Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Posted on

Besaran Pokok dan Besaran Turunan – Materi penjelasan tentang pengertian, contoh, dimensi, dan satuannya dari Besaran Pokok dan Besaran Turunan  secara lengkap. Silahkan kalian simak materinya dibawah ini gaes!

Besaran Pokok dan Besaran Turunan
Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Besaran dan Satuan

Didalam dunia fisika kita dapat mengukur sebuah besaran dalam satuannya masing-masing. Dengan cara membandingkannya besaran tersebut pada suatu standar (dengan memahami maksud kalimatnya, coba kalian bayangkan ketika akan mengukur besaran panjang sebuah meja dan kalian akan mendapatkan panjangnya lima jengkal. Itu maksudnya adalah kamu membandingkan besaran panjang meja tersebut dengan panjang jengkal kalian maka tentunya jengkal kalianlah standarnya).

Sedangkan untuk satuan adalah sebuah nama atau istilah yang diberikan dalam mengukur besaran tersebut, sebagai contohnya, second (s) dalam waktu. Setiap besaran pada fisika mempunyai satuannya masing-masing. Berdasarkan satuan tersebut besaran bisa dijadikan dalam dua bagian.

Besaran Pokok

Besaran pokok atau (Base Quantities) merupakan suatu besaran yang satuannya telah didefinisikan dan ditetapkan terlebih dahulu, berdiri sendiri dan tidak bisa dijabarkan dengan besaran lain. Terdapat tujuh (7) besaran pokok yang sudah dirumuskan dan disepakati oleh para ahli fisikawan terdahulu. Contoh pada besaran turunan yakni panjang, massa dan waktu.

Masing masing besaran juga mempunyai satuan dan dinyatakan pada satuan internasional (SI), atau bisa disebut sebagai MKS (m.kg,s). Satuan internasional (SI) adapah satuan yang sudah disepakati secara Internasional dan dipakai oleh berbagai negara didunia ini. Untuk lebih memahaminya dengan jelas, berikut tabel besaran pokok dan satuannya dibawah ini :

No Besaran Pokok Simbol Besaran Satuan Simbol Satuan Dimensi
1 Panjang l meter m [ L ]
2 Massa m kilogram kg [ M ]
3 Waktu t sekon s [ T ]
4 Kuat arus listrik I ampere A [ I ]
5 Suhu/Temperatur T kelvin K [ θ ]
6 Jumlah zat n mol mol [ J ]
7 Intensitas cahaya l candela cd [ N ]
Baca Juga :  Daya - Pengertian, Rumus, Lambang, Satuan, Dimensi, Contoh Soal Daya

Besaran Turunan

Besaran Turunan atau (Derived Quantities) merupakan suatu besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Selain dari tujuh besaran pokok yang sudah dijelaskan pada tabel diatas, besaran fisika yang lainnya termasuk kedalam besaran turunan ini. Ciri khusus besaran turunan yakni diperoleh dari hasil pengukuran secara langsung maupun tidak langsung, memiliki satuan lebih dari satu, dan juga telah diturunkan dari besaran pokok.

Salah satu contoh dari besaran turunan yakni Luas. Karena luas adalah hasil kali dua besaran panjang, yakni panjang dan lebar. Jadi, Luas adalah turunan dari besaran Panjang.

Contoh lainnya yaitu besaran Volume. Volume adalah kombinasi tiga besaran panjang, yakni panjang, lebar, dan tinggi. Maka, Volume juga sebuah turunan dari besaran panjang. Untuk memahaminya dengan jelas, berikut tabel besaran turunan dan satuannya dibawah ini :

No Besaran Turunan Nama Satuan Simbol Dalam Satuan Dasar
1 Luas meter persegi
2 Volume meter kubik
3 Kecepatan meter per sekon m/s m/s
4 Percepatan meter per sekon Persegi m/s² m/s²
5 Massa jenis kilogram per meter kubik kg/m³ kg/m³
6 Gaya newton N kg.m/s²
7 Energi dan usaha joule J kg.m²/s²
8 Daya watt W kg.m²/s³
9 Tekanan pascal Pa kg/(m.s³)
10 Frekuensi hertz Hz s^-1 (s pangkat min satu)
11 Muatan listrik coulomb C A.s
12 Potensial listrik volt V kg.m²/(A.s³)
13 Hambatan listrik ohm Ω kg.m²/(A².s³)
14 Kapasitansi farad F A².s²/kg.m²
15 Medan magnetik tesla T kg/(A.s²)
16 Fluks magnetik weber Wb kg.m²/(A².s²)
17 Induktansi henry H kg.m²/(A².s²)

Dimensi Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Dalam pembahasan ini kita juga mengenal sebuah istilah dimensi, adalah suatu penggambaran besaran turunan pada besaran-besaran pokok penyusunnya. Maka dari itu besaran pokok mempunyai dimensi yang paling dasar.

Baca Juga :  Mikrometer Sekrup
No Besaran Pokok Dimensi
1 Panjang (l) L
2 Massa (m) M
3 Waktu (t) T
4 Temperatur (T) Ө
5 Kuat Arus (I) I
6 Intensitas (In) J
7 Jumlah Zat (n) N

Contohnya dalam kecepatan (v) yang merupakan suatu hasil di antara perpindahan (s) pada selang waktu (t). Maka dimensi kecepatan bisa dicari menggunakan cara berikut ini :

dim v = \frac{dim s}{dim t} = \frac{[L]}{[T]} = [L][T]^{-1}

Contoh selanjutnya dalam percepatan (a) yang merupakan suatu hasil bagi beda kecepatan (v) pada selang waktu (t). Berikut caranya :

dim a = \frac{dim v}{dim t} = \frac{[L][T]^{-1}}{[T]} = [L][T]^{-2}

Dimensi ini bisa digunakan dalam mengecek kebenaran dalam suatu persamaan. Berikut ini contohnya :

Buktikan secara dimensional didalam hasil perkalian Gaya dan selang waktu yang merupakan perubahan momentum!

F \Delta t = m \cdot \Delta v

Penyelesaian:

Dimensi Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Terbukti.

Selain itu dimensi juga bisa digunakan dalam menurunkan persamaan sebuah besaran dari besaran-besaran yang telah mempengaruhinya.

Demikian penjelasan materi tentang pengertian, contoh, dimensi, dan satuannya dari Besaran Pokok dan Besaran Turunan, semoga bisa berguna bagi kita semua. Selamat belajar!

Artikel Terkait :