Kenapa Air Laut Asin? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Posted on
5/5 (2)

Apakah kalian tahu bahwa kenapa air laut asin? sedangkan jika kita lihat pada air tawar, sungai, dan bahkan es sekalipun tidak asin. Pernahkah kalian berpikir berapa banyak garam yang telah terlarut di dalam air laut yang sangat luas itu? atau kemungkinan bukan garam yang menyebabkan air laut menjadi asin? Jika kalian bingung dan ingin mengetahui mengapa air laut. Silahkan kalian baca artikel ini sampai habis ya!kenapa air laut asin

Kenapa Air Laut Asin?

Apa kalian tidak menyadari jika air yang setiap hari kita minum itu sebenarnya mempunyai mengandung unsur garam! Tetapi mungkin kita tidak dapat merasakan garam karena konsentrasinya yang sudah terlalu rendah. Untuk rasa asin pada air laut itu terdapat oleh beberapa faktor. Faktor yang pertama kenapa air laut asin adalah disaat proses terjadinya hujan di daratan, air dari langit atau awan jatuh dan meresap ke daratan tanah, kemudian air tersebut akan mengalir melalui sungai-sungai dan menuju ke laut.NaCI in water
Terus rasa asin air laut berasal darimana? Jawabannya cukup simple sekali, disaat air mengalir menuju lautan, air membawa sebuah garam-garam mineral terlarut sehingga menyebabkan air laut dipenuhi oleh garam-garam mineral. Bukan itu saja, pada saat air yang mengalir mencapai laut, air akan mengalami proses penguapan. Pada proses penguapan ini lah, air akan menguap ke udara tetapi pada garam mineral tetap tinggal dengan air laut.

Faktor lainnya yang menyebabkan air laut asin adalah aktivitas vulkanisme dari bawah laut dan letusan gunung berapi yang terletak didalam air. Proses ini sama pada proses sebelumnya yang dimana air laut akan bereaksi dengan batu panas yang melarutkan beberapa mineral garam. Beberapa garam yang terlarut akan bereaksi dengan batu yang panas dan membuatnya terpisah dengan air.

Baca Juga :  Kalimat Aktif dan Pasif - Pengertian, Jenis, Contoh dan Ciri Ciri

Perlu kalian ketahui bahwa ternyata kadar garam yang berada pada air laut dari tahun ke tahun itu tidak ada perubahan! Bahkan air laut mempunyai kandungan garam yang sama selama berjuta-juta tahun bahkan sampai miliaran tahun, kenapa bisa? Jawabannya yaitu kandungan pada garam saat ini telah mencapai pada kondisi yang stabil. Padahal akan membutuhkan waktu ratusan juta tahun untuk menyamakan kadar garam yang ada didalam laut ini. Garam yang terlarut dari sungai dan dengan proses penguapan akan memiliki persamaan jumlah setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan pada siklus hidrologi yang terus-menerus tidak akan berhenti.

Percobaanpercobaan

Pada siklus air tidak akan pernah berhenti oleh atmosfer ke bumi dan akan kembali seperti awalnya pada atmosfer melewati proses kondensasi, presipitasi, evaporasi, dan transpirasi. Pada proses siklus hidrologi terjadi, air membawa sebuah garam mineral dari daratan menuju laut dan air akan kembali menguap pada atmosfer. Namun, garam tetap tinggal berada didalam laut sehingga membuat rasa air laut terasa asin dan akan terus menerus bertambah kadarnya.

Jika kalian penasaran, kalian dapat membuat sebuah eksperimen sederhana loh! Anda dapat lebih memahami kenapa air laut asin. Caranya sangat gampang sekali! Hanya memerlukan garam, sendok makan, segelas air, panci dan kompor.

Langkah pertama cukup masukan satu sendok makan garam didalam gelas, kemudian isikan dengan air secukupnya. Setelah garam terlarut coba panaskan air tersebut kedalam panci. Tunggu sampai air itu habis, jika sudah maka pada permukaan panci akan terdapat sebuah kristal-kristal garam. Simple bukan? cara ini yaitu sebuah contoh dari proses yang terjadi pada alam.

Inti dari penyebab kenapa air laut asin adalah:

  • Kiriman sebuah garam yang terlarut dari sungai-sungai.
  • Proses terjadinya penguapan air laut ke udara.
  • Aktivitas gunung berapi yang berada dibawah air laut.
Baca Juga :  Akuntansi-Pengertian, Manfaat dan Tujuannya

Itulah penyebab kenapa air laut asin, semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang telah membacanya, Terima kasih.

Baca Juga :