Macam-Macam Tendangan Bebas Dalam Sepak Bola dan Pengertiannya

Posted on

Macam-Macam Tendangan Bebas Dalam Sepak Bola dan Pengertiannya – Sepak bola adalah salah satu cabang olahraga yang tidak asing lagi di telinga semua orang, seperti halnya di Indonesia. Hal ini karena penggemar sepak bola di Indonesia sangat lah banyak mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Mungkin kita salah satu orang yang menggemari jenis permainan ini. Namun, banyak orang yang belum memahami peraturan yang ada didalam sepak bola. Salah satu contoh yang sering terjadi di dalam permainan sepak bola adalah tendangan bebas. Tendangan bebas ini banyak sekali macam-macamnya. Sebelum mengetahui lebih lanjut, silahkan lihat penjelasan lengkapnya tentang pengertian dan macam-macam tendangan bebas dalam sepak bola dibawah ini gaes!

Macam-Macam Tendangan Bebas

Pengertian Tendangan Bebas

“Tendangan bebas atau disebut juga dengan (free kick) merupakan tendangan yang diperoleh ketika tim lawan melakukan sebuah pelanggaran dalam sepak bola. Tendangan bebas adalah bentuk hadiah dari pelanggaran yang sudah dilakukan oleh tim lawan”.

Tendangan bebas ini berbeda dengan tendangan penalti. Jika dalam pelanggaran yang disebabkan oleh tim lawan dan dilakukan di area kotak penalti, maka tendangan bebas tersebut merupakan tendangan penalti. Tendangan penalti ini dilakukan pas pada titik penalti tanpa dihadang oleh seorang tim lawan.

Namun, untuk tendangan bebas ini dapat dilakukan di titik mana saja (tidak di kotak penalti) sesuai dengan dimana letak yang dilanggar. Jika terlalu dekat dengan gawang dari tim lawan, umumnya dilakukan kurang lebih dengan jarak 9 meter bebas halangan dengan tim lawan. Pada tim lawan hanya diperbolehkan menghadang bola dengan berdiri 3 sampai 5 orang pemain. Posisi pagar betis dilakukan dengan berdempetan dan bagian lengan menutup dada dan organ vital yang berbahaya lainnya.

Baca Juga :  Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Nasional Internasional FIFA Lengkap

Macam-Macam Tendangan Bebas Dalam Sepak Bola

Pengertian Tendangan Bebas

Jenis-Jenis Tendangan Bebas

A. Berdasarkan Jaraknya

Berdasarkan dengan jaraknya tendangan bebas dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu :

  1. Tendangan Bebas Jarak Jauh
    Apabila jarang tendangan bebas yang dilakukan terlalu jauh dari gawang, maka tendangan bebas itu tidak akan mendapat penjagaan atau dihadang oleh tim lawan. Biasanya tendangan bebas tersebut akan melambung jauh atau bisa juga di oper kepada teman yang dekat.
  2. Tendangan Bebas Jarak Dekat
    Selanjutnya tendangan bebas jarak dekat yang menggunakan pagar atau penghadang oleh tim lawan untuk melakukan penjagaan pada gawang mereka. Tendangan bebas bisa dipakai sebagai umpan atau secara langsung ditendang ke arah gawang lawan yang dituju. Tendangan bebas jenis ini memiliki banyak peluang persentase gol yang besar, karena beberapa teman berada diarea kotak penalti yang menunggu operan dari penendang tersebut.

B. Berdasarkan Teknisnya

Berdasarkan dengan teknisnya tendangan bebas dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu :

  1. Tendangan Bebas langsung
    Tujuan dari tendangan bebas ialah menendang secara langsung ke arah gawang lawan dengan bertujan untuk mencetak gol secara langsung. Pemberian pada tendangan bebas secara langsung ini diakibatkan oleh tim lawan karena telah melanggar peraturan seperti halnya seorang pemain menendang atau berusaha menendang sang lawan baik sengaja atau tidak, menabrak seorang pemain lawan, memukul, mendorong, dan menarik anggota tubuh lawan maupun pakaianya.
  2. Tendangan Bebas Tidak Langsung
    Selanjutnya tendangan bebas tidak langsung adalah sebuah tendangan bebas yang mana bola tersebut tidak langsung di tendang ke arah gawang tetapi di oper kepada teman satu tim. Tendangan bebas ini didapatkan karena tim lawan yang sudah melanggar peraturan seperti melakukan permainan yang sangat berbahaya, menghalangi suatu pergerakan pemain lawan menggunakan badan, dan menghalangi kiper mengambil bola ketika kartu kuning atau kartu merah sedang diberikan.
Baca Juga :  Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Nasional Internasional Lengkap

Jarak Tendangan Bebas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tendangan bebas ini bisa terjadi dimana saja, bukan berada di area kotak penalti tim lawan saja. Namun ada peraturan apabila pelanggaran terjadi terlalu dekat dengan gawang tim lawan, maka akan diambil dengan jarak kurang lebih 9 meter yang bebas dari pagar atau halangan tim lawan. Pada pemain tim yang defense diperbolehkan untuk berdiri menahan bola dengan jarak kurang lebih 9 meter dan berbaris seperti pagar sekitar 3 sampai 5 orang.

Demikian penjelasan lengkap mengenai Macam-Macam Tendangan Bebas Dalam Sepak Bola dan Pengertiannya. Semoga penjelasan diatas bisa berguna dan bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih telah berkunjung sob!

Baca Juga :