Pengertian HAM
Pengertian HAM

Pengertian HAM-Secara Umum,Menurut Para Ahli, dan Contohnya

Posted on

ilmubelajar.com-Kali ini akan membahas tentang pengertian HAM/hak asasi manusia secara umum dan pengertian HAM menurut para ahli, Disini akan dijelaskan juga tentang contoh dari Hak Asasi Manusia. Kemudian penjelasan macam-macam Hak Asasi manusia yang akan dijelaskan juga.

HAM sering disebut juga sebagai Hak Asasi Manusia ialah Sebuah prinsip moral atau norma-norma yang merupakan sifat dari perilaku-perilaku manusia, Maka dari itu penjelasan tentang Undang-Undang Ham yang telah dibahas sebelumnya seperti Hak hidup manusia,Hukum, Perlindungan dan lainnya. Karena setiap manusia wajib memiliki hak atas kehidupan mereka sendiri.  Berikut Pembahasannya!

Pengertian HAM Secara Umum

HAM merupakan hak-hak dasar pada setiap manusia ketika lahir ke dunia. Kemudian hak dasar tersebut berlaku secara universal juga diakui oleh setiap manusia.

HAM merupakan sebuah singkatan yang berarti memiliki arti yaitu Hak Asasi Manusia, Artinya yaitu “Hak” seseorang yang memiliki kekuasaan atau kewajiban yang dimliki, Jika “Asasi” merupakan suatu hal yang paling utama, Arti dari HAM secara keseluruhan ialah suatu kewajiban paling utama yang dimiliki pada setiap manusia.

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

Jika Anda ingin lebih paham tentang HAM disini dijelaskan menurut beberapa para ahli. Penjelasan tentang pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) menurut para ahli, Berikut contohnya:

1. Menurut John Locke(Para Ahli)
Menurut John Locke dalam penjelasan tentang pengertian HAM ialah hak-hak manusia yang langsung diberikan Tuhan sebagai hak yang telah kodrati. Maka dari itu, sebesar apapun kekuatan di dunia ini tidak akan ada yang bisa mencabutnya. Kemudian HAM ini sifatnya mendasar atau fundamental bagi setiap kehidupan manusia sehingga pada hakikatnya sangat suci.

2. Menurut Jan Materson(Para Ahli)
Menurut Jan Materson dalam penjelasan tentang pengertian HAM ialah hak-hak yang ada pada setiap kehidupan manusia yang tanpanya manusia mustahil dapat hidup sebagai manusia seperti saat ini.

3. Menurut Miriam Budiarjo(Para Ahli)
Menurut Miriam Budiarjo dalam penjelasan tentang pengertian HAM ialah hak yang dimiliki setiap manusia sejak dia lahir ke dunia yang sifatnya universal karena dimiliki tanpa adanya perbedaan kelamin, ras, budaya, suku,agama dan lainya.

4. Menurut Prof. Koentjoro Poerbopranoto(Para Ahli)
Menurut Prof. Koentjoro Poerbopranoto dalam penjelasan tentang pengertian HAM ialah suatu hak yang sifatnya asasi (mendasar) yang dimiliki setiap kehidupan manusia berdasarkan kodrat yang telah diberikan kemudian pada dasarnya tidak akan bisa dipisahkan sehingga bersifat suci.

5. Menurut Oemar Seno Adji(Para Ahli)
Menurut Oemar Seno Adji dalam penjelasan tentang pengertian definisi HAM ialah hak yang melekat pada setiap martabat manusia yang telah diberikan sebagai insan dari ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang berfifat tidak boleh dilanggar oleh siapapun.

6. Menurut Jack Donnely(Para Ahli)
Menurut Jack Donnely dalam penjelasan tentang pengertian definisi HAM ialah hak-hak yang sudah dimiliki pada setiap manusia semata-mata karena ia manusia. Karena umat manusia memilikinya bukan karena dia diberikan kepadanya oleh masyarakat atau berdasarkan hukum positif saat ini, melainkan semata-mata berdasarkan martabatnya sebagai manusia yang sudah memiliki.

