Pengertian Komunikasi

Posted on

Materi pembahasan mengenai Pengertian Komunikasi Adalah – Proses, Fungsi,Tujuan, Jenis, Unsurnya secara lengkap dan terperinci. Kemudian dibahas juga mengenai syarat-syarat komunikasi, silahkan pahami pengertian komunikasi secara umum dan pengertian komunikasi menurut para ahli dibawah ini!

Pengertian Komunikasi
Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Apa itu komunikasi? Memahami komunikasi adalah kegiatan di mana informasi, baik itu berita, ide atau ide, diteruskan dari satu pihak ke pihak lain. Biasanya, kegiatan komunikasi ini dilakukan secara lisan atau lisan untuk memfasilitasi saling pengertian bagi kedua belah pihak.

Secara harfiah, definisi komunikasi adalah interaksi antara dua orang atau lebih untuk menyampaikan pesan atau informasi. Komunikasi secara umum bertujuan untuk berbagi pengetahuan dengan orang lain.

Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang dapat dipahami dan diterima orang lain. Selain sarana verbal, komunikasi juga dapat dengan bahasa tubuh atau menggunakan gerakan untuk tujuan tertentu.

Dalam suatu organisasi atau perusahaan, komunikasi memainkan peran yang sangat penting karena merupakan bentuk koordinasi antara anggota atau tim untuk menyampaikan gagasan dan gagasan. Pada artikel ini kita akan membahas lebih lanjut tentang pemahaman komunikasi dan perannya dalam dunia bisnis.

Komunikasi Menurut Pendapat Ahli

komunikasi adalah
komunikasi adalah

Untuk lebih memahami apa artinya komunikasi, kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli. Pemahaman komunikasi berikut ini telah dijelaskan oleh beberapa ahli:

1. Everett M. Rogers

Menurut Everett M. Rogers, istilah komunikasi adalah proses mentransfer ide dari satu sumber ke satu atau lebih penerima dengan tujuan mengubah perilaku.

2. James A. F. Stoner

Menurut James A. F. Stoner, istilah komunikasi adalah proses bagi seseorang yang mencoba menyampaikan pemahaman dan informasi dengan menyampaikan pesan kepada orang lain.

3. Prof. dr. H. Widjaya

Menurut Prof. Dr. med. H. A. W. Widjaya, yang artinya komunikasi adalah kontak antara dan antara individu dan kelompok.

4. Anderson

Menurut Anderson, istilah komunikasi adalah serangkaian langkah untuk menyampaikan niat yang dinamis dan terus berubah sesuai kondisi.

5. Lexicograph

Menurut lexicographer, definisi komunikasi adalah upaya yang ditujukan untuk berkomunikasi dan mencapai kebersamaan. Sasaran yang ingin dicapai kedua pihak tercapai ketika mereka berkomunikasi dan memiliki pemahaman yang harmonis tentang informasi yang dikirimkan.

6. Aristoteles

Menurut Aristoteles, definisi komunikasi adalah bisnis yang melayani warga sebagai alat untuk berpartisipasi dalam demokrasi.

7. diangkat

Menurut Hoben, definisi komunikasi adalah proses mentransfer pemikiran dan gagasan serta gagasan yang diungkapkan secara lisan.

8. Redi Panuju

Menurut Redi Panuju, istilah komunikasi adalah aliran sistem yang melekat dan kinerja antara bagian-bagian organisasi yang membangkitkan harmoni.

9. Murphy & Mendelson

Menurut Murphy & Mendelson, istilah komunikasi adalah upaya untuk mempertahankan dan membangun hubungan antar manusia.

10. Rogers dan D. Lawrence Kincaid

Menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid, definisi komunikasi adalah fase di mana dua orang atau lebih saling bertukar informasi, yang pada dasarnya mengarah pada saling pengertian yang mendalam.

11. Shannon dan Weaver

Menurut Shannon dan Weaver, pengertian komunikasi adalah suatu bentuk interaksi manusia yang mengikat dan berinteraksi, secara sengaja atau tidak sengaja.

Komunikasi tidak hanya berlangsung dalam bentuk lisan, tetapi juga meliputi ekspresi wajah, teknik, dan seni lukis.

12. Raymond S. Ross

Menurut Raymond S. Ross, istilah komunikasi adalah proses menyaring, menyortir dan memberikan berbagai simbol sedemikian rupa sehingga memudahkan pendengar untuk menghasilkan makna dan rasa hormat dari pemikiran yang sama yang diinginkan komunikator.

13. William Albig

Menurut William Albig, gagasan komunikasi adalah serangkaian tahap transmisi kata yang artinya dilakukan antara individu atau banyak orang.

Baca Juga :  Pengertian Seni

14. William I. Gordon

Menurut William I. Gordon, gagasan komunikasi adalah pertukaran dinamis yang mencakup perasaan dan gagasan.

