Pengertian Budaya

Posted on

Materi pembahasan mengenai Pengertian Budaya Adalah – Definisi, Unsur, Wujud, Fungsi dan Contohnya. Silahkan lihat penjelasan lengkapnya dengan memahami semua pembahasannya sebagai berikut. Pertama-tama pahami terlebih dahulu pengertian budaya secara umum dan menurut para ahli dibawah ini!

Pengertian Budaya
Pengertian Budaya

Pengertian Budaya

Apa yang dimaksud dengan budaya? Secara umum, konsep budaya adalah cara hidup yang dapat ditemukan dalam sekelompok orang yang berevolusi dan diturunkan dari generasi ke generasi.

Ada juga orang yang mengatakan bahwa makna budaya adalah pola kehidupan yang tumbuh dan berkembang dalam sekelompok orang yang mengatur, sehingga setiap individu mengerti apa yang harus dilakukan, dan perilaku manusia dalam berurusan dengan orang lain. mengatur.

Dalam bahasa itu, kata “budaya” berasal dari bahasa Sansekerta, yang merupakan Buddhaya, bentuk jamak dari kata buddhi, di mana artinya adalah semua yang terkait dengan pikiran dan akal manusia. Dalam hal ini, budaya terkait erat dengan bahasa atau jenis komunikasi, kebiasaan di suatu wilayah atau praktik.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa arti budaya, kita bisa merujuk pada pendapat para ahli berikut:

1. Dewan Coenzyaranite

Menurut Koentjaraningrat, istilah budaya adalah semua sistem gagasan, gagasan, selera, tindakan, dan karya yang dihasilkan oleh orang-orang dalam kehidupan sosial dan yang kemudian menjadi klaim manusia melalui pembelajaran.

2. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi

Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, konsep budaya adalah semua pekerjaan, rasa dan kreativitas masyarakat. Karya itu mencakup produk teknologi dan bahan-bahan lainnya, rasa meliputi jiwa manusia, yang sejalan dengan norma dan nilai sosial, sementara kreativitas mencakup kemampuan kognitif dan mental untuk mempraktikkan apa yang mereka ketahui.

3. Ralph Linton

Menurut Ralph Linton, konsep budaya adalah semua pengetahuan, pola pikir, perilaku atau sikap yang menjadi kebiasaan masyarakat di mana ia dimiliki dan diturunkan dari generasi ke generasi leluhur.

4. Edward Burnett Tylor

Menurut Edward Burnett Tylor, makna budaya adalah kompleksitas total dari sains, seni, kepercayaan, moralitas, hukum, adat istiadat, dll, yang diterima individu sebagai anggota masyarakat.

5. Levi Strauss

Konsep budaya, menurut Levi Strauss, merupakan perwujudan komponen struktural sosial yang berasal dari pikiran manusia dan berulang kali dilakukan untuk pembentukan kebiasaan.

Baca Juga :  Perbedaan AM dan PM

6. Melville J. Herskovits

Menurut Melville J. Herskovits, konsep budaya adalah produk manusia sebagai bagian dari lingkungannya. Artinya, manusia selalu berada di lingkungan dan menghasilkan produk dalam bentuk budaya.

Unsur-Unsur Budaya

Unsur Budaya

Budaya terdiri dari beberapa elemen kompleks, seperti sistem keagamaan, adat istiadat, politik, bahasa, alat, karya seni, dan hal-hal lain yang merupakan bagian dari manusia. Ada berbagai pendapat ahli tentang elemen budaya, termasuk:

1. Melville J. Herkovits dan Bronislaw Malinowski

Menurut Melville J. Herkovits dan Bronislaw Malinowski, ada empat unsur budaya, yaitu:

  • Sistem norma yang memungkinkan terciptanya tindakan kooperatif dari sekelompok orang untuk mendominasi lingkungan alam.
  • Organisasi ekonomi yang memungkinkan orang untuk bertahan hidup dan berkembang.
  • Institusi pendidikan yang memfasilitasi proses sosialisasi norma dan nilai sosial di masyarakat.
  • Memperkuat organisasi yang memungkinkan inisiatif untuk mengatur kehidupan sosial.

