Pengertian Sejarah

Posted on

44+ Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli dan Secara Umum – apa yang Anda pikirkan ketika ditanya apa sejarah itu? – kebanyakan dari kita pasti akan menjawab – sesuatu yang ada hubungannya dengan masa lalu -. Sebenarnya, sejarah adalah ilmu yang merujuk pada masa lalu, bukan masa kini atau bahkan masa depan. Tapi itu tidak semudah itu, tetapi memiliki makna yang sangat dalam dan berjangkauan luas, jadi mudah untuk merespons perubahan kehidupan jika kita mempelajari ceritanya dengan benar.

Kisah ini berasal dari bahasa Arab dan berasal dari kata Syajaratun, yang berarti pohon. Dengan demikian kisah ini dilambangkan sebagai pohon di mana daun, akar, buah, cabang dan bunga terhubung ke rantai kehidupan yang dinamis. Pohon itu akan selalu tumbuh dan berkembang karena kehidupan manusia akan selalu tumbuh dan berkembang seiring waktu dan tempat.

Selain berasal dari kata Arab syajaratun ada juga kata dalam bahasa Arab lainnya, yang memiliki arti hampir sama dengan kata syajaratun seperti silsilah, sejarah atau legenda, tanggal. Kata genealogi mengacu pada keluarga atau leluhur. Kata story atau saga terkait erat dengan cerita kehidupan individu dan kehidupan keluarga.

Tell adalah kisah tentang kehidupan yang mengubah orang menjadi benda atau yang biasa disebut biografi. Tanggal terkait dengan peristiwa yang sebenarnya terjadi di masa lalu. Dalam bahasa Arab, kata tanggal disamakan dengan sejarah, sedangkan dalam bahasa Indonesia cerita berasal dari kata Arab syajaratun.

Selain kata-kata dalam bahasa Arab, ada juga kata-kata dalam bahasa Nusantara yang artinya mirip dengan sejarah kata. Kata-kata ini termasuk Chronicle (Jawa), Tambo (Sumatra), sastra dan cerita. Selain itu, ada juga istilah dalam bahasa asing, termasuk sejarah dari Inggris, sejarah dari Jerman, Gechiedenis dari Belanda dan Historia dari Yunani kuno.

pengertian sejarah

Berikut ini menjelaskan pemahaman lengkap dari sejarah, baik pemahaman para ahli tentang sejarah dan secara umum.

Pengertian Sejarah Secara Umum

Berikut ini adalah makna historis umum menurut KBBI, Encyclopedia, Wikipedia dan etimologi dan bahasa.

A. Pengertian Sejarah Menurut KBBI

Pemahaman sejarah menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah:

  • asal (silsilah) silsilah
  • Peristiwa dan peristiwa yang sebenarnya terjadi di masa lalu (cerita)
  • Pengetahuan atau deskripsi peristiwa dan peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lalu (ilmu sejarah)

B. Pengertian Sejarah Menurut ensiklopedia

Pemahaman tentang sejarah menurut ensiklopedi adalah ilmu yang dengannya peristiwa-peristiwa penting dari masa lalu manusia diperiksa. Pengetahuan sejarah mencakup pengetahuan tentang peristiwa masa lalu serta pengetahuan tentang cara berpikir historis.

C. Pengertian Sejarah Menurut Wikipedia

Definisi sejarah menurut Wikipedia adalah penyelidikan masa lalu, terutama yang berkaitan dengan manusia.

D. Pengertian Sejarah Menurut etimologi

Pemahaman etimologis cerita berasal dari kata Arab sajaratunyang, yang berarti pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut sebagai tanggal, yang berarti waktu atau kalender.

Kata sejarah semakin dekat dengan bahasa Yunani, historia berarti pengetahuan atau orang bijak. Maka itu menjadi sejarah dalam bahasa Inggris, yang berarti masa lalu manusia. Kata lain yang mendekati rujukan adalah sejarah, yang artinya sudah terjadi.