15. Djenamar SH

Menurut Djenamar SH, istilah komunikasi adalah seni mengkomunikasikan ide dan informasi yang disampaikan kepada orang lain.

16. William F. Glueck

Menurut William F. Glueck, definisi komunikasi dapat dibagi menjadi dua bentuk:

  • Komunikasi Antarpribadi
    Komunikasi interpersonal adalah pertukaran informasi dan transfer pemahaman antara dua atau lebih orang dalam sekelompok kecil orang.
  • Komunikasi Dalam Organisasi
    Komunikasi Organisasi adalah proses dimana pembicara secara sistematis memberikan informasi dan pemahaman kepada individu dalam organisasi dan kepada individu dan lembaga di luar organisasi, tetapi yang masih terhubung dengan organisasi.

Proses Komunikasi

Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator mengkomunikasikan pesan kepada komunikator untuk menciptakan makna yang sama antara komunikator dan komunikator. Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif (konsisten dengan tujuan komunikasi secara umum).

Proses komunikasi, banyak melalui pengembangan. Proses komunikasi dapat terjadi ketika interaksi terjadi antara orang-orang dan pesan dikirimkan untuk mewujudkan motif komunikasi.

Dalam teori komunikasi ada beberapa tahapan proses komunikasi, yaitu: Penafsiran apa yang ditafsirkan sebagai motif komunikasi terjadi dalam komunikator. Yaitu, fase pertama dari proses komunikasi dimulai dengan munculnya motif komunikasi sampai pikiran komunikator berhasil menafsirkan apa yang ia pikirkan dan rasakan ke dalam pesan (yang masih abstrak).

Proses menerjemahkan motif komunikasi ke dalam pesan disebut interpreting. Pengodean, pada tahap ini, masih dalam komunikator pesan, yang secara abstrak dimanifestasikan oleh akal manusia sebagai simbol komunikasi. Fase ini disebut coding, fungsi pikiran manusia sebagai encoder, sebagai alat pengkodean yang mengubah pesan abstrak menjadi yang konkret.

Transmisi: Proses ini terjadi ketika komunikator melakukan operasi komunikasi dan mengirimkan simbol komunikasi dengan peralatan fisik yang disebut pemancar, sarana untuk mengirim pesan. Pada tahap ini, sebuah perjalanan terjadi antara komunikator dan komunikan ketika pesan dikirim sampai pesan diterima oleh komunikan. Penerimaan ditandai pada tahap ini dengan penerimaan simbol komunikasi oleh mitra komunikasi peralatan fisik.

Apa yang dibahas dalam proses komunikasi menyimpulkan bahwa komunikator mengirimkan pesan kepada komunikan sehingga ia dapat menciptakan makna yang sama antara komunikan dan komunikator.

Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif (konsisten dengan tujuan komunikasi secara umum). Proses komunikasi, banyak melalui pengembangan.

Dalam teori komunikasi ada beberapa tahapan proses komunikasi, yaitu: Penafsiran apa yang ditafsirkan sebagai motif komunikasi terjadi dalam komunikator. Yaitu, fase pertama dari proses komunikasi dimulai dengan munculnya motif komunikasi sampai pikiran komunikator berhasil menafsirkan apa yang ia pikirkan dan rasakan ke dalam pesan (yang masih abstrak).

Fungsi Komunikasi

Bahkan, ada banyak fungsi komunikasi yang dapat dirasakan secara individu maupun organisasi oleh manusia. Berikut adalah beberapa fitur komunikasi yang umum:

1. Sebagai alat kontrol

Fungsi komunikasi pertama adalah untuk kontrol atau kontrol. Dalam hal ini, sarana kontrol berarti bahwa dalam komunikasi perilaku individu dapat dikendalikan oleh transmisi aturan yang harus dipatuhi.

2. Sebagai alat motivasi

Komunikasi yang baik dan meyakinkan dapat meningkatkan motivasi untuk melakukan sesuatu. Memberikan informasi yang dapat dicapai dalam kehidupan meningkatkan motivasi.

3. Sebagai ekspresi emosional

Perasaan berbeda yang ada pada satu orang dapat diekspresikan melalui komunikasi dengan orang lain. Perasaan ini bisa bahagia, marah, kecewa, bahagia dan lain-lain.

4. Sebagai alat komunikasi

Melalui komunikasi, kami dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh orang atau kelompok lain, sehingga informasi tersebut dapat digunakan untuk membuat proses pengambilan keputusan yang baik.

