Gambar Lapangan Sepak Bola Beserta Ukurannya

Posted on

Gambar Lapangan Sepak Bola Beserta Ukurannya – Apakah kalian penggemar sepak bola? sudah banyak sekali penggemar olahraga yang satu ini. Tentu saja, karena olahraga sepakbola merupakan sebuah olahraga yang sangat menarik untuk dibicarakan baik itu sepakbola nasional maupun internasional.

Sepak bola adalah sebuah cabang olahraga yang sangat populer sekali di dunia. Karena permainan sepak bola bisa dilakukan oleh siapa saja baik itu anak-anak sampai dengan orang dewasa.

Lapangan pada permainan sepak bola atau sering disebut juga lapangan hijau atau dalam bahasa inggrisnya adalah football field merupakan permukaan tanah yang lapang untuk melakukan suatu permainan olahraga sepak bola.

Lapangan sepak bola ini biasanya ditanami rumput yang alami atau juga rumput buatan (sintetis). Permainan sepak bola juga mempunyai banyak peraturan dan ketentuannya sendiri. Pada permainan sepak bola, jumlah pemain setiap team 11 orang, salah satunya yaitu kiper, dan 10 orang lainnya adalah seorang pemain.

Langsung saja masuk kedalam pembahasan, materi yang akan dibahas kali ini adalah menjelaskan tentang ukuran lapangan bola berstandar nasional dan internasional FIFA yang dilengkapi dengan gambarnya. Silahkan simak pembahasannya dibawah ini gaes!

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Lapangan sepak bola pasti mempunyai ukuran yang berbeda – beda. Tetapi, dalam ukuran lapangan sepak bola internasional sudah diatur oleh Federasi Sepak Bola Internasional atau disebut juga sebagai (FIFA). Semua peraturan dan tata tertib yang pada permainan sepakbola telah diatur dan ditetapkan juga oleh FIFA.

Beda halnya untuk di Indonesia semua kegiatan, peraturan, dan tata tertib pada permainan sepakbola diatur dan ditetapkan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Berikut beberapa pembahasan lengkap terkait dengan ukuran dari lapangan sepak bola berskala internasional, berstandar nasional, dan lapangan sepak bola mini.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional

ukuran lapangan sepak bola internasional

Ukuran lapangan berstandar internasional memiliki ukurannya sendiri dan pasti ukurannya lebih luas dibanding dengan ukuran lapangan sepak bola berskala nasional. Hal ini sengaja dibuat lebih luas karena permainan sepak bola dalam skala internasional dibuat untuk lebih memberi suatu tantangan kepada para pemainnya dengan ukuran lapangan yang lebih luas.

Pada dasarnya sepak bola merupakan sebuah salah satu olahraga yang bermain menggunakan bola. Bola yang dipakai biasanya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua team yang saling berlawanan. Dimana pada setiap team permainan sepak bola beranggota sebanyak 11 orang pemain dan ada juga beberapa orang sebagai pemain cadangan yang menunggu pergantian jika ada.

Berikut penjelasan mengenai ukuran lapangan berskala internasional, dibawah ini:

  • Ukuran panjang lapangan berstandar internasional adalah 100 meter – 110 meter.
  • Ukuran lebar lapangan adalah sekirar 64 meter – 75 meter.
  • Ukuran gawang adalah tinggi 2,44 meter dan lebar 7,32 meter.
  • Ukuran kotak pinalti adalah 40,3 meter x 16,5 meter.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional

Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional

Pada ukuran berstandar nasional biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan internasional. Lapangan sepak bola nasional biasanya hanya dipakai pada pertandingan dalam negeri saja.

Bola yang dipakai juga pada permainan sepak bola yang berskala nasional sama dengan pertandingan berskala internasional yaitu berbahan kulit.

Berikut pembahasan mengenai ukuran lapangan berstandar nasional, dibawah ini:

  • Ukuran lapangan berstandar nasional adalah diantara 90 meter – 120 meter.
  • Ukuran panjang dan lebar berstandar nasional adalah diantara 45 meter – 90 meter.
  • Ukuran lingkaran tengah berstandar nasional adalah 9,15 meter.
  • Ukuran gawang adalah 18,30 meter x 5,5 meter.
  • Ukuran kotak pinalti adalah 40,3 meter x 16,5 meter.
Lihat Materi Lainnya :  Kebugaran Jasmani

Ukuran Lapangan Mini

ukuran lapangan sepak bola adalah

Didalam olahraga Sepak bola bukan hanya memiliki ukuran berstandar nasional atau internasional. Terdapat juga permainan sepak bola yang dimainkan lebih sederhana, sering disebut sebagai sepak bola mini. Permainan sepak bola mini ini sering dimainkan di sekolah atau juga di perkampungan.

Jumlah pemain sepak bola mini juga biasanya tidak sebanyak permainan sepak bola berstandar nasional yang mana biasanya beranggotakan 11 orang dalam satu team, namun permainan sepak bola mini sekitar 7 – 9 orang pemain saja dalam satu teamnya, permainan sepak bola mini ini merupakan hasil dari modifikasi.

Berikut pembahasan mengenai ukuran sepak bola mini, dibawah ini:

  • Ukuran lapangan sepak bola mini adalah 60 meter x 40 meter.
  • Ukuran gawang adalah tinggi 2 meter dan lebar 5 meter.
  • Ukuran jarak tendangan pinalti adalah 9 meter.
  • Ukuran kotak pinalti adalah 12 meter x 13 meter.

Demikian pembahasan mengenai Gambar Lapangan Sepak Bola Beserta UkurannyaSemoga bisa menambah wawasan kalian setelah membaca dan memahami materi diatas.

Artikel Terkait :