E. Menurut bahasa

Dari pemahaman etimologis sejarah di atas dapat disimpulkan bahwa pemahaman linguistik sejarah berbunyi sebagai berikut:

  • Dalam bahasa Inggris, kata sejarah itu sendiri berasal dari kata historia, yang memiliki makna untuk masa lalu.
  • Dalam bahasa Arab, kata sejarah disebut sebagai sajaratun (syajaroh), yang berarti pohon dan keturunan. Jika Anda membaca silsilah raja, itu tampak seperti pohon dari yang terkecil hingga yang besar. Kisah demikian ditafsirkan sebagai garis keturunan raja-raja, yang berarti peristiwa pemerintahan keluarga kerajaan yang ada di masa lalu.
  • Bahasa Yunani adalah kata sejarah istoria dan berarti belajar. Jadi, cerita ini adalah ilmu yang membahas peristiwa, peristiwa yang telah terjadi dalam kehidupan manusia di masa lalu.
  • Dalam bahasa Jerman, kata sejarah berarti sejarah dan berarti sesuatu yang telah terjadi di masa lalu kehidupan manusia.
Lihat Materi Lainnya :  Pengertian HAM

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

pengertian sejarah menurut para ahli
pengertian sejarah menurut para ahli

Berikut ini adalah pemahaman sejarah menurut para ahli, baik pakar domestik maupun pakar asing, termasuk para sejarawan di masa lalu.

1. Menurut Muhammad Yamin

Memahami kisah Muhammad Yamin adalah ilmu yang disusun berdasarkan hasil studi beberapa peristiwa yang bisa dibuktikan dengan realitas material.

2. Menurut Moh. Hatta

Pemahaman historis menurut Moh. Hatta adalah bentuknya dari masa lalu. Tidak hanya sejarah menghasilkan kriteria dari peristiwa masa lalu, tetapi pemahaman tentang masa lalu yang mengandung dinamika yang berbeda dapat mencakup pelajaran yang bermasalah untuk orang berikutnya.

3. Menurut Moh. Ali

Pemahaman historis menurut Moh. Ali, cerita ini adalah keseluruhan perubahan dan peristiwa yang benar-benar terjadi. Sejarah adalah ilmu yang meneliti perubahan yang sebenarnya terjadi di masa lalu.

4. Menurut Kuntowijoyo

Pemahaman Kuntowijoyo tentang sejarah adalah masalah fakta diakronis, ideografis, unik dan empiris.

  • Sejarah bersifat diakronis karena berkaitan dengan waktu.
  • Sejarah adalah ideografis karena sejarah menggambarkan dan menceritakan sesuatu.
  • Ceritanya unik karena berisi hasil mengeksplorasi hal-hal unik.
  • Sejarah adalah makna empiris bahwa sejarah didasarkan pada pengalaman nyata manusia.

5. Menurut Rochiati Wiriatmaja

Sejarah menurut Rochiati Wiriatmadja memahami bahwa sejarah adalah disiplin ilmu yang menjanjikan nilai-nilai etika, moral, kebijaksanaan, spiritual dan budaya melalui studi mereka, pedoman keseimbangan hidup, harmoni nilai-nilai, contoh keberhasilan dan kegagalan, dan satu Refleksi pengalaman kolektif yang menjadi kompas untuk kehidupan masa depan.

6. Menurut Nugroho Notosusanto

Menurut Nugroho Notosusanto, konsep sejarah adalah peristiwa di mana manusia telah muncul sebagai makhluk sosial di masa lalu.

7. Menurut Taufik Abdullah

Memahami kisah Taufik Abdullah adalah tindakan manusia dalam periode waktu tertentu di masa lalu yang dilakukan di tempat tertentu.

8. Menurut Roeslan Abdulgani

Menurut Roeslan Abdulgani, ilmu sejarah adalah cabang ilmu yang secara sistematis memeriksa dan meneliti seluruh evolusi masyarakat dan kemanusiaan bersama dengan peristiwa di masa lalu, dan kemudian secara kritis mengevaluasi dan kemudian menggunakan semua hasil penelitiannya sebagai perbendaharaan pedoman untuk penilaian dan penentuan keadaan saat ini dan arah proses di masa depan.

