Ciri Ciri Makhluk Hidup

Posted on

Ciri Ciri Makhluk Hidup Lengkap (Gambar + Penjelasannya) – Makhluk hidup terdiri dari manusia, hewan dan tumbuhan. Makhluk hidup berbeda dari makhluk hidup atau mati. Ada beberapa fitur khusus makhluk hidup yang membedakan mereka dari benda mati, termasuk bernapas, berkembang biak, dan lainnya.

Secara umum, pemahaman makhluk hidup adalah sejenis organisme yang hidup dengan menghirup udara selama proses pernapasan dan memenuhi sifat-sifat makhluk hidup lainnya. Definisi makhluk hidup dapat diperluas jika organisme lain seperti bakteri atau jamur dipertimbangkan.

Ada banyak jenis makhluk, jumlahnya tidak pasti. Dalam sistem klasifikasi makhluk hidup, seseorang dapat membedakan antara kekerabatan jenis dengan makhluk hidup lainnya. Sederhana: makhluk hidup umumnya terdiri dari manusia, hewan, dan tumbuhan.

Setiap makhluk hidup memiliki karakteristik dan karakteristik tertentu. Karakteristik atau ciri ciri makhluk hidup inilah yang membedakan makhluk hidup dari benda mati atau benda tak hidup lainnya. Orang sebagai makhluk hidup tentu memenuhi semua karakteristik khusus makhluk hidup ini.

Ciri Ciri Makhluk Hidup
Ciri Ciri Makhluk Hidup

Definisi Makhluk Hidup

Pemahaman ini menjadi sangat penting untuk mengetahui batas-batas makhluk hidup.

Organisme hidup, yang dalam bahasa Yunani adalah organon, yaitu instrumen, adalah kumpulan molekul yang saling mempengaruhi sedemikian rupa sehingga mereka berfungsi secara stabil dan memiliki sifat yang hidup. Istilah organisme kompleks merujuk pada organisme yang memiliki lebih dari satu sel.

Makhluk hidup adalah struktur biologis yang merespons perubahan di lingkungan atau entitasnya sendiri. Makhluk hidup mempunyai suatu organisasi biokimia yang sangat kompleks dan memungkinkan mereka untuk memproses zat lalu menggunakan energi untuk menanggapi perubahan di lingkungan mereka.

Definisi Makhluk Hidup Oleh Para Ahli

1. Helena Curtis

Makhluk hidup menurut Helena Curtis sang pakar ahli (tahun 1975) ialah mahliuk yang bisa menggunakan energi dari adaptasi atau lingkungan dan mengubahnya dari satu bentuk energi kedalam bentuk lainnya, beradaptasi dengan lingkungannya, bereaksi terhadap rangsangan, menjadi homeostatik, kompleks dan terorganisir dengan baik. berkembang biak atau berlipat ganda dan bisa tumbuh dan berkembang.

2. Kimball

Pemahaman makhluk menurut Kimball (tahun 1983) memiliki lima fitur yang mengembangkan, bereaksi, mereproduksi, memetabolisme dan rumit.

3. Dwijoseputro

Pemahaman makhluk hidup menurut Dwijoseputro (tahun 1998) adalah sesuatu yang dapat memetabolisme, bergerak, tumbuh, bereproduksi dan bereaksi.

Menurut New Mexico Tech, pemahaman makhluk hidup mempunyai tujuh karakteristik kehidupan, terdiri dari beberapa sel-sel, yang terorganisasi secara rumit, menyerap energi, dan menggunakannya tidak hanya untuk menanggapi lingkungan, tetapi juga untuk tumbuh dan mempertahankan diri. Mereka memiliki kemampuan untuk mereproduksi diri mereka sendiri. dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan.

Ciri Ciri Makhluk Hidup

1. Bernafas

bernafas

Bernapas atau bernafas pada manusia dapat diartikan sebagai proses memasukkan oksigen ke paru-paru dan melepaskan gas buang. Dalam sistem pernapasan manusia ada pertukaran antara gas oksigen dan karbon dioksida.

Oksigen digunakan untuk memproses metabolisme tubuh dan menghasilkan energi. Sisa-sisa metabolisme dalam bentuk karbon dioksida kemudian dilewatkan ke paru-paru dan diekskresikan melalui hidung. Oksigen mengalir melalui tubuh melalui darah. Karbon dioksida ini dilewatkan dari seluruh tubuh ke paru-paru.

Bukan hanya orang yang membutuhkan proses pernapasan. Tumbuhan membutuhkan udara untuk menghasilkan makanan, dan hewan membutuhkan udara serta manusia. Dapat disimpulkan bahwa salah satu sifat makhluk hidup adalah pernapasan.

Baca Juga :  Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Sistem pernapasan tidak sama di setiap makhluk hidup, karena disesuaikan dengan habitat dan spesies makhluk hidup. Misalnya, hewan yang hidup di darat seperti kucing bernafas dengan paru-parunya. Sementara hewan yang hidup di laut bernafas seperti insang dengan insang.

2. Bergerak

bergerak

Gerakan dapat diartikan sebagai pergerakan sebagian atau seluruh bagian tubuh makhluk hidup akibat rangsangan internal atau eksternal. Tonton binatang seperti kuda dan lumba-lumba. Kedua spesies dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Memindahkan kuda tentu berbeda dengan memindahkan lumba-lumba. Kuda berjalan dan berlari dengan kaki. Sementara lumba-lumba berenang dengan sirip dan ekor. Hewan lain juga dapat bergerak melalui merangkak, terbang, melompat, dll.

Peralatan pergerakan yang dimiliki setiap makhluk hidup juga bervariasi sesuai dengan habitat dan spesies, sehingga dapat diartikan bahwa sifat-sifat makhluk hidup bergerak. Semua organisme dapat bergerak, tetapi tidak semua benda bergerak, termasuk makhluk hidup. Karena itu harus memenuhi 9 kualitas makhluk hidup terlebih dahulu.

3. Membutuhkan Nutrisi atau Makanan

Membutuhkan Nutrisi atau Makanan

Karakteristik ketiga dari makhluk hidup adalah bahwa mereka membutuhkan makanan atau makanan. Misalkan seseorang merasa sangat lapar, dia pasti akan berusaha mencari makanan. Demikian juga, hewan yang membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, pastikan untuk memberikan sesuatu untuk dimakan setiap hari.

Bagaimana hewan yang hidup di alam bisa bebas? Mereka juga akan mencoba mencari makanan sendiri sehingga mereka dapat hidup. Tergantung pada jenis makanan hewan dapat dibagi menjadi 3 kelompok. Pertama, karnivora memakan daging. Kedua, herbivora adalah hewan yang memakan tanaman. Akhirnya, semua hewan pemakan itu memakan daging dan tumbuhan.

Bagaimana dengan tanaman? Tumbuhan juga membutuhkan nutrisi atau makanan untuk mendukung kehidupan mereka. Untuk makanan nabati untuk melakukan proses fotosintesis. Dengan cara ini, tanaman dapat menghasilkan makanan sendiri dengan bantuan sinar matahari. Selain sinar matahari, air dan karbon dioksida juga dibutuhkan.

4. Tumbuh dan Berkembang

Tumbuh dan Berkembang

Manusia harus tumbuh ketika tubuh mereka tumbuh lebih besar. Perubahan bentuk tubuh karena jumlah sel dalam tubuh meningkat semakin banyak, sehingga volume tubuh meningkat. Pertumbuhan tidak dapat dibalikkan, artinya tidak mungkin untuk kembali ke posisi pendek ketika Anda tumbuh.

Sementara itu, berkembang adalah proses perubahan menuju kedewasaan. Misalnya perkembangan katak. Pada awalnya telur tidak menetas dan berubah menjadi berudu, kemudian berubah menjadi katak ekor, kemudian berubah menjadi katak muda dan akhirnya menjadi katak dewasa.

Pertumbuhan manusia dan hewan terbatas, yang berarti bahwa kita hanya dapat tumbuh sampai usia tertentu dan kemudian berhenti tumbuh. Sementara pertumbuhan tanaman biasanya tidak memiliki batas usia, tanaman akan selalu tumbuh selama sisa hidup mereka.

5. Berkembang Biak (reproduksi)

Berkembang Biak

Pemuliaan atau reproduksi adalah proses menghasilkan keturunan. Anda tentu tahu bahwa semua makhluk hidup tidak bisa hidup selamanya. Untuk memelihara spesiesnya, setiap makhluk hidup memiliki kemampuan untuk bereproduksi.

Makhluk hidup memiliki dua kemungkinan untuk bereproduksi, yaitu seksual atau generatif dan aseksual atau vegetatif. Pemuliaan generatif dimulai dengan tahap fusi sel reproduksi pria dan wanita. Contohnya adalah burung yang bertelur, mamalia saat lahir, dan tanaman yang menghasilkan biji.

Baca Juga :  Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Sedangkan reproduksi aseksual tidak melalui penggabungan dua sel kelamin. Misalnya, organisme hidup dari protozoa kerajaan, yaitu amuba. Makhluk ini berkembang biak dengan berbagi. Contoh lain adalah tanaman yang berkembang biak dengan mencangkok, stek, bintik-bintik dan bebek.

6. Iritabilita (Peka Terhadap Rangsangan)

Peka Terhadap Rangsangan
Peka Terhadap Rangsangan

Untuk bertahan hidup, semua makhluk hidup harus mampu menghadapi perubahan lingkungan. Misalnya, Anda akan menutup mata secara spontan ketika sebuah benda tiba-tiba mendekati Anda. Contoh lain: Jika seekor lalat berada di belakang tubuh seekor sapi, ia mengibaskan ekornya secara spontan.

Hewan dan manusia memiliki indera yang mengenali keberadaan rangsangan. Kita sebagai manusia diberikan oleh Tuhan, Yang Mahakuasa, panca indera atau panca indera. Kita memiliki mata untuk melihat, hidung untuk mencium, lidah untuk merasakan, telinga untuk mendengar, dan kulit untuk merasakan.

Tumbuhan juga sensitif terhadap rangsangan. Misalnya, gerakan tanaman mendekati kedatangan cahaya yang disebut fotonasti. Karena sinar matahari, batang tanaman berbelok ke arah matahari. Ada juga gerakan seismonasti, yang merupakan selimut putri pemalu yang ditutupi oleh sentuhan tangan.

Berdasarkan contoh dan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sifat-sifat makhluk hidup juga sensitif terhadap rangsangan.

7. Metabolisme

Metabolisme

Metabolisme merupakan suatu proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Proses metabolisme ini sangat memengaruhi sistem pernapasan dan ekskresi. Dalam sistem pernapasan tanaman, gas karbon dioksida dan air digunakan dalam bentuk fotosintesis dalam proses kimia.

Manusia dan hewan juga melakukan proses metabolisme untuk menghasilkan energi yang berguna untuk reproduksi, perkembangan, pertumbuhan dan pergerakan. Metabolisme dibagi menjadi 2 proses, yaitu anabolisme dan katabolisme.

Anabolisme adalah proses metabolisme yang mengubah beberapa senyawa organik sederhana menjadi senyawa kompleks. Contohnya adalah proses fotosintesis pada tanaman hijau. Sedangkan katabolisme adalah pemecahan senyawa kimia yang kompleks. Misalnya, gangguan gula dalam air dan CO2 pada manusia.

8. Mengeluarkan Zat Sisa (ekskresi)

Mengeluarkan Zat Sisa

Semua makhluk hidup mengeluarkan residu yang bisa berbahaya dan meracuni tubuh mereka. Organ ekskresi pada manusia terdiri dari paru-paru, kulit, ginjal dan anus. Paru-paru mengeluarkan limbah dalam bentuk gas karbon dioksida dan uap air. Kulit mengeluarkan limbah berkeringat yang terdiri dari air, urea, dan garam.

Ginjal mengeluarkan produk limbah dalam bentuk urin dari air, garam dan urea. Anus adalah bagian terakhir dari sistem pencernaan yang digunakan untuk mengeluarkan feses. Hewan disingkirkan juga sebagai manusia.

Bagaimana tanaman menghilangkan residu? Penghapusan gas buang dalam bentuk oksigen pada tanaman melalui stomata dan lensa. Telah terbukti bahwa pembuangan residu mengandung sifat-sifat makhluk hidup.

9. Adaptasi Terhadap Lingkungan

Adaptasi Terhadap Lingkungan

Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk beradaptasi dengan lingkungan agar dapat bertahan hidup di habitatnya. Contoh adaptasi pada hewan adalah berbagai bentuk paruh dan kaki pada burung, yang berhubungan dengan jenis makanan dan habitatnya.

Contoh adaptasi terhadap tanaman adalah berbagai bentuk daun pada tanaman yang disesuaikan dengan habitatnya. Karena ada tanaman yang hidup di daerah yang lembab, berair dan kering. Adaptasi juga dapat berbentuk perilaku, misalnya. Saat kuda nil panas di lumpur

Bagaimana makhluk hidup bertahan?

Setelah Anda tahu bagaimana sifat-sifat makhluk hidup. Bagaimana makhluk hidup ini bisa bertahan?

Baca Juga :  Pengertian Komunikasi

Ternyata ada beberapa faktor yang membuat makhluk hidup, dan faktor-faktor ini dapat berkembang atau meningkat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing individu. Cara makhluk hidup bertahan hidup meliputi:

1. Mendapatkan Makanan

Mendapatkan Makanan

Makanan adalah salah satu kebutuhan terpenting bagi makhluk hidup. Dengan adanya sumber makanan, makhluk hidup dapat melanjutkan kehidupannya sebagaimana mestinya.

Ketika menemukan sumber makanan ini, makhluk hidup dibagi ke dalam klasifikasi yang berbeda, yaitu:

  • Buat makanan sendiri seperti tanaman.
  • Produksi makhluk hidup lain sebagai sumber makanan seperti hewan dan manusia.
  • Buat makanan dari sisa makhluk hidup yang mati seperti bakteri.

2. Mendapatkan Air

Mendapatkan Air

Dalam tubuh makhluk hidup, lebih dari 50% terdiri dari cairan yang membantu makhluk hidup untuk menjalani hidup mereka. Tanpa air sebagai sumber kehidupan bagi makhluk hidup, kita dapat yakin bahwa makhluk-makhluk ini tidak bisa tinggal selama mereka seharusnya.

Selain membantu makhluk dalam pengolahan makanan seperti fotosintesis, yang dilakukan oleh tanaman. Kehadiran air juga membantu berbagai aktivitas metabolisme dalam tubuh, baik pada manusia maupun pada hewan.

3. Udara

Udara

Salah satu faktor yang memungkinkan makhluk hidup bertahan hidup adalah keberadaan udara atau oksigen. Dengan udara ini, makhluk hidup dapat bertahan hidup dengan penyerapan oksigen dalam tubuh.

Untuk mempertahankan udara ini, berbagai makhluk hidup memiliki caranya sendiri dalam mempertahankan udara yang biasa kita sebut sistem pernapasan, seperti:

  • Stomata adalah respirator tanaman
  • Ingsan adalah alat bernafas ikan
  • Paru-paru adalah alat pernapasan untuk manusia dan hewan
  • Kulit adalah alat bantu pernapasan untuk serangga.

4. Sinar Matahari

Sinar Matahari

Ternyata sinar matahari merupakan faktor penting bagi makhluk hidup. Bagaimana itu?

Untuk makhluk hidup di hadapan sinar matahari, berbagai jenis manfaat dapat diberikan untuk kehidupan makhluk hidup: Tanaman membutuhkan sinar matahari untuk menyiapkan makanan, orang membantu dalam pengolahan pro-vitamin D menjadi vitamin D. Dan sebagai penerangan makhluk hidup.

Bahkan, dalam kasus-kasus tertentu mereka bahkan membuat cahaya mereka sendiri untuk makhluk hidup sebagai alat penerangan. Seperti ikan di laut dalam yang tidak bisa menembus sinar matahari ke kedalaman tertentu.

5. Tempat Tinggal

Tempat Tinggal

Perumahan atau tempat tinggal bagi makhluk hidup juga merupakan salah satu faktor yang sangat dibutuhkan terutama pada manusia. Dengan tempat tinggal, makhluk hidup dapat merasakan rasa aman dan perlindungan dari banyak hal.

Seperti manusia, mereka membutuhkan rumah untuk melindungi diri dari panas dan hujan, dan tempat yang aman. Hewan membutuhkan tempat berlindung di bawah pohon, di gua, di antara bebatuan. Dan tanaman juga membutuhkan tanah subur sebagai habitat untuk berkembang.

Demikian pembahasan mengenai Ciri Ciri Makhluk Hidup Lengkap (Gambar + Penjelasannya). Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Baca Juga :