Pengertian Database
Pengertian Database

Database-Pengertian dan Manfaat Database

Posted on

ilmubelajar.com-Dalam pembahasan yang satu ini akan menjelaskan tentang pengertian sebuah database dan manfaat database dalam menggunakannya. Simak pembahasan dibawah ini, “Semoga Bermanfaat”

Pengertian database

Database merupakan kumpulan data-data yang sudah disusun serangkai mungkin untuk ketentuan atau aturan tertentu yang saling berhubungan atau berelasi yang dapat memudahkan para pengguna untuk mengolahnya kemudian dapat juga untuk memudahkan memperoleh sebuah informasi. Database sendiri ada juga yang mendefinisikan database merupakan sebuah kumpulan file-file, tabel-tabel, atau arsip yang saling berhubungan kemudian akan disimpan dalam media elektronik. 

Manfaat Penggunaan Database

Mempercepat dan Mempermudah

Database memiliki sebuah kemampuan yang didalamnya dapat menyeleksi data-data lalu menjadi suatu kumpulan yang terurut dengan sangat cepat. Sehingga manfaat penggunaannya bisa menghasilkan sebuah informasi yang ketika dibutuhkan secara cepat juga dalam pencariannya. Proses kecepatan data oleh database sesuai dengan rancangan pada database tersebut.

Pemakaian Untuk Bersama

Database ini juga dapat dipakai oleh siapa saja dalam suatu perusahaan atau hal lainnya. Seperti database pada seorang mahasiswa dalam suatu universitas / perguruan tinggi yang membutuhkan beberapa bagian seperti bagian admin, bagian keuangan dan bagian akademik. Bagian-bagian bidang itu membutuhkan database mahasiswa tersebut tetapi tidak perlu semua bidang bagian tadi membuat databasenya masing-masing, Hanya perlu database mahasiswa yang telah dibuat dan disimpan di server pusat. Kemudian bagian-bagian bidang tersebut menghubungkan databasenya ke database mahasiswa dalam bahasanya sering disebut Relasi.

Kontrol data terpusat

Database ini sangat membantu khususnya pada sebuah perusahaan yang memiliki data-data sangat penting, database dapat memudahkan pada sebuah pengontrolan data contoh, jika ingin UPDATE data mahasiswa, maka harus semua bagian database meng-UPDATE semua data bagian divisi, Hal tersebut tidak perlu dilakukan cukup Update database Mahasiswa tersebut di server pusat maka akan terupdate semua.

Menghemat biaya perangkat

Karena database merupakan sebuah penyimpanan secara terpusat pada masing-masing divisi maka tidak memerlukan perangkat agar menyimpan data ke database. Tujuan utama menyimpan kedalam database yang diperlukan hanya satu yaitu untuk disimpan pada server pusat, Maka dapat mengurangi biaya.

Keamanan Data

Pada database ini saat ini memiliki fasilitas manajemen pengguna pada setiap Aplikasi manajemen. Fasilitas manajemen pengguna sangat membantu dalam membuat hak akses yang berbeda sesuai dengan keperluan pengguna. Jika ingin membuka data yang tersimpan di database saat ini memerlukan password untuk mengaksesnya.

Memudahkan Untuk Pembuatan Aplikasi Baru

Database saat ini telah dirancang dengan sangat baik, sehingga pada perusahaan yang ingin membuat aplikasi baru tidak perlu membuat database lagi, Jika sudah memiliki Aplikasi yang ingin ditambah hanya perlu mengubah kembali struktur database yang telah dirancang. Untuk itu para programmer hanya perlu membuat atau pengatur antarmuka aplikasinya saja maka akan lebih capat dalam pembuatannya.

Database memang sudah banyak digunakan karena manfaat dan kegunaan yang dimiliki oleh database khususnya pada sebuah perusahaan baik itu perusahaan skala kecil atau perusahaan besar yang memiliki database pada rancangannya sangat baik. Kemudian pemanfaatan teknologi jaringan komputer yang saat ini semakin maju sehingga database ini akan semakin besar dan sangat baik lagi. Pada sebuah perusahaan telah menggunakan database sekaligus teknologi jaringan komputer pada saat ini, seperti perbankan yang memiliki cabang di setiap kota atau tempat-tempat diluar daerah. Manfaat database dengan menggunakan teknologi jaringan komputer tersebut Perusahaan Bank hanya memiliki satu database untuk menyimpan data/file di server pusat saja, Karens cabang perbankan tersebut hanya terhubung melalui jaringan komputer untuk mengakses database yang terletak pada sever pusat tersebut.

“Itulah pembahasan tentang pengertian database dan manfaatnya, “Semoga Bermanfaat”