9. Menurut Sartono Kartodirdjo

Memahami kisah Sartono Kartodirdjo adalah cara mewakili pengalaman kolektif di masa lalu, dan itu bisa diungkapkan dengan memperbarui dan menetas pengalaman masa lalu. Menceritakan suatu peristiwa adalah cara untuk mengembalikan peristiwa itu melalui pengungkapan verbal.

10. Menurut W. J. S. Poerwadarminta

Pemahaman Sejarah Menurut W. J. S. Poerwadarminta, dibahas dalam sebuah buku berjudul Kamus Umum Bahasa Indonesia, di mana makna cerita dapat diartikan sebagai berikut:

  • Silsilah atau asal.
  • Peristiwa atau peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lalu.
  • Pengetahuan, pengetahuan, cerita tentang peristiwa atau peristiwa yang sebenarnya terjadi.

11. Menurut Drs Sidi Gazalba

Definisi cerita menurut Dr Sidi Gazalba adalah masa lalu manusia dan lingkungannya yang diatur secara ilmiah dan lengkap, termasuk urutan fakta-fakta waktu, dengan interpretasi dan penjelasan yang menyampaikan pemahaman dan pemahaman tentang apa yang berlaku.

12. Menurut Ismaun

Arti sejarah, menurut Ismaun, adalah ilmu tentang sejarah peristiwa yang benar-benar terjadi atau telah terjadi di masa lalu dalam semua aspeknya. Sejarah adalah catatan yang dipilih dengan cermat atau semua aspek kehidupan manusia di masa lalu.

13. Menurut Ibnu Khaldun

Memahami sejarah Ibnu Khaldun didefinisikan sebagai catatan masyarakat manusia umum atau peradaban manusia yang terjadi dalam karakter / sifat masyarakat ini.

Lihat Materi Lainnya :  Kebugaran Jasmani

14. Menurut Aristoteles

Pemahaman Aristoteles tentang sejarah adalah sistem yang meneliti suatu peristiwa dari awal dalam urutan kronologis. Sejarah adalah peristiwa masa lalu yang memiliki catatan, catatan, atau bukti nyata.

15. Menurut Leopold Von Ranke

Menurut Leopard Von Ranke, definisi dan pemahaman sejarah sangat sederhana, yaitu hal-hal yang sebenarnya terjadi.

16. Menurut Benedetto Croce

Kisah Benedetto Croce adalah catatan penciptaan jiwa manusia di semua bidang teoretis dan praktis. Ciptaan spiritual ini selalu lahir dalam hati dan pikiran para genius, humanis, pemikir yang memprioritaskan tindakan religius dan pemburu.

17. Menurut J.V. Bryce

Definisi cerita menurut J.V. Bryce adalah catatan dari apa yang orang pikirkan, katakan, dan lakukan.

18. Menurut W. W. Walsh

Makna Sejarah setelah W.H. Walsh, yang menafsirkan cerita, menekankan catatan, yang penting dan penting hanya bagi manusia, dan mencakup tindakan dan pengalaman manusia dalam hal-hal penting di masa lalu, meninggalkan sejarah yang bermakna.

19. Menurut J. Bank

Sejarah adalah semua peristiwa / peristiwa masa lalu. Sejarah dapat membantu siswa memahami perilaku manusia di masa lalu, sekarang, dan masa depan. Semua peristiwa yang disebut dalam Pernyataan ini adalah peristiwa atau peristiwa yang berkaitan dengan manusia. Dalam acara atau acara tersebut, ada cara orang berperilaku.

