Not Angka Lagu Indonesia Raya Untuk Pianika Lengkap

Posted on

Not Angka Lagu Indonesia Raya Untuk Pianika Lengkap – Indonesia Raya merupakan sebuah lagu kebangsaan Republik Indonesia. Awalnya lagu ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang komponisnya yang bernama, Wage Rudolf Soepratman, tanggal 28 Oktober 1928. Ketika Kongres Pemuda II di Batavia. Lagu Indonesia Raya menandakan pada suatu kelahiran pergerakan nasionalisme seluruh nusantara yang berada di Indonesia untuk mendukung ide satu “Indonesia” yang menjadi penerus Hindia Belanda, daripada dipecah menjadi beberapa bagian koloni.

Pada stanza pertama dari lagu Indonesia Raya ini dipilih sebagai lagu kebangsaan pada saat Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, tanggal 17 Agustus 1945.

Lagu Indonesia Raya dinyanyikan atau dimainkan ketika melaksanakan upacara bendera. Kemudian bendera Indonesia dinaikkan pada tiang bendera yang berdiri kokoh dengan khidmat dan gerakan yang sudah diatur sedemikian agar bendera tersebut mencapai puncak pada tiang bendera saat lagu telah berakhir. Upacara bendera ini yang paling utama diadakan setiap tahunnya pada tanggal 17 Agustus dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia, yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia.

Setiap masyarakat yang hadir ketika Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan atau dimainkan, wajib berdiri secara tegak dan dengan sikap hormat sampai berakhirnya lagu tersebut.

Not Angka Lagu Indonesia Raya

Sejarah Lagu Indonesia Raya

Sejarah lagu Indonesia Raya yang telah diciptakan oleh seorang yang bernama WR Supratman dan dikumandangkan (nyanyikan) pertama kali secara umum pada Kongres Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 di Jakarta (ketika usia 25 tahun), kemudian disebarluaskan oleh koran Sin Po dalam edisi bulan November tahun 1928. Naskah itu ditulis WR Supratman menggunakan Tangga Nada C atau natural (sebagai catatan Djangan Terlaloe Tjepat).

Baca Juga :  Not Angka Lagu Mengheningkan Cipta (Gambar + Lirik)

Namun pada sumber lain yang sudah ditulis oleh WR Supratman menggunakan Tangga Nada G (sesuai dengan keahlian umum orang menyanyi di rentang a – e) dan dengan irama Marcia. Lalu seorang bernama Jos Cleber (1950) menuliskan memakai irama Maestoso con bravura (dengan kecepatan metronome 104).

Lagu kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza yang telah ditulis liriknya oleh seorang komposer dan sekaligus seorang wartawan yang bernama Wage Rudolf (WR) Supratman ini memiliki sejarah yang sangat panjang. Mungkin, hanya bait lirik satu stanza saja yang akrab terdengar di telinga kita, sementara dengan dua stanza lainnya jarang terdengar atau belum sama sekali. Karena, baru dua tahun ini pemerintah Indonesia memperkenalkan kepada anak-anak sekolah.

Lagu Indonesia Raya dapat dimainkan dan di nyanyikan menggunakan banyak alat musik, akan tetapi yang sangat sering dipakai adalah piano atau versi kecilnya pianika. Berikut ini sekumpulan Not angka lagu Nasional yang telah diciptakan oleh W.R Supratman dengan judul “Indonesia Raya”. Not angka tersebut bisa kalian mainkan dengan pianika, piano atau alat musik lainnya sesuai dengan not dibawah ini sob!

Not Angka Lagu Indonesia Raya

Demikian penjelasan singkat mengenai Not Angka Lagu Indonesia Raya Untuk Pianika Lengkap, not diatas bisa kalian gunakan pada alat musik piano maupun pianika. Jika kalian pertama kali mencoba memainkan not lagu indonesia raya ini, diusahakan kalian harus menghafal lirik dan bunyi nadanya tersebut agar pada saat mencoba memainkan menggunakan piano atau pianika, kalian akan menguasai not tersebut dengan waktu yang singkat. Semoga penjelasan singkat diatas bisa berguna dan bermanfaat bagi yang telah membaca artikel diatas. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa membagikannya kepada teman-teman sob!

Baca Juga :  Not Angka Pianika Lagu Akad Payung Teduh Full Lengkap

Baca juga : Not Angka Pianika Lagu Akad Payung Teduh Full Lengkap