2. Clyde Kluckhohn

Menurut Clyde Kluckhohn, ada tujuh elemen yang membentuk budaya atau budaya, yaitu:

  • Bahasa yang meliputi bahasa lisan dan tulisan yang memiliki fungsi interaktif dan merupakan tanda budaya suatu peradaban.
  • Sistem pengetahuan yang mencakup pengetahuan tentang berbagai hal seperti perilaku sosial, organ manusia, waktu, flora dan fauna, dll.
  • Sistem keagamaan itu mencakup aliran keyakinan atau agama masyarakat. Kegiatan elemen budaya dari sistem keagamaan seperti upacara atau tradisi kepercayaan tertentu.
  • Sistem kehidupan manusia, yang meliputi metode bertahan hidup manusia. Kegiatan seperti pertanian, perdagangan, pertanian dan sebagainya.
  • Sistem teknologi manusia yang meliputi peralatan produksi, peralatan transportasi, proses distribusi, komunikasi, serta tempat untuk menyimpan perbedaan dan / atau orang. Rumah, senjata dan alat adalah elemen budaya peradaban manusia.
  • Sistem sosial yang meliputi sistem keluarga, kekerabatan, komunitas, organisasi dan negara. Sejak lahir, orang telah menjadi bagian dari organisasi, keluarga, dan mereka terlibat dalam kegiatan keagamaan.
  • Seni itu mencakup berbagai bentuk seni, seperti musik, tari, lukisan, sastra, arsitektur dan lain-lain. Setiap karya manusia yang mengandung seni adalah elemen budaya.

Fungsi Budaya

Fungsi Budaya

Suatu budaya harus memiliki fungsi. Fungsi budaya yang paling penting adalah bahwa budaya memungkinkan kita untuk mempelajari warisan dari leluhur kita. Budaya dan semua elemennya terikat waktu dan tidak statis.

Budaya dapat berubah jika ada faktor-faktor yang mendorong perubahan ini. Faktor-faktor ini juga menentukan seberapa cepat atau lambat budaya berubah.

Berikut adalah beberapa fitur dan manfaat budaya:

  • Memberi rasa toleransi dan empati.
  • Komunitas menjadi lebih hormat.
  • Ciptakan sarana untuk membangun sosialisasi.
  • Sebagai media pembelajaran.
  • Mempromosikan nasionalisme.
  • dan sebagainya.
Baca Juga :  Pengertian Seni

Wujud Kebudayaan

wujud budaya

Tentu saja, setelah memahami pemahaman budaya dan unsur-unsurnya, kita juga perlu tahu apa manifestasi budaya itu dalam kehidupan manusia. Bentuk budaya adalah sebagai berikut:

1. Gagasan atau Ide

Ide-ide atau gagasan ini ada dalam pikiran sadar atau manusia yang membentuk pola pikir atau pola pikir. Dengan kata lain, orang memiliki harapan atas segala yang mereka lihat dan hidup setiap hari.

2. Kegiatan

Aktivitas adalah suatu kegiatan atau tindakan manusia yang dibentuk dalam sistem sosial dan mengarah pada interaksi antar individu dalam masyarakat. Aktivitas berjalan sesuai dengan kebiasaan setiap orang.

3. Hasil Budaya

Ini adalah karya yang merupakan hasil aktivitas manusia, baik fisik maupun abstrak. Gagasan yang diekspresikan dalam aktivitas manusia menciptakan sesuatu yang dapat langsung dilihat, didokumentasikan, dan diamati.

Contoh Budaya

Indonesia adalah negara dengan beragam budaya yang telah hidup bersama dalam damai dan damai selama bertahun-tahun. Tidak lagi mengejutkan bahwa banyak komunitas eksternal tertarik untuk mempelajari budaya Indonesia. Berikut ini adalah contoh budaya Indonesia yang dilestarikan hingga saat ini:

1. Ngaben

ngaben

Ngaben adalah tradisi Bali dalam perawatan almarhum. Orang Bali percaya bahwa api akan menyucikan dirinya sendiri, sehingga orang yang meninggal akan mengadakan upacara tertentu, yang kemudian dibakar menjadi abu. Abu tersebut kemudian dikumpulkan dalam wadah atau di tempat yang larut di laut.

