Macam Macam Gaya Renang Beserta Gambarnya, Teknik dan Fungsinya

Posted on

Macam Macam Gaya Renang Beserta Gambarnya, Teknik dan Fungsinya – Renang adalah salah satu cabang olahraga air yang dapat menyehatkan tubuh. Karena ketika berenang seluruh bagian anggota tubuh bergerak aktif, sehingga olahraga renang merupakan jenis olahraga yang kompleks pada kesehatan seluruh tubuh. Akan tetapi, kita harus memiliki sebuah keahlian dalam berenang, karena jika tidak memiliki keahlian badan kita bukannya mengambang diatas permukaan air justru malah tenggelam.

Olahraga renang memang menjadi cabang olahraga yang diperlombakan secara resmi baik nasional maupun internasional, juga termasuk kedalam Olimpiade sebagai ajang olahraga terbesar di dunia. Pada Olimpiade ada 4 teknik dasar renang yang umumnya diperlombakan yakni gaya dada (breaststroke), gaya bebas (freestyle), gaya kupu-kupu (butterfly stroke) dan gaya punggung (backstroke).

Namun terdapat juga gaya renang lainnya seperti gaya anjing dan gaya samping, dalam semua jenis gaya renang ini bisa dibedakan atas dasar sebuah gerakan kaki dan tangan, tempo dan irama bagian tubuh juga dilihat dari teknik pernapasan pada saat berenang di air.

Untuk teknik berenang ini bisa dilatih apabila Anda memang ingin dapat berenang secara benar, ada beberapa macam macam gaya renang yang berfariasi. Anda bisa menguasai semua tekniknya jika belajar bersungguh-sungguh. Salah satu hal penting pada teknik dasar renang adalah harus bisa mengapung atau melayang diatas air. Apabila Anda sudah menguasai hal tersebut maka sangat mudah bagi kita untuk melatih dan menguasai seluruh gaya renang yang ada.

Macam Macam Gaya Renang

Hal Yang Perlu Di Lakukan Sebelum Renang

Berenang merupakan sebuah kegiatan atau jenis olahraga yang paling digemari karena sangat menyehatkan seluruh anggota tubuh yang bergerak aktif. Banyak yang berpendapat juga bahwa dengan berenang akan sangat membantu mendapatkan tinggi ideal untuk tubuh seseorang.

Adapun teknik sebelum berenang yang perlu kita lakukan, yaitu dengan melakukan pemanasan tubuh terlebih dahulu. Apabila kita berenang tanpa melakukan pemanasan pergerakan pada tubuh, maka bisa menyebabkan tegang otot yang berakibat kram secara tiba-tiba (biasanya terjadi dibagian betis kaki dan perut).

Untuk itu biasakanlah sebelum memulai renang lakukan senam kecil atau peregangan otot kalian dan jangan biasakan makan sebelum renang karena dapat mengakibatkan tubuh menjadi kram pada perut. Makanlah 1 hingga 2 jam sebelum berenang.

Jika terjadi kram secara tiba-tiba pada saat berenang hal ini bisa saja menyebabkan tubuh tenggelam karena secara spontan bagian tubuh sulit untuk digerakkan, untuk itu langsunglah meminta pertolongan apabila tubuh tidak dapat bergerak akibat kram agar tidak terjadi hal yang diinginkan.

Tipsnya sebelum melakukan renang yaitu selain melakukan pemanasan, juga perlu mengenali medan air dan jangan lupa minum air putih secukupnya agar tubuh kita terhindar dari dehidrasi.

Macam Macam Gaya Renang Beserta Gambarnya, Teknik dan Fungsinya

1. Gaya Renang Dada

Gaya Renang Dada

Gaya Renang dada merupakan salah satu teknik renang yang hampir sama dengan katak ketika berenang, sehingga banyak orang yang menyebut gaya ini sebagai renang gaya katak. Untuk kecepatan pada gaya dada lebih rendah apabila dibandingkan dengan teknik gaya bebas, akan tetapi gaya ini sangat pas untuk orang yang ingin berenang santai.