20. Menurut Muthahhari

Menurut Mutahhari, ada tiga cara untuk mendefinisikan sejarah, dan ada tiga disiplin sejarah yang saling tergantung, yaitu:

  • Sejarah tradisional adalah pengetahuan tentang peristiwa, peristiwa dan keadaan kemanusiaan di masa lalu dalam kaitannya dengan kondisi saat ini.
  • Sejarah sains adalah pengetahuan tentang hukum yang tampaknya mendominasi kehidupan masa lalu dan telah diperoleh melalui pendekatan dan analisis peristiwa masa lalu.
  • Filsafat sejarah, yaitu pengetahuan tentang perubahan bertahap yang membawa masyarakat dari satu tahap ke tahap lainnya, membahas hukum yang mengatur perubahan ini. Dengan kata lain, itu adalah ilmu menjadi masyarakat bukannya hanya mewujudkannya.
    Setelah Gustafson

21. Menurut Gustafson,

sejarah adalah puncak dari pengetahuan manusia, dari mana tindakan generasi kita dapat direkam dan dipasang dalam dimensi yang tepat.

22. Menurut Abrami bercanda

Pemahaman tentang sejarah Abramiwitz dapat diartikan sebagai urutan peristiwa yang terjadi dalam suatu peristiwa.

23 Menurut Shefer

Pemahaman Shefer tentang cerita dapat ditafsirkan sebagai peristiwa yang telah berlalu dan benar-benar terjadi.

24. Menurut Thomas Carlyle

Memahami kisah Thomas Carlyle adalah peristiwa masa lalu yang berkaitan dengan biografi orang-orang terkenal. Mereka adalah penyelamat zamannya. Mereka juga orang-orang hebat yang dianggap sebagai fondasi sejarah.

25. Menurut Bernheim

Menurut Bernheim, sejarah adalah ilmu yang melacak dan menempatkan peristiwa temporal dan spasial tertentu dalam kaitannya dengan perkembangan manusia baik secara individu maupun kolektif, sebagai makhluk sosial dalam hubungan sebab-akibat, baik secara fisik maupun mental.

26. Menurut R. G. Collingwood

Memahami kisah R. G. Collingwood adalah cara memeriksa hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia di masa lalu.

27. Menurut Patrick Gardiner

Jika Anda memahami kisah Patrick Gardiner, tujuan cerita ini adalah untuk mempelajari apa yang telah dilakukan manusia.

28. Menurut Herodotus

Jika sejarah dipahami sebagai Herodotus, yang disebut Bapa Sejarah, sejarah dapat diartikan sebagai studi yang menggambarkan siklus naik turunnya seseorang, komunitas, dan peradaban.

29. Menurut William H. Frederick

Menurut William H. Frederick, kata “cerita” berasal dari bahasa Arab “syajaratun”, yang berarti “pohon” atau “keturunan” atau “keturunan”. Dalam bahasa Indonesia itu menjadi “sejarah”. Setelah kata, Syajara atau sejarah berarti gambaran silsilah atau keturunan.

30. Menurut Norman E. Cantor

Kisah Norman E. Cantor adalah studi tentang apa yang telah dilakukan, dikatakan, dan dipikirkan orang di masa lalu.

31. Menurut Robin Winks

Menurut ahli Robin Winks, konsep sejarah adalah penyelidikan manusia dalam kehidupan sosial.

Lihat Materi Lainnya :  Pengertian Komunikasi

32. Menurut Henry Steele Commager

Kisah Henry Steele Commager adalah catatan keseluruhan dari masa lalu literatur hukum, bangunan, lembaga sosial, agama, filsafat, dan segala sesuatu yang diingat orang dalam ingatan manusia.

33. Sunnal dan Haas

Menurut Sunnal dan Haas, sejarah adalah studi kronologis yang menafsirkan dan mencari makna peristiwa dan menggunakan metode sistematis untuk mengungkap kebenaran.

34. Menurut Edward Hallet Carr

Menurut Edward Hallet Carr, sejarah adalah dialog yang tidak pernah berakhir antara saat ini dan masa lalu, proses interaksi terus menerus antara sejarawan dan fakta-fakta yang mereka miliki.

