • Reboisasi atau penanaman kembali hutang yang gundul.
  • Membuat taman atau hutan buatan di kota, fungsinya agar polusi dari kendaraan dan pabrik bisa berkurang
  • Sementara itu, ada banyak kendaraan umum yang terutama menggunakan transportasi umum (tanpa bahan bakar atau bahan ramah lingkungan) dan itu cukup, untuk kendaraan pribadi seperti sepeda, karena tidak mengkonsumsi bahan bakar.
  • Penebangan dengan memilih pohon yang dipilih dan mengingat untuk menanam kembali agar tidak menebang pohon di hutan dengan sembarangan.
  • Jaga kebersihan lingkungan, yang berarti tidak membuang sampah sembarangan maupun limbah.
  • Dan masih banyak cara lainnya untuk menjaga kebersihan udara
Demikian penjelasan tentang Pengertian Udara – Manfaat, Jenis, Fungsi dan Cara Menjaganya. Semoga penjelasan diatas bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua.
Lihat Materi Lainnya :