Pengertian Administrasi

Posted on

Materi pembahasan mengenai Pengertian Administrasi, Fungsi, Tujuan, Jenis, Ciri dan Unsurnya. Silahkan simak pembahasan lengkap dan jelasnya dibawah ini! Pertama-tama pahami dulu pengertian administrasi secara umum dan menurut para ahlinya.

Pengertian Administrasi
Pengertian Administrasi

Pengertian Administrasi

Apa yang dimaksud dengan administrasi? Memahami administrasi adalah bentuk bisnis dan aktivitas yang terkait dengan pengaturan kebijakan untuk mencapai tujuan organisasi. Administrasi memainkan peran yang sangat penting dalam semua kegiatan organisasi.

Selain itu, konsep administrasi dapat diartikan secara sempit sebagai bentuk kegiatan yang mencakup catatan, korespondensi, akuntansi sederhana, pengetikan dan kegiatan teknis administratif lainnya. Pemahaman komprehensif tentang manajemen mencakup semua proses kolaborasi antara dua atau lebih individu yang bertujuan untuk mencapai tujuan melalui penggunaan fasilitas dan infrastruktur tertentu secara efisien dan efektif.

Dari definisi administrasi ini kita dapat mengetahui 3 hal penting berikut:

  • Administrasi adalah seni dan proses. Sebagai sebuah seni, administrasi memerlukan tip khusus yang kondisional dan situasional, karena mereka selalu berhubungan dengan situasi, keadaan, waktu dan tempat.
  • Dalam administrasi ada unsur-unsur tertentu, termasuk; Ada dua orang atau lebih yang terlibat. Kolaborasi terjadi antara individu formal dan hierarkis yang memiliki tujuan tertentu. Ada tugas, ketersediaan sarana dan prasarana.
  • Administrasi muncul bersamaan dengan munculnya peradaban manusia, di mana administrasi bertujuan untuk mencapai tujuan bersama.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli administrasi menjelaskan definisi administrasi, termasuk:

1. George R. Terry

Menurut George R. Terry, istilah administrasi adalah merencanakan, mengelola, mengatur, dan memobilisasi pekerjaan kantor untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

2. Arthur Grager

Menurut Arthur Grager, konsep administrasi adalah fungsi mengelola komunikasi dan layanan suatu perusahaan.

3. Sondang P. Siagian

Menurut Sondang P. Siagian, pentingnya administrasi adalah segala bentuk kerja sama antara dua orang atau lebih, berdasarkan pada rasionalitas yang telah dipilih untuk mencapai tujuan yang diberikan.

4. Ulbert

Dalam arti yang lebih luas, manajemen adalah pengumpulan dan pengumpulan data / informasi yang sistematis baik secara internal maupun eksternal untuk menyediakan informasi dan memfasilitasi pemulihan sebagian atau total. Definisi administrasi dalam arti yang lebih sempit sekarang disebut administrasi.

Lihat Materi Lainnya :  Perbedaan AM dan PM

5. Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson

Menurut Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson, istilah administrasi adalah bagian dari ilmu manajemen yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan kantor yang efisien, kapan dan di mana pekerjaan perlu dilakukan.

Fungsi Administrasi

Berikut adalah beberapa fungsi administrasi dalam organisasi:

1. Perencanaan (Planning)

Perencanaan adalah kegiatan perencanaan yang memerlukan aktivitas administratif dari pengumpulan data hingga pemrosesan data hingga perencanaan.

2. Penyusunan (Organizing)

Dalam pengorganisasian, komunikasi kerja antara anggota organisasi diatur dan dibangun untuk mencapai unit bisnis untuk mencapai tujuan organisasi

3. Koordinasi (Coordinating)

Koordinasi adalah bagian dari fungsi manajemen yang melakukan serangkaian kegiatan untuk memastikan aliran yang lancar dengan menghindari kekacauan, tabrakan dan pembatalan kegiatan dengan menghubungkan, menggabungkan dan mengadaptasi pekerjaan bawahan ke kolaborasi yang direncanakan Tujuannya adalah tujuan organisasi.