2. Yamko Rambe Yamko

 Yamko Rambe Yamko

Yamko Rambe The Yamko lho mungkin hanya sebuah lagu dari orang Papua. Sebenarnya, Yamko Rambe Yamko bukan hanya sebuah lagu, tetapi juga sebuah puisi tentang kesedihan yang disebabkan oleh perang. Puisi ini ditulis pada zaman kuno sejak zaman kolonial. Hingga hari ini, orang-orang di Papua masih sering menggunakannya dalam upacara peringatan.

3. Tradisi Pembakaran Batu

Tradisi Pembakaran Batu

Tradisi Batu Bakar juga merupakan bagian dari budaya masyarakat Indonesia Timur. Orang-orang Timur akan membakar batu untuk berterima kasih kepada Tuhan atas berkah dan panen berlimpah. Bakar Batu juga merupakan simbol perdamaian atau gencatan senjata, karena selalu terjadi bentrokan antar suku di Indonesia Timur.

4.Tanam Sasi

Tanam Sasi

Menanam Sasi adalah bagian dari upacara kematian yang dilakukan oleh salah satu suku di Kabupaten Merauke. Sasi adalah kayu yang ditanam untuk memperingati 40 hari setelah kematian manusia. Kemudian Sasi dipanggil kembali setelah peringatan 1000 tahun kematiannya.

Baca Juga :  Pengertian Kewirausahaan

5. Wiwitan

Wiwitan

Wiwitan adalah tradisi yang dipraktikkan oleh banyak orang Jawa yang mencari nafkah sebagai petani untuk berterima kasih atas hasil panen mereka. Tradisi Wiwitan dilakukan dengan membantai ayam-ayam asli, kemudian menyajikannya dengan nasi uduk dan membagikannya kepada tetangga. Selain itu, petani yang bersangkutan juga akan membuat penawaran tertentu di ladang dan di dekat panen mereka.

Ciri Ciri Budaya

ciri ciri budaya

Suatu budaya memiliki nilai dan karakteristik tertentu. Berkenaan dengan konsep budaya, karakteristik budaya adalah sebagai berikut:

  • Budaya dapat melambangkan suku atau wilayah tertentu.
  • Budaya harus menjalani proses belajar dan bukan yang alami.
  • Budaya dapat diturunkan dari generasi ke generasi.
  • Budaya dapat disebarkan melalui komunikasi kepada individu, kelompok, dan generasi berikutnya.
  • Budaya itu manis karena dapat berubah dari waktu ke waktu.
  • Budaya selektif dan menunjukkan pengalaman dan pola perilaku manusia.
  • Elemen budaya dapat dihubungkan bersama.
  • Orang cenderung mengatakan bahwa budaya mereka adalah yang terbaik.
  • Budaya dapat berubah sebagai hasil dari proses globalisasi.

Faktor Kebudayaan

faktor kebudayaan

Proses pembentukan budaya dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor pendorong maupun faktor penghambat. Setelah memahami budaya, beberapa faktor ini adalah:

1. Faktor Pendorong Adanya Budaya

  • Niat masyarakat untuk melestarikan budaya mereka.
  • Ada gerakan pengikut yang ingin melanjutkan budaya.
  • Adanya kecintaan terhadap budaya pada manusia.
  • Keinginan masyarakat untuk melestarikan budaya agar tidak hilang.
  • Terjadinya perubahan lingkungan yang mendukung pengembangan suatu budaya.

2. Faktor yang Menghambat Adanya budaya

  • Telah masuk budaya asing, yang kemudian menggeser keberadaan budaya lokal.
  • Masyarakat tidak merasa ingin melestarikan budaya.
  • Generasi selanjutnya yang tidak peduli dengan keberadaan suatu budaya.
  • Ada anggapan bahwa budaya tertentu sudah tua, jadi tidak ada keinginan untuk melestarikannya.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Budaya Adalah – Definisi, Unsur, Wujud, Fungsi dan Contohnya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Baca Juga :