Tujuan Komunikasi

tujuan komunikasi
tujuan komunikasi

Semua kegiatan komunikasi dilakukan untuk tujuan tertentu. Tujuan komunikasi umum meliputi:

1. Berkomunikasi komunikator

Tujuan dari komunikasi pertama adalah untuk memastikan bahwa informasi atau pesan dari komunikator dapat dipahami oleh orang lain (komunikan). Oleh karena itu, komunikator harus mengkomunikasikan pesan utama kepada komunikan sejelas mungkin.

Baca Juga :  Pengertian Sejarah

2. Untuk mengenal orang lain

Melalui interaksi dan komunikasi, setiap orang dapat saling mengenali dan memahami. Kemampuan untuk mendengar, membaca dan menafsirkan pesan orang lain dengan baik adalah penting dalam kegiatan komunikasi.

3. Jadi pendapat ini diterima dari orang lain

Komunikasi yang meyakinkan sering dilakukan untuk membagikan ide Anda dengan orang lain. Tujuannya agar gagasan dan gagasan itu diterima.

4. Menggerakan Orang Lain

Komunikasi yang meyakinkan dapat menyebabkan persepsi bersama dengan orang lain. Selain itu, persepsi umum ini digunakan untuk menggerakkan orang lain sesuai dengan keinginan kita.

Model Komunikasi

model komunikasi
model komunikasi

1. Model SR

Stimulus Response Model (S-R) adalah model komunikasi paling dasar. Model khusus ini dipengaruhi oleh disiplin psikologi, terutama sayap behavioris. Model ini memberi tahu kita bahwa komunikasi adalah reaksi sederhana.

2. Model Aristotelian

Model Aristotelian adalah model komunikasi paling klasik, sering disebut sebagai model retoris. Model komunikasi ini terjadi ketika seorang pembicara berbicara kepada audiens untuk mengubah sikapnya. Komunikator mengungkapkan tiga elemen dasar dalam proses komunikasi, yaitu pembicara, pesan dan pendengar.

3. Model Lasswell

Model komunikasi Lasswell adalah ekspresi verbal yang disusun sebagai berikut:

Siapa bilang apa di saluran mana yang berpengaruh ke siapa?

Lasswell mengungkapkan tiga fungsi komunikasi: pemantauan lingkungan, menghubungkan berbagai bagian masyarakat untuk merespons lingkungan, dan mentransfer warisan sosial dari satu generasi ke generasi lainnya.

Jenis komunikasi

Komunikasi didasarkan pada pengiriman sebagai berikut:

1. Komunikasi lisan

Komunikasi terjadi secara langsung atau tatap muka tanpa batasan tertentu. Contoh komunikasi verbal seperti obrolan antara dua orang atau lebih, wawancara, diskusi, rapat, presentasi, seminar, dan lainnya.

2. Komunikasi tertulis

Komunikasi tertulis biasanya dilakukan melalui broker email, WhatsApp, Line, BBM atau media lain untuk mengirim pesan.

3. Komunikasi berdasarkan ruang lingkup

Berdasarkan ruang lingkup komunikasi dapat dibagi menjadi 2, yaitu komunikasi internal dan komunikasi eksternal. Penjelasan berikut:

  • Komunikasi internal: Komunikasi ini berlangsung sampai batas tertentu, misalnya di lingkungan organisasi atau di lingkungan kerja
  • Komunikasi eksternal: komunikasi antara individu atau organisasi dan masyarakat. Contoh komunikasi internal, yaitu konferensi pers, program televisi, siaran radio, layanan sosial, dll.

4. Komunikasi berdasarkan aliran informasi

Aliran komunikasi berbasis informasi dibagi menjadi lima jenis:

  • Komunikasi up: Komunikasi dari bawahan ke supervisor
  • Komunikasi down: Komunikasi ini terjadi antara atasan dan bawahan
  • Komunikasi kesamping: Komunikasi ini dilakukan dengan orang yang memiliki posisi yang sama
  • Komunikasi satu arah: komunikasi dari satu pihak saja. Komunikasi ini biasanya terjadi di fasilitas di mana keadaan darurat terjadi. Jadi harus ada pesta yang memberikan instruksi khusus
  • Komunikasi Dua Arah: Komunikasi ini disebabkan antara dua orang atau lebih, biasanya komunikasi ini berbentuk seperti timbal balik antara satu orang dengan orang lainnya.

Unsur-Unsur Komunikasi

Komunikasi adalah proses pengiriman pesan antara orang-orang yang hanya dapat terjadi ketika ada seseorang yang meneruskan pesan untuk tujuan tertentu kepada seseorang, media, penerima dan efek. Ini biasanya dapat juga disebut sebagai komponen atau elemen komunikasi.

1. sumber

Untuk semua acara komunikasi, sumber ditampilkan sebagai produsen atau pengirim informasi. Dalam komunikasi antar manusia, sumbernya bisa terdiri dari satu orang, tetapi bisa juga dalam bentuk kelompok seperti partai, organisasi atau institusi. Sumber sering disebut sebagai pengirim, komunikator atau dalam bahasa Inggris sebagai sumber, pengirim atau pembuat kode.

