Lupa Password Laptop Windows 7/8/10 ? Berikut Caranya {2019}

Posted on
5/5 (1)

Lupa Password Laptop Windows 7/8/10 ? Berikut Caranya {2019} – Sering sekali kita lupa password laptop yang kita miliki, mungkin penyebabnya ketika kita baru menggunakan password atau lupa untuk mencatatnya, sehingga pada perangkat laptop kita tidak akan terbuka. Apa anda bingung? tenang saja, banyak beberapa cara yang dapat anda lakukan pada windows 7, 8 dan 10 untuk membuka laptop yang terkunci akibat lupa password, caranya juga sangat mudah sekali dilakukan.

Laptop adalah sebuah perangkat elektronik yang berguna dalam berbagai suatu pekerjaan. Hampir semua orang saat ini menggunakan laptop dibanding komputer, karena design laptop yang mudah dan cukup simple untuk dibawa kemana saja.

Kemudian laptop juga bisa menyimpan data-data yang penting. Misalnya saja mahasiswa yang cenderung memakai laptop ketika mengerjakan skripsi atau seorang dosen yang menyimpan data nilai mahasiswa. Pada kasus ini, banyak sebagian orang yang memberikan password pada laptop agar keamanannya lebih terjamin.

Berbicara tentang password, password juga dibutuhkan pada keamanan sebuah file-file penting yang berada didalam laptop untuk menghindari dari orang-orang yang jahil. Terus bagaimana ketika sewaktu waktu anda lupa password pada laptop anda? Dalam hal ini, anda jangan merasa bingung terlebih dahulu. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan sangat mudah sekali.lupa password laptop

Lupa Password Laptop Dengan Safe Mode

Cara yang paling mudah dan gampang sekali adalah anda bisa masuk kedalam safe mode pada laptop yang lupa password. Apakah anda sudah mengetahui tentang safe mode itu? safe mode ialah fitur yang berada pada windows, fungsinya yaitu untuk memperbaiki sistem yang bermasalah pada laptop anda. Bagaimana cara masuk kedalam safe mode? Ya, disini akan dijelaskan menggunakan OS Windows 7. Silahkan kalian simak penjelasannya dibawah ini:

  • Hidupkan atau restart laptop anda.
  • Kemudian tekan langsung tombol F8 pada perangkat laptop anda.
  • Ketika anda tidak masuk pada tampilan “Advanced boot options”, itu artinya anda terlambat ketika menekan tombol F8. Ulangi restart laptop dan silahkan coba kembali.
  • Jika anda telah berhasil masuk, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut ini:cara mengatasi lupa password laptop
Baca Juga :  Belajar Komputer Dasar dan Panduan Mengenal Komputer untuk Pemula

Pada saat anda sudah masuk kedalam Safe Mode, anda bisa langsung menghapus password pada laptop melalui control panel, berikut caranya:

  • Pertama buka control panel.
  • Lalu pilih menu Account.
  • Kemudian klik opsi “Manage Another Account”.
  • Selanjutnya klik change the password (membuat password baru).
  • Jika sudah masukkan password baru anda (carilah password yang sangat mudah diingat, tetapi dikombinasikan dengan huruf dan angka).
  • Terakhir klik simpan.

Lupa Password Laptop Dengan Hiren’s Boot CD

cara mengatasi lupa password laptop dengan Hiren’s Boot CD

Cara selanjutnya yaitu dengan Hiren’s Boot CD, dimana anda bisa melakukan reset ulang password pada Windows, sehingga akan membuat laptop dapat dibuka kembali walaupun anda lupa passwordnya. Alat-alat yang bisa anda pakai yakni seperti NTPWD, NTPWedit, Offline NT Password Changer, atau Password Renew. Berikut cara untuk menggunakan Hiren’s Boot CD dibawah ini:

  • Pertama masukkan DVD yang sudah ada Hiren’s Boot.
  • Lalu pilih tools yang sesuai pada apa yang anda perlukan, kemudian juga pilih wizard yang sama.

Jika pada tools aplikasi ini tidak dapat berfungsi, maka anda buisa menggunakan tools lainnya, untuk membuat password pada laptop bisa terbuka.

Lupa Password Laptop Dengan Flashdiskcara mengatasi lupa password laptop dengan flashdisk

Mengatasi masalah lupa password berikutnya yaitu Anda dapat menggunakan file userkey.psw yang bisa dimasukan kedalam flashdisk. Berikut cara menggunakannya dibawah ini:

  • Masukan sebuah flashdisk ketika laptop mulai masuk pada login Windows.
  • Lalu pada layar login Windows, kemudian opsi Reset Password akan tampil ketika password yang anda masukkan salah. Pilih opsi tersebut untuk melanjutkan proses selanjutnya.
  • Kemudian klik Next pada wizard pertama.
  • Jika sudah klik Removable Disk atau USB Flashdisk.
  • Selanjutnya anda harus memasukan password yang baru dan masukan password hint. Lalu klik Next.
  • Terakhir, proses reset password laptop anda telah berhasil dan anda bisa klik Finish untuk mengakhiri proses tersebut.
Baca Juga :  Pengertian Database dan Manfaatnya

Install Ulang Laptop

cara mengatasi lupa password laptop dengan install ulang

Cara yang terakhir digunakan untuk lupa password laptop ini adalah alternatifnya dengan install ulang laptop anda. jika memang sudah tidak ada lagi cara untuk membuka password tersebut. Terdapat kemungkinan ketika saat proses install ulang, data yang berada pada laptop akan hilang sebagian.

Silahkan kalian coba cara mengatasi lupa password laptop yang menurut anda paling mudah diatas. Semoga dengan adanya penjelasan ini, anda dapat langsung mengakses laptop anda yang terkunci karena lupa password. Selamat mencoba!

Baca Juga: