Cara Latihan Passing Bola Voli – Passing Bawah dan Passing Atas

Posted on

Cara Latihan Passing Bola Voli – Bola Voli merupakan salah satu cabang olahraga yang sudah masuk pada kurikulum sekolah dan terkenal dengan memakai handball dalam permainannya.

Pada saat kita berada di sekolah hal pertama yang umumnya diajarkan oleh seorang guru olahraga kepada kita biasanya teknik-teknik dasar dalam permainan bola voli.

Terdapat beberapa teknik dasar dalam bola voli seperti smash, blocking, service, dan passing. Keempat teknik dasar itulah yang perlu dikuasai oleh para pemain boal voli. Namun penjelasan kali ini kita akan membahas salah satunya, yakni passing.

Latihan passing atas dan passing bawah dipakai untuk menyerang lawan yang mana teknik tersebut memang termasuk ke dalam teknik dasar, jika kita melakukan teknik passing tidak benar maka bisa saja menyakitkan tangan kita sendiri. Biasanya bagi pemula akan mengeluh untuk belajar teknik ini, terutama pada teknik passing bawah. Teknik yang dipakai dalam passing bawah lebih sulit jika dibandingkan dengan passing atas yang dapat dengan mudah mengerahkan tenaga untuk melemparkan bola kedalam area tim lawan.

Cara latihan passing bawah dan passing atas bola voli dapat lebih mudah kita pelajari dahulu bagaimana langkah-langkahnya dan sambil prakteknya. Akan lebih cepat lagi jika latian ini berlatih bersama dengan teman yang bisa memberi arahan sehingga dapat melakukannya dengan baik dan benar.

Cara Latihan Passing Bola Voli

Cara Latihan Passing Bawah dan Passing Atas Bola Voli

1. Cara Melakukan Passing Atas

Passing Atas Bola Voli

  • Pertama kita harus melakukan persiapan yaitu kedua kaki dibuka sampai selebar bahu, selanjutnya kedua lutut direndahkan sehingga berat badan akan bertumpu pada kaki dibagian depan ujung. Lengan pada posisi ditekuk ke depan dan telapak tangan dihadapkan kebagian arah datangnya bola dengan membentuk seperti mangkok di depan atas wajah atau kepala.
  • Kondisikan pada datangnya bola yang akan mengenai bagian kedua telapak tangan sehingga dapat mendorong bola dengan kuat sampai melewati ring ke area tim lawan dengan memakai telapak tangan yang mana ketika bersamaan tumit akan terangkat dan badan dicondongkan mengikuti arah lemparan bola tersebut.
Baca Juga :  Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Nasional Internasional FIFA Lengkap

2. Cara Melakukan Passing Bawah

Langkah pertama yaitu bukalah kaki selebar bahu pada saat akan melakukan persiapan, lalu kedua lutut direndahkan dan ujung kaki bagian depan dijadikan berat sebagai tumpuan badan. Kemudian kedua tangan di luruskan dan dirapatkan ke depan.
Perlu diperhatikan pada bola yang datang dan perhitungkan posisi bola yang akan mengenai kedua tangan kita. Usahakanlah mengenai bagian pergelangan tangan yang ada di bawah telapak tangan kita.
Jika bola sudah datang, maka ayunkan tangan ke atas dengan bagian kedua lutut terangkat, jika ingin mementulkan bola kerahkan semua tenaga yang kita miliki.

Teknik yang satu ini akan terasa susah sekali dilakukan bagi para pemula pemain bola voli. Teknik ini biasanya gagal diterima oleh para pemain, dikarenakan bola tidak menyentuh bagian pergelangan tangan dan menyentuh bagian yang lainnya sehingga akan membuat terasa sakit.

Passing Bawah Dua Tangan

Passing Bawah Bola Voli

Untuk mempermudah kita dalam mempelajari teknik passing ini, maka katakanlah bahwa belajar teknik passing bawah dan atas tidaklah sulit

Namun, langkah awal yang perlu kita lakukan adalah dengan memperbanyak latihan agar menjadi terbiasa dan mahir.

Apalagi yang kita latih hari ini merupakan sebuah teknik passing bawah. Teknik ini perlu latihan rutin untuk menjadi mahir dan jago ketika melakukannya.

Ketika kita sudah terbiasa dengan latihan passing bawah, maka yang dilakukan ketika passing bawah akan semakin sedikit kesalahannya.

Dan jika kita sudah terbiasa melakukan passing atas dan bawah dengan baik dan benar, akan membuat tangan kita tidak memar atau tidak terasa sakit lagi karena telah terbiasa.

Demikian penjelasan singkat tentang Cara Latihan Passing Bola Voli – Passing Bawah dan Passing Atas. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat bagi para pembaca yang akan melakukan teknik passing bola voli.

Baca Juga : Ukuran Lapangan Bola Voli dan Ukuran NET (Gambar + Keterangan)