4. Pelaporan (Reporting)

Pelaporan adalah transmisi perkembangan atau hasil dari suatu kegiatan dengan memberikan laporan lisan atau tertulis tentang peran dan fungsi pejabat senior untuk mendapatkan gambaran umum tentang pelaksanaan tugas-tugas anggota organisasi.

5. Penganggaran (Budgeting)

Penganggaran adalah perencanaan dan manajemen keuangan dan anggaran dalam suatu organisasi yang sedang berlangsung.

6. Penempatan (Staffing)

Penempatan atau staffing adalah kegiatan yang berkaitan dengan personel dan sumber daya lainnya dalam suatu organisasi. Mulai dari perekrutan pekerja, pengembangan, peralatan dalam organisasi.

7. Aarahan atau Bimbingan (Directing)

Sutradara adalah interaksi dengan anggota organisasi dalam bentuk instruksi, saran, dan perintah sehingga tugas tersebut dilakukan dengan baik untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Tujuan Administrasi

Tujuan administratif dibagi menjadi dua area:

1. Tujuan jangka panjang

Tujuan jangka panjang lebih untuk organisasi itu sendiri, yaitu dengan adanya pola administrasi yang bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi. Pada dasarnya, tujuan jangka panjang tidak ditentukan oleh siapa pun di organisasi, tetapi oleh pemilik organisasi:

  • Ideal
  • Administrasi bersifat umum
  • Kualifikasinya tidak terbatas

2. Tujuan administrasi jangka pendek

Tujuan jangka pendek organisasi lebih rendah dan biasanya ditetapkan oleh sub-divisi Departemen Kebijakan. Tujuan jangka pendek spesifik, cakupannya rendah, kualifikasi terbatas.

Lihat Materi Lainnya :  Kebugaran Jasmani

Jenis Administrasi

Jenis administrasi berikut ini lebih lengkap:

1. Administrasi Negara

Administrasi negara adalah serangkaian kegiatan yang diselenggarakan dan ditujukan untuk aparatur negara atau pemerintah. Administrasi negara dirancang sehingga tujuan negara dapat dicapai secara efisien, sederhana dan dengan kepentingan rakyat. Secara teknis, contoh-contoh berikut termasuk dalam administrasi negara:

  • Reorganisasi Kabinet Presiden.
  • Peraturan untuk pembentukan badan pemerintahan dan komisi.
  • Prosedur untuk menyediakan layanan kepada masyarakat.
  • dan masih banyak lagi.

2. Administrasi Kepegawaian

Manajemen personalia adalah segala aktivitas yang terkait dengan karyawan atau karyawan yang akan melakukan pawai.

Jika ada petugas administrasi yang mencatat semua kegiatan, baik pemeliharaan maupun pembangunan semua pekerja sesuai dengan beban kerjanya. Berikut ini adalah fungsi Administrasi kepegawaian :

  • fungsi bimbingan
    Peran manajer adalah fitur yang membantu mengelola karyawan untuk memaksimalkan peran pemikiran, seperti: Merencanakan, menganalisis masalah, bernegosiasi dan mengelola.
  • Fungsi teknis
    Merupakan fungsi administrasi yang berkaitan dengan teknik fisik seorang karyawan, seperti aturan untuk jam kerja, pensiunan, pengadaan, transfer, dll.

3. Administrasi Perkantoran

Merupakan pengaturan kegiatan sehari-hari di sebuah kantor dinas baik secara internal maupun eksternal. Kegiatan manajemen kantor meliputi penangkapan, perencanaan keuangan, pengambilan karyawan, penagihan, distribusi barang dagangan, inventaris, pertemuan, dan banyak lagi.

Sementara tugas pegawai kantor tergantung pada posisi dan fungsi yang ditugaskan untuk setiap administrator kantor.

