Fungsi Tulang Hasta

Posted on

Materi pembahasan mengenai Fungsi Tulang Hasta Pada Manusia (Gambar + Strukturnya) secara lengkap dan terperinci yang akan diulas sebagai berikut!

Fungsi Tulang Hasta
Fungsi Tulang Hasta

Pengertian Tulang Hasta

pengertian tulang hasta

Tulang siku adalah bagian dalam dari dua tulang lengan bawah, terlihat dari telapak tangan ketika menunjuk ke depan. Dan yang lainnya adalah tulang lengan adalah jari-jari.

Di ujung atas siku ada kurva berbentuk C besar (noth), yang disebut semilunar atau troklear dan mengartikulasikan trochlea humerus (tulang lengan atas), yang membentuk sendi siku.

Ellenknochen ini terjadi dengan semua jenis vertebrata darat. Namun pada amfibi dan beberapa jenis reptil, jari-jari tulang dan ulna (tulang ulnaris) tidak dapat diartikulasikan. Sendi siku pertama kali dikembangkan pada burung dan mamalia.

Jari-jarinya agak ramping pada burung, tetapi ulna lebih sering berkurang pada mamalia, terutama yang beradaptasi dengan berlari dan digantikan oleh bagian terbang pada kelelawar.

Tulang hasta adalah tulang yang menyimpan banyak mineral dan menghasilkan sel darah di sumsum tulang. Tulang ulnaris juga dikenal sebagai ulna.

Siku atau ulna menggigit bersama pada jari, yang memungkinkan gerakan rotasi pada pergelangan tangan. Tulang ulnaris (ulna) adalah salah satu dari dua tulang yang membentuk lengan bawah.

Struktur Tulang Hasta

struktur tulang hasta

Struktur tulang hasta adalah tulang panjang atau tulang panjang. Apa artinya ini? Ini berarti bahwa tulang / tulang memiliki struktur tulang yang panjang, bulat (tidak rata) dan dibagi menjadi tiga wilayah, epifisis, metafisis dan diafisis.

Struktur tulang hasta (ulna) dapat dilihat pada gambar di bawah ini

Anda bisa melihat bilik, yang lebih lebar ke arah siku dan menyempit (menyusut) ke arah pergelangan tangan. Posisi siku sejajar dengan tulang elevasi atau jari-jari.

Saya akan menggambarkan struktur siku (Ulna) dalam tiga bagian:

  • Dekat Siku
  • Diafisis (poros)
  • Dekat pergelangan tangan
Lihat Materi Lainnya :  Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

1. Dekat siku

Struktur tulang hasta dekat siku atau di dekat siku adalah Olecranon (Olecranon) dan Coronoid (Coronoid). Kedua bagian ini disebut kurva proses.

Selain dua struktur ini, ada dua panggul, yang disebut trocar anisis incisura (incisura trochlearis) dan radiis incisura (incisura radialis).

Fungsi bagian siku di siku (ulna) adalah titik pertemuan antara tulang lengan atas (humerus). Di daerah gigi seri radial sebagai titik pertemuan antara tulang radial dan tulang ulnaris itu sendiri.

Tentu saja, pertemuan itu diikat oleh otot.

2. Diafisis / poros

Ada bagian-bagian berbeda dalam tubuh atau batang Ellen (Ulna):
Crista supinatoris, Tuberositas ulnae, Foramen nutricium, Margo Belakang, Anterior Margo, Interossea Margo, Wajah Anterior, Wajah Posterior, dan Kaput ulnae.

3. Dekat pergelangan tangan

Pada tulang ulnaris, yang mengarah ke pergelangan tangan, ada permukaan sendi atau tonjolan.

Permukaan artikular adalah pertemuan siku dan pergelangan tangan di dekat tulang jari kelingking.

Juga di bagian ini kubus bertemu lagi di tulang karpal (pergelangan tangan). Bersama-sama, ketiganya membentuk ball joint di pergelangan tangan manusia.

