Jaringan Epitel

Posted on

Jaringan Epitel – Materi yang menjelaskan tentang pengertian, struktur, ciri-ciri, fungsi dan jenis jaringan epitel yang dilengkapi dengan tabel dan gambarnya. Silahkan kalian simak penjelasan lengkapnya dibawah ini gaes!

Jaringan Epitel

Apa itu jaringan?

Jaringan adalah kelompok sel yang bekerja bersama untuk melakukan fungsi tertentu. Dilihat di bawah mikroskop, jaringan tubuh memiliki bentuk dan struktur yang teratur sesuai dengan fungsinya.

Berdasarkan posisi dalam tubuh, jaringan dibagi menjadi empat bagian:

  1. jaringan ikat
  2. jaringan otot
  3. Jaringan saraf
  4. Jaringan epitel

Semua jaringan di atas memiliki fungsi dan peran yang sangat penting bagi tubuh, tetapi yang akan kita bahas di sini adalah jaringan epitel.

Pengertian Jaringan Epitel

Pengertian jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi atau menutup permukaan tubuh, baik permukaan luar maupun dalam. Jaringan epitel yang telah melapisi permukaan luar tubuh bisa disebut dengan epitelium. Sedangkan untuk jaringan yang ada di permukaan dalam tubuh disebut dengan jaringan endothelium.

Jaringan satu ini adalah jaringan banyak sel yang terdiri dari banyak jenis yang sama dan tidak memiliki ruang antarsel-nya. Fungsi utama pada jaringan ini adalah untuk melindungi sebuah jaringan di bawahnya. Lokasi jaringan tersebut berada di sepanjang sistem pencernaan, membantu menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk proses pencernaan.

Struktur Jaringan Epitel

Jaringan epitel dapat berasal dari ektoderm (melapisi bagian luar tubuh), endoderm (organ pembatas), dan mesoderm (kurungan rongga tubuh). Sel-sel epitel ketat dan kontinu sehingga hampir tidak memiliki ruang interseluler. Seluruh pada epitel ini biasanya dipisahkan dari jaringan di bawahnya oleh membran basement berserat. Lapisan permukaan rongga mulut, alveoli di paru-paru dan tubulus di ginjal semuanya terdiri dari jaringan ini. Lapisan pembuluh darah dan getah bening adalah bentuk khusus dari epitel, endotelium.

Lihat Materi Lainnya :  Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Letak Lokasi Jaringan Epitel

Epitel ada di luar (kulit) dan bagian rongga tubuh. Lapisan kulit terluar terdiri dari sel epitel bertingkat dan keratin epitel.

Jaringan yang melapisi bagian dalam mulut, kerongkongan, dan rektum terdiri dari epitel bertingkat dan datar yang selaput lendirnya tidak mengalami keratin. Permukaan lain yang memisahkan rongga tubuh dari lingkungan eksternal dilapisi dengan lapisan datar epitel atau epitel transisi. Epitel juga terjadi di paru-paru, saluran pencernaan, saluran reproduksi, saluran kemih dan sebagai bentuk kelenjar endokrin dan eksokrin.

Permukaan luar kornea ditutupi dengan sel-sel epitel yang tumbuh dengan cepat dan mudah diregenerasi. Endotelium adalah bentuk khusus epitel yang ditemukan di lapisan dalam pembuluh darah, jantung, dan limfatik. Jenis lain, mesothelium, membentuk dinding perikardium, pleura, dan peritoneum.

Membran Dasar Dalam Jaringan Epitel

Jaringan yang satu ini menempel pada membran basal yang dipindahkan sebagai stimulator sehingga epitel dapat tumbuh dan beregenerasi setelah cedera. Jaringan ini tidak memiliki suplai darah sendiri. Oleh karena itu, membran dasar juga bertindak sebagai membran permeabel selektif, yang menentukan zat mana yang dapat memasuki epitel.

Ciri-Ciri Jaringan Epitel

Mengetahui dari pengertian diatas, ciri-ciri berikut dari jaringan epitel adalah karakteristik yang membedakannya dari jaringan lain:

  • Tidak ada bahan di antara sel-sel yang membentuknya.
  • Epitel datar, dasar atau berbentuk kubus.
  • Bentuk sel bervariasi tergantung pada fungsi dan tata letak.
  • Itu ada di semua bagian tubuh.
  • Sebagai penutup atau kelenjar.
  • Tersusun daru sel dan molekul ekstraseluler yang membentuk matriks yang berguna untuk mengikat jaringan ke tanah.
  • Ada berbagai jenis spesialisasi. Misalnya, tonjolan jaringan untuk meningkatkan permukaan, untuk memindahkan partikel asing atau untuk bergerak.
  • Mempunyai permukaan yang tidak terkait dengan jaringan lain, sedangkan pada permukaan lain itu terkait dengan membran yang mendasarinya.