4. Administrasi Keuangan

Apakah tata kelola keuangan di lembaga tingkat organisasi kecil sampai pelaksanaan anggaran negara. Manajemen keuangan meliputi pelaporan keuangan, penganggaran, penggunaan keuangan, pelaporan dan pertanggungjawaban dana yang dialokasikan.

Ada administrator keuangan yang kompeten dalam perbendaharaan, biasanya dipanggil oleh bendahara. Bendahara berkewajiban untuk menyimpan buku sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ciri Ciri Administrasi

Administrasi memiliki beberapa fitur, dalam kegiatan administrasi, ada beberapa fitur yang mudah dikenali, termasuk:

  • Administrasi memiliki tujuan yang jelas.
  • Dalam administrasi ada sekelompok orang, yang terdiri dari dua orang atau lebih.
  • Administrasi selalu dikaitkan dengan kegiatan kolaboratif.
  • Ada proses bisnis atau kerja dalam administrasi.
  • Kegiatan administrasi selalu memiliki bimbingan, bimbingan dan pengawasan.

Unsur Unsur Administratif

Selain memahami istilah administrasi, beberapa elemen penting harus ada di bidang bisnis. Menurut The Liang Gie, harus ada 8 elemen:

Lihat Materi Lainnya :  Pengertian Budaya

1. Organisasi

Tempat di mana kegiatan administrasi dilakukan. Dalam perekonomian, karyawan dikelompokkan bersama dalam satu wadah.

2. Manajemen

Alat utama untuk administrasi. Ada regulator, perusahaan yang bergerak, manajer dan staf operasional. Dalam manajemen, masih dibagi menjadi tiga kelompok; manajemen senior, manajemen menengah dan manajemen rendah (mandor).

3. Komunikasi

Administrasi juga mengatur pola komunikasi antar departemen. Misalnya dengan surat atau pesan.

4. Kepegawaian
Ini mengacu pada penggunaan karya yang dikenal. Dalam administrasi, ada proses terkait, yaitu; Rekrutmen, penempatan, penggunaan, dan pemutusan hubungan kerja.

5. Keuangan

Ini menyangkut pembiayaan kontrak kerja sama mulai dari penggalangan dana hingga akuntabilitas.

6. Pengiriman

Dipengaruhi oleh pengadaan barang, penyimpanan, dan relokasi. Administrasi menyisir barang-barang yang dibutuhkan untuk pekerjaan dan tidak.

7. Tata Usaha

Termasuk kegiatan perekaman, penyimpanan, dan pengiriman.

8. Hubungan Masyarakat

Administrasi memiliki aturan untuk berurusan dengan publik, khususnya konsumen.

Ruang Lingkup Administrasi

Area berikut terdiri dari informasi atau informasi tentang sesuatu atau peristiwa yang terutama diperoleh dengan membaca atau mengamati. Lingkup administrasi menurut (Gie, 2007: 16), yaitu:

1. Menghimpun

Merupakan kegiatan mencari dan mengumpulkan informasi atau informasi secara terperinci dan kemudian menyimpannya untuk tujuan sehingga dapat digunakan nanti sesuai kebutuhan.

2. Buat catatan / tulis / ketik

Ini adalah kelanjutan dari kegiatan pengumpulan data sehingga dapat disimpan, dibaca atau dikirim.

3. Mengelola

Kelola atau analisis segala bentuk data manajemen yang sudah ada atau sudah ada untuk mendapatkan hasil dari data yang dikumpulkan.

4. Menyimpan

Kegiatan ini untuk membuat cadangan dokumen atau mendokumentasikan data dengan berbagai cara untuk digunakan kembali nanti, jika perlu.

5. Mengirim

Apakah kegiatan untuk mentransfer data atau file dari dalam organisasi atau dari luar organisasi ke pihak lain.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Administrasi, Fungsi, Tujuan, Jenis, Ciri dan Unsurnya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Baca Juga :