7. Menurut UU No 39 Tahun 1999 yang telah ditetapkan
Menurut UU No 39 Tahun 1999 pasal 1, pengertian HAM ialah seperangkat hak yang sudah melekat pada setiap manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, yang dimana hak tersebut adalah anugerah yang wajib di dilindungi dan harus dihargai oleh setiap manusia.

8. Menurut David Beetham dan Kevin Boyle(Para Ahli)
Menurut David Beetham dan Kevin Boyle, dalam penjelasan tentang pengertian HAM dan kebebasan-kebebasan fundamental ialah hak-hak individual yang berasal dari kebutuhan-kebutuhan serta kapasitas-kapasitas pada setiap manusia.

Macam-Macam HAM dan Contohnya

1. Hak Asasi Pribadi (Personal Rights)
Hak Asasi Pribadi (Personal Rights) adalah hak asasi yang memiliki hubungan dengan kehidupan pribadi seseorang pada setiap individu. Berikut contohnya:

  • Hak Kebebasan pada seseorang untuk bepergian, bergerak, berpindah-pindah ke tempat lainnya.
  • Hak Kebebasan pada seseorang dalam menyampaikan pendapat.
  • Hak Kebebasan pada seseorang dalam berkumpul atau berorganisasi.
  • Hak Kebebasan pada seseorang dalam memilih, memeluk, dan menjalankan agama dan kepercayaan sesuai keyakinan masing-masing manusia.

2. Hak Asasi Politik (Political Rights)
Hak Asasi Politik (Political Rights) adalah hak asasi yang terkait dengan kehidupan politik pada manusia. Berikut contohnya:

  • Hak pada seseorang untuk dipilih dan memilih dalam suatu pemilihan.
  • Hak pada seseorang dalam keikutsertaan kegiatan pemerintahan.
  • Hak pada seseorang dalam mendirikan partai politik kemudian organisasi politik lainnya.
  • Hak pada seseorang dalam membuat dalam suatu usulan petisi.

3. Hak Asasi Hukum (Legal Equality Rights)
Hak Asasi Hukum (Legal Equality Rights) merupakan sebuah hak yang mendapatkan kedudukan yang sama dalam hukum dan pemerintahan. Berikut contohnya:

  • Hak pada seseorang untuk mendapat perlakukan yang sama dalam hukum dan pemerintahan.
  • Hak pada seseorang untuk menjadi seorang PNS atau Pegawai Negeri Sipil.
  • Hak pada seseorang untuk mendapatkan perlindungan dan layanan hukum.

4. Hak Asasi Ekonomi (Property Rigths)
Hak Asasi Ekonomi (Property Rigths) adalah hak masing-masing manusia yang terkait dengan kegiatan perekonomian. Berikut contohnya:

  • Kebebasan seseorang pada sebuah kegiatan atau transaksi jual-beli.
  • Kebesasan pada seseorang yang melakukan perjanjian kontrak.
  • Kebebasan pada seseorang tentang penyelenggaraan sewa-menyewa dan hutang-piutang.
  • Kebebasan pada seseorang tentang mempunyai sesuatu.
  • Kebebasan pada seseorang tentang mempunyai pekerjaan yang pantas.

5. Hak Asasi Peradilan (Procedural Rights)
Hak Asasi Peradilan (Procedural Rights) adalah suatu hak yang mendapat perlakuan sama dalam tata cara pengadilan. Berikut contohnya:

  • Hak pada seseorang tentang mendapatkan pembelaan hukum di pengadilan.
  • Hak pada seseorang tentang mendapatkan persamaan atas perlakuan penggeledahan, penangkapan, penahanan, dan penyelidikan di muka hukum.

6. Hak Asasi Sosial Budaya (Social Culture Rights)
Hak Asasi Sosial Budaya (Social Culture Rights) adalah suatu hak manusia yang terkait dengan kehidupan bermasyarakat. Berikut contohnya:

  • Hak pada seseorang tentang menentukan, memilih, dan mendapatkan pendidikan.
  • Hak pada seseorang tentang mendapatkan pengajaran.
  • Hak pada seseorang tentang mengembangkan budaya yang sesuai dengan bakat dan minat.

Itulah Pengertian HAM secara umum dan menurut para ahli beserta macam-macam ham dan contohnya, Semoga Bermanfaat…