Daur Hidup Nyamuk

Posted on

Daur Hidup Nyamuk Lengkap (Penjelasan + Gambar) – Tahukah Anda langkah-langkah daur hidup nyamuk? Nyamuk merupakan sejenis serangga dari Kerajaan Animalia, filum arthropoda yang termasuk kedalam kelas insect, odo diptera dan famili dari Culicidae. Spesies nyamuk di dunia saat ini telah mencapai 2.700 spesies. Bentuk nyamuk yakni panjang dan juga mempunyai sayap yang bersisik, kaki panjang, dan juga moncong yang panjang. ukuran pada nyamuk ini biasanya tidak mencapai 15 cm. Mosquito (nyamuk) berasal dari bahasa Spanyol dan berarti lalat kecil, karena hampir menyerupai lalat.

Bentuk mulut pada nyamuk betina hampir mirip dan menyerupai seperti jarum suntik karena panjang dan runcing, kemudian memiliki fungsi untuk menusuk sebagai pengisap darah baik pada manusia maupun hewan. Berbeda dengan nyamuk jantan, yang mulutnya lebar, karena nyamuk jantan tidak menghisap darah, namun mereka hanya memburu larva atau jentik nyamuk saja. Faktanya, nyamuk tidak hanya memakan darah, tetapi juga sari buah dan sayuran yang tidak mengandung protein. Nah, sebagai pemenuhan kebutuhan protein ini, nyamuk menghisap darah. Selain itu, nyamuk betina mengisap darah dan memberi makan diri mereka sendiri ketika mereka sedang mengandung.

Daur Hidup Nyamuk

daur hidup nyamuk
daur hidup nyamuk

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah proses perkawinan nyamuk. Proses kawin dilakukan dengan menandai nyamuk jantan di sarang baru, diikuti oleh nyamuk betina. Setelah nyamuk betina meninggalkan sarang, jantan akan mengawini si betina sebelum betina pergi untuk menghisap darah.

Nyamuk betina hanya kawin sekali dalam seumur hidupnya. Kehidupan nyamuk tergantung pada air. Jika tidak ada air, maka nyamuk akan mati. Setelah proses kawin, nyamuk betina langsung bertelur di dalam air.

Telur Nyamuk

Telur Nyamuk

Pada beberapa spesies serangga yang bertelur, ia memiliki tempat sendiri untuk menyimpan telur. Berbeda dengan daur hidup kupu-kupu yang bertelur di bagian bawah daun, namun nyamuk bertelur di air. Telur nyamuk bisa rusak dan mati jika tidak ada di air atau berada di tempat yang kering.

Baca Juga :  Jaringan Epitel

Namun, proses bertelur pada setiap jenis nyamuk berbeda. Contohnya adalah nyamuk Culex, yang dikumpulkan dan dikelompokkan telur-telurnya. Telur nyamuk ini akan berenang di atas air dan mengapung.

Sementara itu, pada spesies nyamuk Anopheles bertelur satu demi satu. Tempat-tempat di mana telur nyamuk Anopheles dapat ditemukan di perairan seperti genangan air, rawa atau kolam.

Dalam kondisi kering, induk nyamuk mencari tempat yang lembab dengan menggunakan reseptor di bagian bawah perut mereka. Dengan cara ini, lokasi basah akan mudah ditemukan.

Nyamuk dapat bertelur hingga 300 telur dalam satu kali reproduksi. Telur ditempatkan di tempat yang tepat sehingga dapat menetas satu atau dua hari kemudian.

Jentik Nyamuk

Jentik Nyamuk

Setelah telur nyamuk menetas, siklus hidup nyamuk berikutnya adalah menjadi jentik nyamuk yang berada didalam air. Bentuk larva atau jentik nyamuk seperti benang berwarna hitam. Umur jentik nyamuk bisa 8 sampai 10 hari.

Lamanya waktu jentik nyamuk dipengaruhi oleh suhu, udara, dan jumlah predator yang mengancam kelangsungan hidup mereka.

Jentik nyamuk bernafas dengan ujung ekor. Sedangkan makanannya adalah berbagai organisme yang ada di air. Bahkan, ada beberapa spesies yang mengkonsumsi jentik nyamuk lainnya.

Pupa

Pupa

Siklus hidup yang ketiga pada nyamuk disebut fase kepompong atau pupa. Seperti halnya jentik nyamuk, pupanya juga hidup di air. Tergantung pada udara, suhu dan predator, fase pupa berlangsung hidup sekitar 1 hingga 2 hari.

Pada fase ini, pupa bernafas dengan tandukThorakis yang ada. Setelah pupa nyamuk memiliki bentuk sayap yang sempurna, nyamuk keluar dari pupa dan bersiap untuk terbang.

Selama proses pupa ini, nyamuk tidak bisa menyentuh air. Satu-satunya bagian tubuh yang dapat menyentuh air adalah kaki. Ini karena sayap nyamuk harus cepat kering. Dalam proses ini, jenis kelamin nyamuk dapat diidentifikasi. Apakah itu jantan atau perempuan?

Baca Juga :  Fungsi Mulut

Nyamuk

Nyamuk

Nyamuk adalah fase terakhir dari daur hidupnya. Setelah nyamuk menjadi nyamuk sempurna dalam satu atau dua hari, nyamuk dapat mempersiapkan diri untuk reproduksi pertamanya. Daur hidup nyamuk sangat cepat, sehingga populasinya di dunia ini sangat besar.

Cara Nyamuk Berkembang biak

cara nyamuk berkembang biak

Dalam siklus hidup nyamuk, ada empat fase: pupa, telur, larva dan dewasa. Dalam tiga tahap pertama, kelangsungan hidup sangat tergantung pada suhu udara dan spesiesnya. Sementara setiap fase sangat menakjubkan.

Telur nyamuk dapat ditempatkan di tempat yang lembab. Ketika lokasi ditemukan, beberapa spesies bertelur dekat satu sama lain seperti rakit. Sebuah rakit dapat terdiri dari 300 telur. Telur-telur akan hadir selama masa inkubasi, yang paling optimal di musim dingin.

Ketika inkubasi dilakukan, larva akan keluar pada saat yang sama. Larva mengganti kulit dua kali. Setelah itu, baru memasuki fase transisi, yang rawan bocor. Satu spesies nyamuk Culex Tarsalis memiliki umur 14 hari pada suhu 20 derajat Celcius. Sementara pada suhu yang lebih tinggi, siklus hidup nyamuk bisa pendek sekitat sepuluh hari.

Wabah Penyakit Yang Disebabkan Oleh Nyamuk

Wabah Penyakit Yang Disebabkan Oleh Nyamuk

Nyamuk adalah hewan nomor satu yang menyebabkan penyakit pada manusia. Ada beberapa jenis nyamuk seperti Aedes Aegepsis yang menyebabkan demam berdarah. Di beberapa daerah di Indonesia, demam berdarah sering menjadi peristiwa luar biasa (KLB).

Nyamuk demam berdarah ini akan menyerang darah manusia ketika nyamuk menghisap darah. Jika Demam Berdarah tidak segera diatasi, maka dapat menyebabkan kematian. Ada juga nyamuk penyebab malaria. Bahkan saat ini, ada beberapa daerah di mana masih ada malaria, z. Di Nusa Tenggara Tenggara, Papua, Buton, Endeh dan pulau-pulau Indonesia Timur lainnya. Selain dua nyamuk yang ada, ada juga nyamuk yang menyebabkan kaki gajah. Penyakit kaki gajah sangat berbahaya dan bahkan bisa berujung pada kematian. Nyamuk sangat berbahaya dan telah menjadi musuh di rumah-rumah saat ini.

Nyamuk menggigit gatal karena nyamuk memangsanya selalu pas sasaran. Ini karena nyamuk menggunakan sensor untuk panas tubuh, bau badan, dan gerakan, sehingga mudah untuk menemukan mangsa. Setelah nyamuk menemukan mangsanya, ia menggunakan jarum moncongnya langsung pada titik tertentu pada kulit dan merobek kulit dengan semacam pisau di mulut hingga menemukan pembuluh darah. Nyamuk melepaskan zat antikoagulan saat menyedot darah, yang memastikan darah tidak menggumpal. Ketika air liur habis, ia tetap berada dalam darah dan menjadi benda asing di kulit yang akan menyebabkan gatal.

Baca Juga :  Pengertian Seni

Cara Membasmi Nyamuk

Cara Membasmi Nyamuk

Karena nyamuk dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi manusia, maka perlu diberantas, meskipun umur nyamuknya pendek. Pemerintah telah meluncurkan gerakan 3M untuk menguras, menimbun, dan menutup.

  • Menguras – Menguras bak atau tempat penyimpanan air yang ada di kamar mandi atau kolam yang berada dekat rumah. Langkah ini sangat penting karena nyamuk menghabiskan separuh hidupnya dan berkembang biak di dalam air. Kolam, yang secara teratur dikeringkan dan dikuras untuk mencegah kelangsungan hidup nyamuk dan tentu saja mengurangi risiko penyakit yang ditularkan oleh nyamuk.
  • Menimbun – Kegiatan penimbunan ini adalah menimbun genangan air yang mungkin akan menjadi tempat nyamuk bersarang. Anda juga harus menimbun kaleng kosong dan plastik yang di genangi oleh air.
  • Menutup – Anda dapat melakukan ini untuk mencegah penyebaran nyamuk dengan menutup sumber air sehingga tidak menjadi proses berkembang biaknya nyamuk.

Ada beberapa tumbuhan atau tanaman yang dapat digunakan sebagai penangkal nyamuk, termasuk eucalyptus, lavender, kulit jeruk,bunga geranium, bunga marigold, rosemary, dan masih banyak lagi. Saat ini, ada juga banyak produk pengusir nyamuk dalam bentuk semprotan, olesan atau obat nyamuk yang dibakar

Demikian penjelasan mengenai Daur Hidup Nyamuk Lengkap (Penjelasan + Gambar). Semoga penjelasan singkat diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Terkait :