Sendi pada tulang hasta
Ada tiga sendi utama pada ellbone, yaitu:

1. Ball joints (bersama dengan jari-jari dan pergelangan tangan).
2. Sendi putar (karena ada koleksi tulang / jari-jari pada siku dan lengan atas)
3. Sendi engsel (pertemuan antara tulang elang dan tulang humerus)

Otot Tulang Hasta

Tiga belas otot melekat pada bilik. Tiga belas otot dapat sebagai berikut:

  • Otot supinator
  • Extensor pollicis longus
  • otot triceps brachii
  • otot brakialis
  • M. extensor indicis
  • Otot otot pronator
  • Fleksor digitorum profundus
  • Otot Anconeus
  • Musculus abductor pollicis longus
  • Flexor pollicis longus
  • M. pronator quadratus
  • Extensor Otot Carpi Ulnaris
  • Fleksor karpi ulnaris
Lihat Materi Lainnya :  Pengertian Seni

Fungsi tulang hasta

tulang hasta

Secara fungsional, Ellen memberikan perlekatan otot untuk lebih dari selusin otot di lengan dan lengan atas. Di lengan atas, otot-otot triceps dan anconeus membentuk insersi dalam olecranon untuk memperpanjang lengan bawah pada siku. Otot brakialis memiliki insersi dalam proses koronoid untuk menekuk lengan pada siku. Banyak otot yang bekerja pada tangan dan pergelangan tangan berasal dari tulang ulnar, termasuk pronator, supinator, fleksor, dan ekstensor.

Seperti tetangganya, humerus, dan jari-jari, Ellen diklasifikasikan sebagai tulang panjang karena bentuknya yang panjang dan sempit. Semua tulang panjang memiliki struktur yang sama, dengan poros berlubang dikelilingi oleh tulang kompak dan diperkuat dengan tulang spons di ujungnya.

Rongga meduler berongga di tengah ulna diisi dengan zat lembut dan berminyak yang dikenal sebagai sumsum kuning. Sumsum tulang kuning mempunyai kandungan banyak adipositnya dan menyimpan energi untuk tubuh pada bentuk trigliserida atau berupa lemak.

Rongga meduler dikelilingi oleh tulang padat, keras dan padat dari matriks mineral dan serat kolagen. Perpaduan kolagen dan mineral, termasuk kalsium, memberi Ellen Bone kekuatan dan fleksibilitas yang besar.

Ujung siku diperkuat oleh tulang sepon yang meningkatkan kekuatan tulang kompak di dekat sendi tanpa secara signifikan meningkatkan massa tulang. Setiap area tulang spons terdiri dari banyak pilar tipis, yang disebut trabekula, yang bertindak seperti balok baja dari jembatan untuk menahan tekanan yang diberikan pada tulang. Sumsum tulang merah terletak di ruang antara trabekula dan mengandung banyak sel punca yang menghasilkan sel darah tubuh.

Di ujungnya, yang membentuk sendi ulna, ada lapisan tipis tulang rawan hialin yang menutupi tulang padat dan melindunginya dari tekanan pada sendi. Hyaline, sehalus es, sehingga tulang-tulang di persendian bisa saling bergeser. Juga elastis untuk menyerap goncangan pada sendi. Permukaan luar ulna (kecuali untuk sendi) ditutupi dengan lapisan tipis, berserat yang disebut periosteum. Periosteum terdiri dari jaringan tegas serat kolagen yang meluas ke tendon dan ligamen yang menempel pada otot dan tulang lengan.

Lihat Materi Lainnya :  Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Proses olecranon (kepala proksimal siku) berartikulasi dengan kepala distal humerus untuk memastikan gerakan terkendali dan stabilisasi sendi siku. Ini juga merupakan titik perlekatan bagi banyak otot lengan bawah. Aspek distal ulna berartikulasi dengan pergelangan tangan dan memberikan dasar yang stabil untuk artikulasi pergelangan tangan dan tangan.

Ketika tulang ulnar robek, itu paling sering terjadi pada titik di mana jari-jari dan ulna membentuk sendi atau di mana ulna membentuk sendi dengan tulang karpal. Fraktur ulnaris menyebabkan nyeri hebat, sulit menggerakkan sendi yang terkena, dan bahkan kelainan lengan saat fraktur digabungkan.

Berikut ini beberapa fungsi tulang hasta lainnya.

  • Lampiran otot-otot lengan bawah.
  • Tentukan bentuk tulang lengan bawah.
  • Sebagai tulang panjang, ia menghasilkan sel darah di daerah sumsum tulang.
  • Fungsinya dalam penyimpanan mineral seperti kalsium.
  • Sebagai salah satu komponen sistem kerangka manusia, terutama pada tungkai atas (tungkai atas manusia).
  • Sebagai salah satu penyebab sendi bola di pergelangan tangan kita.
  • Kemungkinan gerakan rotasi di lengan manusia melalui sendi sadel.
  • Mengizinkan meluruskan dan menekuk lengan karena sambungan engsel.

Demikian pembahasan mengenai Fungsi Tulang Hasta Pada Manusia (Gambar + Strukturnya). Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua.

Baca Juga :