Pengertian Logika-Algoritma,Contoh,Manfaat

Posted on

Pengertian Logika – Pengertian logika adalah? hasil dari pertimbangan akal dan pikiran manusia yang telah diutarakan dengan kata-kata kemudian dinyatakan dalam bahasa. Selain itu akan menjelaskan juga pengertian Algoritma, contoh logika dan manfaat logika yang akan dibahas dibawah ini…

1. Pengertian Logika

Secara umum, pengertian logika merupakan hasil dari pertimbangan akal dan pikiran manusia yang diutarakan dengan kata-kata kemudian dinyatakan dalam bahasa.

Pendapat lain menyebutkan bahwa logika merupakan suatu penalaran yang sudah dilakukan atau bisa dinilai sesuai pada prinsip-prinsip validitas yang ketat. Logika merupakan salah satu cabang filsafat yang telah mempelajari sebuah kecakapan berpikir secara teratur, lurus, dan tepat.

Secara etimologis istilah logika itu yang berasal dari bahasa Yunani, artinya Logos lalu membentuk sebuah kata Logikos dyang artinya yaitu suatu pertimbangan akal atau pikiran yang telah diungkapkan dari kata-kata atau bahasa.

Pengertian Logika Menurut Para Ahli

Agar dapat dengan mudah dalam memahami arti dari logika, maka anda bisa melihat terhadap pendapat beberapa ahli dibawah ini:

1. Aristoteles
Menurut Aristoteles (Harun, 1980), pengertian logika merupakan jaran tentang berpikir secara ilmiahnya berbicara kedalam bentuk pikiran itu sendiri dan hukum-hukum yang telah menguasai pikiran.

2. Jan Hendrik Rapar
Menurut Jan Hendrik Rapar (1996:5), pengertian logika merupakan suatu pertimbangan akal (pikiran) yang telah diatur lewat kata-kata kemudian dinyatakan dalam bahasa.

3. William Alston
Menurut William Alston, logika merupakan studi tentang penyimpulan, secara lebih detail usaha untuk menetapkan suatu ukuran-ukuran untuk memisahkan penyimpulan yang sah dan juga tidak sah.

Baca Juga :  Akuntansi-Pengertian, Manfaat dan Tujuannya

4. R.G. Soekadijo
Menurut R.G. Soekadijo (1983-1994:3), pengertian logika merupakan suatu metode atau teknik yang telah diciptakan dalam meneliti ketepatan suatu nalar.

5. W. Poespoprodjo dan Ek. T. Gilarso
Menurut W. Poespoprodjo dan Ek. T. Gilarso (2006: 13), pengertian logika merupakan suatu ilmu dan kecakapan menalar, kemudian berpikir dengan tepat.

2. Pengertian Algoritma

Algoritma adalah logika, metode dan tahapan “urutan” sistematis yang dapat digunakan dalam memecahkan suatu permasalahan. Algoritma bisa juga diartikan yaitu urutan langkah secara sistematis dan logis. Pada perkembangannya, algoritma banyak sekali digunakan kebidang komputer.

Secara spesifik, pengertian algoritma merupakan metode khusus yang tepat dan telah terdiri dari sekumpulan langkah terstruktur dan ditulis secara matematis yang akan dikerjakan dalam bentuk penyelesaian suatu masalah dengan bantuan sebuah komputer. Jadi dapat diartikan bahwa, algoritma yaitu langkah untuk menyelesaikan suatu masalah yang akan menghasilkan solusi ke dalam bentuk program komputer/pemrograman.

3. Contoh Logika

Beberapa contoh logika, misalnya ada sebuah kalimat atau sebuah pernyataan yang tidak masuk akal, artinya pernyataan tersebut tidak dapat dijelaskan dan penalarannya juga tidak benar.

Misalnya contoh seperti “manusia dapat menahan nafas sampai 5 jam” tentu saja pernyataan itu tidak masuk akal menurut penelitian rata-rata manusia normal pada umumnya dapat menahan nafas selama 30 sampai 60 detik dan pada otak manusia normal akan mengalami gangguan kerusakan secara permanen jika selama 4 menit tidak mendapat oksigen karena tidak bernafas.

Atau pernyataan lainnya seperti ini “manusia dapat bertahan tanpa minum sampai waktu satu bulan” artinya pernyataan tersebut sudah pasti tidak masuk akal, pada penelitian manusia normal dapat bertahan selama 3 sampai 4 hari tanpa minum, tergantung oleh faktor usia, kesehatan tubuh, cuaca, dan lainnya.

Baca Juga :  Pengertian HAM-Secara Umum,Menurut Para Ahli, dan Contohnya

4. Manfaat Logika

Pada dasarnya logika sudah banyak memberi manfaat bagi setiap manusia dalam melakukan berbagai aktifitas. Berikut manfaat logika dibawah ini:

  1. Melatih setiap manusia agar bisa berpikir secara kritis, rasional, lurus, tertib, metodis, dan koheren.
  2. Melatih kemampuan seorang dalam berpikir secara cermat, abstrak, dan objektif.
  3. Meningkatkan kecerdasan dan kemampuan manusia untuk berpikir secara mandiri dan mantap.
  4. Mendorong seseorang dalam berpikir secara sistematis.
  5. Meningkatkan kemampuan manusia untuk melakukan sebuah analisis terhadap suatu permasalahan yang diberikan atau yang terjadi.
  6. Meningkatkan tingkat kesadaran manusia yang pentingnya kebenaran dan dapat menghindari kesalahan dan kesesatan dalam berpikir.
  7. Membantu meningkatkan citra diri pada manusia ketika bisa berpikir secara rasional, kritis, lurus, tertib, metodis, dan koheren.

Demikian pembahasan tentang pengertian logika, pengertian algoritma, manfaat logika dan contoh logika, semoga bisa bermanfaat dan membantu🙂

Baca Juga :