2. Pesan

Pesan yang berhubungan dengan proses komunikasi dikirim dari pengirim ke penerima. Pesan dapat disampaikan secara tatap muka atau melalui media komunikasi. Isi pesan dapat berupa sains, hiburan, informasi, saran atau propaganda.

Baca Juga :  Pendidikan Karakter

3. media

Media bertindak sebagai perantara untuk mengkomunikasikan komunikasi dari komunikator kepada publik. Beberapa psikolog menganggap ini dalam komunikasi manusia. Media yang paling dominan dalam komunikasi adalah lima indera manusia, seperti manusia, mata, dan telinga.
Pesan yang diterima dari panca indera kemudian diterima dan diproses dalam pikiran manusia untuk mengendalikan dan menentukan sikapnya terhadap sesuatu sebelum terjadi melalui tindakan.

Namun, media yang disebutkan di sini adalah empat jenis:

  • Media Interpersonal
    Media untuk hubungan pribadi (interpersonal) media yang sesuai adalah kurir / messenger, surat dan telepon.
  • Grup media
    Untuk kegiatan komunikasi yang melibatkan lebih dari 15 peserta, media komunikasi yang paling umum digunakan adalah media grup, mis. Misalnya rapat, seminar, dan konferensi. Rapat sering membahas hal-hal penting yang dilakukan oleh suatu organisasi. Seminar adalah media komunikasi kelompok yang dapat menampung hingga 150 orang. Konferensi adalah media komunikasi yang digunakan oleh anggota atau manajemen organisasi tertentu. Terkadang ada juga orang di luar organisasi, tetapi sebagian besar berstatus pengamat.
  • Media publik
    Media publik dikunjungi oleh lebih dari 200 orang. Contohnya seperti pertemuan besar, pertemuan besar, dan sejenisnya.
  • Media massa
    Media massa adalah khalayak terbesar tanpa mengetahui di mana mereka berada. Karena itu, media massa biasanya digunakan. Media massa adalah alat untuk mengirimkan pesan dari sumber ke penerima. Misalnya: koran, radio, film, televisi, internet, dan lainnya.

4. Penerima

Penerima adalah peserta yang pesannya dikirim dari sumber. Penerima dapat terdiri dari orang yang tahu lebih banyak, mungkin dalam kelompok, pesta atau negara. Nama penerima dapat terdiri dari istilah yang berbeda, misalnya. B. Pemirsa atau Pemirsa.

Proses komunikasi telah dipahami sehingga keberadaan penerima didasarkan pada satu sumber. Jadi jika tidak ada sumber, penerima tidak ada secara otomatis. Penerima adalah elemen penting dalam komunikasi ketika tidak ada penerima yang menyebabkan berbagai masalah yang sering memerlukan perubahan dari sumber, pesan atau saluran.

5. Efek atau Pengaruh

Efeknya adalah perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan dan dilakukan penerima sebelum dan setelah menerima pesan. Pengaruh ini dapat memengaruhi pengetahuan tentang sikap dan perilaku seseorang. Karenanya pengaruh, sikap dan tindakan seseorang sebagai akibat dari menerima pesan.

Syarat-Syarat Komunikasi

Jika Anda ingin berkomunikasi, syarat-syarat tertentu diperlukan. Persyaratannya adalah sebagai berikut.

  1. Sumber: Sumber atau source adalah bahan dasar untuk mengirim pesan untuk memperkuat pesan itu sendiri. Contoh komunikasi adalah orang, lembaga, buku dan banyak lainnya.
  2. Communicator: Seorang komunikator adalah aktor yang menyampaikan pesan. Dia bisa menjadi seseorang yang menulis atau berbicara, dia juga bisa menjadi sekelompok orang atau bahkan organisasi komunikasi seperti film, radio, koran, televisi dan sebagainya.
  3. Komuni: Komuni adalah penerima pesan dalam komunikasi yang dapat berupa orang, kelompok, atau kerumunan.
  4. Pesan: Pesan sepenuhnya ditransmisikan oleh komunikator. Pesan tersebut memiliki tema utama sebagai sutradara untuk mengubah sikap dan perilaku orang lain.
  5. Channels: Channels atau saluran adalah media yang digunakan komunikator untuk mengirimkan pesan. Saluran komunikasi dibagi menjadi beberapa bagian, i. H. Saluran formal atau resmi dan saluran informal atau informal.
  6. Efek: Efek adalah hasil akhir dari komunikasi yang terjadi.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Komunikasi Adalah – Proses, Fungsi,Tujuan, Jenis, Unsurnya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Baca Juga :