Fungsi Mulut

Posted on

Fungsi Mulut – Pemahaman tentang mulut adalah tempat di mana makanan memasuki tubuh dan di mana pencernaan dimulai (lihat sistem pencernaan). Untuk memahaminya dengan jelas, silahkan kalian simak penjelasannya terkait fungsi mulut beserta dengan pengertian, bagian, struktur, gangguan mulut (+Gambar) dibawah ini gaes!

Fungsi Mulut

Pengertian Mulut

Pemahaman tentang mulut adalah tempat di mana makanan memasuki tubuh dan di mana pencernaan dimulai (lihat sistem pencernaan). Mulut adalah awal dari proses pencernaan makanan, di mulut juga ada proses kimia dengan air liur, yang kemudian masuk ke perut melalui kerongkongan.

Mulut memiliki salah satu fungsi menghaluskan makanan, karena gigi, lidah dan air liur hadir sebagai nutrisi. Mulut tidak hanya bertindak sebagai anggota sistem pencernaan, tetapi juga merupakan sarana berkomunikasi dengan orang-orang. Manusia dapat berkomunikasi melalui mulut.

Setiap hari kita benar-benar membutuhkan mulut. Mulut adalah alat yang berguna untuk kehidupan manusia sehari-hari, seperti minum, makan, berbicara, mengunyah, dan lain-lain. Ada beberapa bagian di mulut, yang akan kita bahas nanti.

Dalam kehidupan sehari-hari, mulut memainkan peran yang sangat aktif dalam semua aktivitas bagi manusia. Fungsi utamanya adalah untuk berkomunikasi dan berbicara di antara orang-orang. Selain berbicara, berfungsi untuk menyanyi dan setiap orang memiliki suara yang berbeda.

 

Pengertian Mulut

Fungsi Mulut

Berikut ini adalah, antara lain, fungsi mulut manusia:

  1. Sebagai alat bicara atau berkomunikasi
  2. Menjadi bagian dari sistem pencernaan
  3. Tempat bernafas selain menggunakan hidung
  4. Sebagai tempat mengunyah maupun menggiling makanan
  5. Tenpat merasakan makanan
  6. Menelan makanan
  7. Tempat pertama di mana makanan masuk ke sistem pencernaan

Bagian Mulut

bagian mulut

Berikut ini adalah bagian mulut termasuk :

Lihat Materi Lainnya :  Jaringan Saraf

1. Mulut

Dua struktur sel dan otot yang membentuk pintu masuk ke mulut. Bibir menandai transisi dari kulit lembab ke selaput lendir.

2. Gigi

Gigi menghaluskan makanan dengan setiap entri makanan. Penyempurnaan menurut teori penguasaan 21 kali lipat. Tetapi jika makanannya sedikit lembek, makanan itu dengan cepat menjadi halus.

3 Lidah

Lidah buaya ini dimaksudkan untuk menghancurkan makanan yang diterima dan sebagai perasa. Tanpa lidah kita tidak akan pernah merasakan asin, asam, manis dan pahit.

4. Gusi

Bagian yang satu ini terdiri dari jaringan berserat dan padat yang melapisi lengkung alveolar dan merangkul gigi. Gusi adalah langit-langit mulut tempat wadah makanan berada.

5. Langit-Langit Mulut

Langit-langit mulut dapat membentuk langit-langit mulut dan memisahkan suatu mulut dari rongga hidung. Langit-langit terdiri dari 2 bagian yang sangat berbeda. Selama menelan, langit-langit lunak dan uvula bergerak ke atas, sehingga makanan tidak langsung masuk ke rongga hidung dan ke dalam orofaring.

6. Kelenjar Ludah

Kelenjar ludah adalah kelenjar kecil di mulut yang menghasilkan air liur. Semuanya ada di bawah selaput lendir. Kelenjar ludah terbesar adalah parotis, yang terletak di setiap sisi tepat di depan telinga.

Struktur Mulut

Struktur Mulut

1. Bibir

  • Di bagian luar mulut ada dua bibir, bagian atas dan bawah.
  • Permukaan luar bibir ditutupi dengan folikel rambut dan beberapa kelenjar.
  • Permukaan tengah (wilayah transisi) bibir adalah lapisan epidermis yang transparan.
  • Permukaan bagian dalam bibi adalah selaput lendir.
  • Lalu ada tempat pertemuan antara bibir atas dan bawah di sebelah mulut, Komisura-Lippe.
  • Bibir menahan makanan dan meneruskannya ke rongga mulut untuk pencernaan melalui gigi, lidah dan kelenjar ludah.

2 Pipi

Pipi adalah area di sebelah mulut, yang terdiri dari otot. Otot pada bibir memainkan peran penting dalam mengunyah, otot ini disebut mengunyah (chewing).