35. Menurut Sir Charles Firth

Memahami kisah Sir Charles Firth bahwa sejarah mencatat kehidupan masyarakat manusia, perubahan dalam masyarakat, mencatat ide-ide yang membatasi tindakan masyarakat, dan mencatat kondisi material yang telah berkontribusi pada perkembangannya atau menghambatnya.

36. Menurut Karl Popper

Menurut Karl Popper, ilmu sejarah adalah ilmu yang tertarik pada peristiwa-peristiwa tertentu dan penjelasannya. Sejarah sering digambarkan sebagai peristiwa masa lalu seperti yang sebenarnya terjadi.

37. Menurut Rober V. Daniels

Menurut Robert V. Daniels, konsep sejarah adalah pengingat akan dasar masa lalu. Sejarah dimaksudkan dalam definisi sejarah manusia sebagai aktor sejarah. Kemampuan manusia adalah kemampuan untuk memahami peristiwa di sekitarnya. Tangkapan akan menjadi memori atau pengingat di dalamnya yang akan menjadi sumber sejarah.

38. Menurut John Tosh

Definisi sejarah setelah John Tosh adalah ingatan kolektif, sumber pengalaman dengan mengembangkan rasa identitas sosial dan prospek masa depan orang-orang ini.

39. Menurut Henri Pirenne Iseorang

Sejarah setelah Henri Pirenne Iseorang diartikan sebagai cerita tentang berbagai peristiwa dan aktivitas manusia yang hidup dalam masyarakat.

40. Menurut Beverley Southgate

Pentingnya Sejarah bagi Beverley Southgate adalah studi tentang masa lalu di mana sebuah studi yang hasilnya idealnya merupakan representasi dari masa lalu. Hasil pembelajaran ini juga dapat bermanfaat sebagai pelajaran moral bagi manusia.

41. Menurut Jan Romein

Menurut Jan Romein, kata sejarah memiliki arti yang sama dengan kata sejarah (Inggris) dan sejarah (Jerman), yaitu cerita tentang peristiwa atau peristiwa yang telah terjadi di masa lalu.

42. Menurut Costa

Kisah Costa dapat didefinisikan sebagai catatan keseluruhan pengalaman manusia. Intinya, cerita ini adalah catatan dari semua pengalaman, baik secara individu maupun kolektif, tentang bangsa di mana masa lalu adalah tentang kehidupan manusia.

43. Menurut Ertis Stern

Versi Ertis Stern dari cerita bersumber dari masalah yang hidup dan bahkan melayani kehidupan masyarakat. Karena itu, sejarah akan berubah, seiring dengan perubahan zaman, harapan dan pikiran ketakutan yang akan tumbuh kemudian.

44. Menurut Ke Cleveland

Menurut Cleveland, sejarah dapat diartikan sebagai konsep yang mengakui kehidupan manusia.

Demikian pemahaman 44+ Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli dan Secara Umum menurut beberapa sumber, baik secara etimologis maupun menurut beberapa pendapat ahli dan kepribadian, yang dianggap berpengaruh dalam disiplin sejarah Imu. Sebagai negara yang besar, negara yang kaya akan sejarah seharusnya memberikan perhatian khusus pada sejarah, khususnya pada sejarah Indonesia.

Jika kita tahu apa sejarah dengan memahami maknanya, kita dapat terus mempelajari sejarah Indonesia dan dunia. Banyak hal yang bisa kita dapatkan dari sejarah.

Melalui cerita kita dapat belajar banyak hal, mengambil pelajaran dari masing-masing peristiwa lampu, untuk mempersiapkan kehidupan masa depan yang lebih baik.

Terlepas dari pendidikan Anda, penting bagi Anda untuk mengetahui ceritanya dan mempelajari pelajaran normatif yang dikandungnya. Rangkaian acara yang terjadi dapat dilihat sebagai memotivasi seseorang untuk lebih baik mempertahankan para pendahulunya.

Baca Juga :