Dalam sebuah teknik gaya dada berada dikekuatan bagian tangan dan kaki untuk mendorong badan ke bagian depan, kemudian juga dibutuhkan kemampuan tangan untuk mendorong kebawah ketika kepala ke atas yang akan melakukan pernapasan.

Baca Juga :  Pengertian Sikap Kayang, Manfaat dan Cara Melakukannya

2. Gaya Renang Bebas

Gaya Renang Bebas

Renang Gaya Bebas merupakan sebuah teknik berenang yang memakai kebebasan tangan dan kaki dalam melakukan gerakan agar anggota tubuh dapat meluncur dengan cepat. Walaupun disebut dengan gaya bebas, teknik satu ini juga memiliki aturan.

Ketika melakukan gaya bebas posisi tubuh harus berada di atas permukaan, tangan mengayuh kearah depan dan kaki menendang atau melakukan gerakan seperti halnya menggunting.

Teknik pengambilan nafasnya yaitu pada saat tangan diangkat keatas dalam mengayuh kemudian kepala dimiringkan kesamping kanan maupun kiri, dan lakukan penarikan nafas melalui mulut atau hidung.

3. Gaya Renang Kupu Kupu

Gaya Renang Kupu Kupu

Gaya Renang Kupu Kupu merupakan suatu bentuk teknik renang yang diperoleh dari pengembangan gaya dada, teknik dasar renang gaya kupu kupu yang perlu dimiliki adalah pada kekuatan tangannya.

Hal ini dikarenakan gaya kupu kupu memiliki pusat kekuatan pada tangan, pada gerakannya bisa seperti seekor lumba lumba yang masuk kedalam air kemudian keluar ketika tangan didorong kebawah. Sedangkan bagian kaki lurus rapat mengikuti alur gerakan tubuh.

Gaya satu ini sering disebut sebagai gaya lumba lumba, pada kecepatannya memang lebih cepat dibandingkan dengan gaya bebas. Tetapi melakukan teknik ini kita perlu memiliki tenaga yang lebih ekstra.

4. Gaya Renang Punggung

Gaya Renang Punggung

Gaya Renang Punggung merupakan sebuah teknik renang yang posisi bagian tubuhnya terlentang melihat keatas, sedangkan bagian punggung berada dipermukaan air.

Pada gerakan kaki dan tangan mirip dengan gaya bebas, tetapi arahnya berlawanan. Teknik pengambilan nafas gaya ini bisa dilakukan kapan saja, karena posisi wajah berada diatas permukaan air dan menghadap kebagian atas.

5. Gaya Renang Anjing

Gaya Renang Anjing

Gaya Renang Anjing merupakan salah satu teknik renang lainnya yang mempunyai gerakan seperti halnya Anjing yang sedang berenang di Air, posisi bagian kepala berada diatas permukaan air sedangkan pada kaki dan tangan melakukan gerakan sama seperti anjing yang berenang. Maka dari itu gaya ini disebut sebagai gaya Anjing.

Baca Juga :  Teknik Cara Menyundul Bola (Heading) Dalam Permainan Sepak Bola

6. Gaya Renang Samping

Gaya Renang Samping

Gaya renang samping merupakan salah satu teknik gaya renang yang memakai sisi samping bagian tubuh. Gaya yang satu ini tidak diperlombahkan pada kompetisi resmi renang, sehingga jarang sekali orang yang mengetahui gaya ini, tetapi apabila kita melatih gaya ini maka bisa menambah skill dan kemampuan teknik berenang kita.

Demikian penjelasan secara lengkap Macam Macam Gaya Renang Beserta Gambarnya, Teknik dan Fungsinya. Semoga penjelasan diatas bisa berguna dan bermanfaat bagi para pembaca yang ingin mengetahui gaya renang.

Baca Juga :