3. Gigi

Gigi adalah organ sistem pencernaan yang terletak di rongga mulut. Gigi adalah alat pencernaan mekanik karena berfungsi untuk memotong, merobek, dan mengunyah makanan sebelum memasuki bagian selanjutnya dari proses pencernaan. Gigi memiliki struktur yang kuat dan keras untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

Lihat Materi Lainnya :  Jaringan Ikat

Gigi terdiri dari 3 bagian utama, yaitu:

a. Mahkota gigi (puncak)

Mahkota gigi terlihat dari luar. Lapisan ini terlihat putih karena ditutupi oleh struktur yang disebut enamel. Setiap jenis gigi memiliki bentuk mahkota yang berbeda.

b. Leher (Colum)

Leher atau leher gigi adalah bagian yang sudah tertanam di gusi. Bagian ini adalah batas antara mahkota dan akar gigi.

c. Akar gigi

Akar gigi adalah bagian yang tertanam di rahang (lihat gambar), sehingga tidak terlihat dari luar. Manusia memiliki beberapa jenis gigi, masing-masing gigi dapat memiliki jumlah akar yang berbeda, beberapa memiliki 2 akar yang memiliki 3 akar.

Berdasarkan bentuk dan fungsinya, gigi manusia terdiri dari 4 jenis, yaitu gigi seri, gigi taring, gigi premolar, dan gigi geraham.

Tergantung pada usia, gigi dibagi menjadi dua jenis: gigi susu dan gigi permanen.

4 Lidah

Lidah adalah organ yang terkandung dalam indera dan juga mendukung sistem pencernaan sebagai organ. Lidah bertindak sebagai indera perasa, memberi rasa pada benda apa pun yang masuk ke mulut kita. Selain itu, lidah mendukung mengunyah dan menelan. Lidah juga sering disebut sebagai bahasa (Latin) atau glossal (Yunani). Lidah adalah jaringan otot bergaris (otot rangka) yang ditutupi oleh selaput lendir.

Lidah memiliki tiga fungsi utama, yaitu

  • Sebagai indera perasa
  • Sebagai organ pencernaan untuk mencerna dan menelan makanan
  • Sebagai organ yang berperan dalam berbicara

Bagian terbesar lidah terdiri dari otot rangka. Ada dua jenis otot pada lidah, otot intrinsik lidah dan otot ekstrinsik lidah. Lidah dapat bergerak ke segala arah karena otot. Saraf yang bertanggung jawab untuk lidah adalah saraf hipoglosus. Otot intrinsik lidah menyebabkan perubahan ukuran lidah, yang memanjang, memendekkan atau memanjang lidah. Sedangkan otot-otot luar lidah berperan dalam mengatur pergerakan lidah di rongga mulut.

Lihat Materi Lainnya :  Daur Hidup Kupu-Kupu (Metamorfosis)

5. Kelenjar Ludah (Kelenjar saliva )

Kelenjar saliva adalah organ yang menghasilkan air liur dan mengeluarkannya ke dalam mulut manusia. Cairan ini digunakan untuk menjaga kondisi mulut agar tidak mengering dan membantu pencernaan makanan. Di sekitar mulut ada 3 pasang kelenjar ludah :

  • Sepasang kelenjar parotis di bawah pinna (daun telinga)
  • Sepasang kelenjar sublingual di bawah lidah
  • Sepasang kelenjar submandibular terletak di sekitar tulang mandibula

6. Gusi

Gingiva atau gusi adalah jaringan mukosa yang menutupi tulang rahang di rongga mulut. Gusi sebenarnya memiliki warna transparan. Tetapi terlihat merah dari luar, karena jaringan ini mengandung banyak pembuluh darah. Gusi bergabung dengan gigi dan tulang melalui struktur yang disebut serat periodontal.

7. Langit-Langit Mulut

Langit-langit mulut, juga dikenal sebagai palatum, adalah selaput terlipat yang terdiri dari akumulasi otot dan tulang. Uvula membantu mencegah makanan memasuki saluran udara saat tertelan dan juga dapat memengaruhi kebisingan.

8. Uvula

Uvula adalah jaringan lunak yang menggantung di tengah rongga mulut. “Uvula” berasal dari kata “Uva”, yang berarti anggur. Uvula memiliki otot kecil yang disebut otot uvuae yang membantu kontraksi, mengisi ruang di tenggorokan.

Gangguan Mulut

Gangguan Mulut

Di bawah ini adalah beberapa penyakit atau gangguan mulut :

  1. Bau mulut (halitosis)
  2. Sindrom mulut kering
  3. Ulkus mulut
  4. kanker mulut
  5. Bibir sumbing
  6. Infeksi seperti sariawan, herpes atau radang amandel
  7. Masalah lidah seperti permukaan yang retak atau dilapisi
  8. Masalah gigi seperti kerusakan gigi atau gigi berlubang
Demikian penjelasan materi terkait fungsi mulut beserta dengan pengertian, bagian, struktur, gangguan mulut (+Gambar). Semoga materi diatas bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua.
Lihat Materi Lainnya :
[Total: 0    Average: 0/5]