Handsball – Pengertian dan Macam-Macam Dalam Permainan Sepak Bola

Posted on

Handsball – Pengertian dan Macam-Macamnya Dalam Permainan Sepak Bola – Salah satu cabang olahraga yang paling digemari adalah sepak bola, permainan yang satu ini memang sangat menyenangkan dan digemari oleh banyak orang di seluruh dunia yang tidak memandang usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dalam bermain olahraga sepak bola, terdapat berbagai aturan yang perlu kita ketahui dan pahami sebagai seorang pemain. Salah satunya adalah pelanggaran pada hands ball.

Hands ball pada sepak bola merupakan suatu bentuk pelanggaran yang akan diberikan oleh wasit kepada seorang pemain apabila bola tersebut mengenai tangan, karena hanya seorang kiper saja yang diperbolehkan menggunakan tangan saat bermain. Namun, sebenarnya handsball ini terbagi menjadi beberapa bagian, Agar kita tidak salah dan bisa mengetahui bagian yang akan terkena pelanggaran ini. Silahkan simak penjelasannya dibawah ini gaes!

Handsball

Pengertian Handsball

“Handsball adalah sebuah bentuk pelanggaran yang ada dalam permainan sepak bola. Pelanggaran satu ini sering terjadi karena seorang pemain yang bukan penjaga gawang atau (kiper) menyentuh bola menggunakan tangannya.”

Karena seluruh pemain sepak bola tidak boleh menyentuh bola memakai tangannya kecuali hanya seorang kiper saja. Akan tetapi, penjaga gawang atau kiper hanya diperbolehkan memegang bola di dalam area kotak penaltinya saja.

Jenis pelanggaran ini memang sering terjadi ketika bola menyentuh tangan seorang pemain. Lebih detailnya, tangan pemain yang dimaksudkan bukan hanya pada bagian lengan bawah dan pergelangan tangan. Akan tetapi, sampai mencakup di bagian lengan atas pemain.

Baca Juga :  Pengertian Sikap Kayang, Manfaat dan Cara Melakukannya

Macam-Macam Handsball

Macam-Macam Handsball

1. Ball to Hand (posisi tangan tidak aktif)

Ball to hand atau posisi tangan tidak aktif, bisa terjadi apabila bola mengenai bagian tangan yang sedang melekat erat pada badan seorang pemain. Posisi tangan ini biasanya terjadi dibagian dada atau samping badan.

Umumnya ball to hand ini terjadi ketika lawan melakukan tendangan bebas. Dalam jenis hand ball tersebut, seorang wasit tidak akan menyatakannya sebagai suatu pelanggaran. Karena pemain tidak sengaja melakukan atau menyentuh bola menggunakan tangannya.

2. Hand to Ball (posisi tangan aktif)

Hand to Ball atau posisi tangan aktif, dilihat dari artinya saja sepertinya kita sudah dapat mengetahui dengan jelas bahwa hand to ball adalah jenis pelanggaran handsball dalam permainan sepak bola.

Aturan resmi FIFA yang telah mengatakan bahwa pelanggaran dapat diberikan kepada pemain yang secara jelas menyentuh bola menggunakan tangannya. Pelanggaran terjadi jika seorang pemain sedang melakukan sebuah posisi defense yang membentangkan tangannya untuk memperluas daerah defense pemain tersebut.

Jika pemain yang terlihat dengan sengaja menyentuh bola maka seorang wasit berwenang untuk mengeluarkan kartu kuning kepada pemain yang melanggar. Kartu merah juga dapat berlaku jika bolanya berbuah gol, disentuh secara sengaja dengan tangan.

Hal ini pernah dialami oleh seorang pemain yang bernama Luiz Suarez di saat sedang berlaga melawan Ghana. Hal serupa yang dilakukan oleh Diego Maradona beberapa tahun silam sampai dikenang dan dijuluki tangan tuhan.

Demikian penjelasan singkat mengenai Handsball – Pengertian dan Macam-Macamnya Dalam Permainan Sepak Bola. Selain pelanggaran ini bisa merugikan diri sendiri juga akan merugikan satu team, karena kekurangan pemain jika terkena kartu merah. Maka bermainlah sportif agar terhindar dari pelanggaran-pelanggaran yang ada dalam permainan sepak bola, Semoga penjelasan diatas bisa berguna dan bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih telah berkunjung.

Baca Juga :  Ukuran Lapangan Bola Voli

Baca Juga : Gambar Lapangan Sepak Bola Beserta Ukurannya Internasional Nasional dan Teknik Cara Menyundul Bola (Heading) Dalam Permainan Sepak Bola