Tabel Jaringan Epitel

Berikut bisa kita lihat tabel kesimpulan beserta penjelasan fungsi, letak yang dilengkapi dengan gambar dibawah ini :
Tabel Jaringan Epitel

Fungsi Jaringan Epitel

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari jaringan diatas, termasuk:
  • Lindungi jaringan di bawahnya dari jaringan mekanik atau bahan kimia.
  • Sebagai alat ekskresi
  • Fungsi menjadi penyerap
  • Berfungsi sebagai alat aborsi
  • Pengurangan gesekan antara darah dan dinding pembuluh.
  • Bekerja di filter atau alat filter
  • Berfungsi dalam alat difusi
  • Stimulus sensoris, di mana sel-sel epitel memiliki ujung saraf sensorik yang terletak di telinga, kulit, lidah, dan hidung, kemudian dimasukkan sebagai penerima impuls sel epitel spesifik.
Lihat Materi Lainnya :  Jaringan Meristem - Pengertian, Fungsi, Struktur, Ciri, Sifat (+Gambar)
Jaringan tersebut diklasifikasikan berdasarkan jumlah lapisan, bentuk sel dan sifat sel itu sendiri di lapisan atas. Secara umum, terdapat delapan dari jenis jaringan ini: enam di antaranya dikelompokkan berdasarkan jumlah sel dan bentuknya, sementara dua di antaranya didasarkan pada jenis sel di dalamnya.
Karena strukturnya, jaringan epitel dibagi menjadi epitel datar (bentuk lapisan datar dan inti bulat di tengah) dan epitel silinder (bentuk seperti batang dan inti bulat di bagian bawah sel).
Berdasarkan bentuk dan jumlah lapisan sel. Sel-sel pada permukaan bebas dapat berbentuk skuamosa, berbentuk kuboid atau kolumner.

Jenis Jaringan Epitel

Jenis Jaringan Epitel

Di bawah ini tercantum beberapa jenis jaringan diatas, antara lain :

Epitel pipih selapis (simple squamous epithelium)

Epitel pipih selapis

Epitel pipih selapis berfungsi untuk meredakan zat, untuk menyaring dan menghilangkan pelumas, untuk memudahkan kerja organ. Terletak dibagian kantung udara paru-paru dan jantung, pembuluh darah dan limfatik.

Epitel kubus selapis (simple cuboidal epithelium)

Epitel kubus selapis
Epitel kubus selapis berfungsi untuk menyimpan zat (mengeluarkan) dan untuk melakukan proses penyerapan (penyerapan). Jaringan ini terdiri dari sel-sel yang berbentuk seperti kubus dan terletak di ovarium, tubulus ginjal, dan kelenjar tubuh.

Epitel selapis silindris (simple columnar epithelium)

Epitel selapis silindris
Epitel selapis silindris memiliki fungsi untuk menyaring zat yang masuk ke dalam tubuh dan juga berperan dalam menghilangkan produk dalam bentuk lendir dan enzim.
Epitel ini ditandai dengan memiliki silia kecil, seperti rambut dan lendir yang diproduksi, yang biasanya ditemukan di saluran pencernaan, kandung empedu, rahim dan saluran pernapasan bagian atas.

Epitel pipih berlapis (stratified squamous epithelium)

Epitel pipih berlapis
Epitel pipih berlapis terdiri dari beberapa lapisan datar yang sangat besar dan berfungsi untuk melindungi jaringan di bawahnya dari gosokan.
Ada dua jenis epitel skuamosa bertingkat: tipe yang lebih keras dengan protein keratin terletak di lapisan kulit atas dan tipe non-keratin atau tanpa protein keratin, yang terletak di kerongkongan, rongga mulut dan vagina.

Epitel kubus berlapis (stratified cuboidal epithelium)

Epitel kubus berlapis
Epitel kubus berlapis terdiri dari beberapa lapisan sel dalam bentuk kubus. Jaringan ini berfungsi untuk melindungi jaringan, sel, dan kelenjar yang mendasarinya. Secara umum, jaringan ini terletak di kelenjar keringat, kelenjar susu dan kelenjar ludah.

Epitel silindris berlapis (stratified columnar epithelium)

Epitel silindris berlapis
Epitel silindris berlapis melindungi jaringan dan sel di bawahnya dan memulai proses sekretori dalam tubuh. Jaringan ini hanya terjadi pada pria yang berada di bagian uretra dan kelenjar tertentu.

Epitel kolumnar pseudostratifikasi (pseudostratified columnar epithelium)

Epitel kolumnar pseudostratifikasi
Jaringan epitel kolumnar pseudostratifikasi terdiri dari lapisan sel tunggal dengan tinggi bervariasi, yang memungkinkan sekresi dan memfasilitasi pergerakan lendir. Epitel bersilia ini terletak di trakea, sperma, dan saluran pernapasan bagian atas

Epitel transisional (transitional epithelium)

Epitel transisional
Epitel transisional terdiri dari beberapa lapisan sel yang terdiri dari komponen berbentuk kubus dan datar. Jaringan ini berfungsi untuk memperluas dan mengendurkan organ-organ kemih sambil mengumpulkan urin. Epitel ini terletak di kandung kemih, uretra, dan ureter.
Jaringan diatas memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh, secara umum, jaringan ini juga bertindak sebagai jaringan pelindung di bawah dan sekresi, sehingga dapat mempertahankan dan memfasilitasi fungsi organ kita.
Demikian penjelasan materi tentang pengertian, struktur, ciri-ciri, fungsi dan jenis jaringan epitel yang dilengkapi dengan tabel dan gambarnya. Semoga materi diatas bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua.
Lihat Materi Lainnya :