Belajar Memancing Untuk Pemula Hingga Mahir disungai dan Laut

Posted on

Ilmubelajar.com, akan membahas tentang tips dan trik cara belajar memancing untuk pemula hingga mahir disungai,kolam dan dilaut agar mendapatkan hasil yang memuaskan kemudian menjelaskan tentang pemilihan umpan, alat-alat pancing yang tepat bagi Anda yang ingin memancing disungai atau laut.

Pertama yang harus dipersiapkan terlebih dahulu untuk memancing adalah peralatan pancing Anda harus sudah siap digunakan seperti stik, reel atau bearing, kail, kemudian pelampung. Selanjutnya setelah peralatan yang harus  dipersiapkan ialah memilih umpan yang tepat untuk memancing sesuai tempat dimana Anda memancing. Memancing memang merupakan hoby yang sangat asik menghilangkan jenuh kita, Apalagi ketika streak! Moment yang paling ditunggu ketika menarik ikan besar. Terkadang disaat mendapatkan ikan yang besar ternyata senar pancing putus padahal senar sudah terbaik atau yang paling kuat, dikarenakan ikatan kail kita terkadang tidak benar yang mengakibatkan senar sekuat apapun akan putus jika kita tidak benar dalam merakit kail pancing. Maka dari itu disini akan dijelaskan juga tentang merakit kail pancing yang benar. Next kita lanjutkan pembahasan tentang memancing!

Penjelasan tentang seputar  peralatan pancing :

1. Reel atau (Bearing)

Reel ini berfungsi untuk tempat senar atau penggulungan senar pancing. Contoh pada rell shimano yang tertulis kode PG dan HG pada jenis reelnya. PG ialah (power gear) kemudian HG ialah (high gear) yang berkaitan dengan gear ratio. Gear ratio ini berfungsi sebagai pemutar pada reel, contoh gear ratio 3 : 1 yaitu jika Anda memutar handle sebanyak 1x maka rotor akan memutar sebanyak 3x begitu juga dengan jumlah gear ratio lainnya.

Berikut mengenai detail HG dan PG :

  • Kode HG (high gear) > 3 : 1 lebih besar gear ratio yang cocok digunakan untuk memancing teknik Popping.
  • Kode PG (power gear) < 3 : 1 lebih kecil gear ratio yang cocok untuk memancing teknik Jigging.

Perbandingan ukuran Spool pada Reel atau Bearing Shimano dan Daiwa:

Ukuran spool reel menunjukan kapasitas penampungan senar dan kekuatan pada reel tersebut. Semakin besar ukuran spool reel atau bearing maka akan semakin banyak senar yang ditampung pada reel sehingga lebih kuat ketika menahan beratnya tarikan ikan yang besar dan ukuran reel (bearing) tersebut semakin besar.

 

Berikut perbandingan reel shimano dan daiwa :

perbandingan reel shimano dan daiwa

Berikut contoh reel (Bearing) :

1.Reel Spin Cast

Reel Spin Cast

Teknik reel ini dilakukan dengan cara melempar kemudian menggulung senar sampai ikan menyambar umpan biasa disebut dengan teknik casting atau spinning.

2.Rell Free Runner atau Bait Runner

Free Runner Rell

Free runner reel ini merupakan jenis reel yang dibuat untuk memancing menggunakan umpan hidup dan reel ini yang dirancang untuk mempermudah dalam teknik spinning.

3. Reel Surf Casting

Reel Surf Casting

Reel Surf Casting merupakan teknik memancing pinggiran yang berukuran besar sekali untuk menampung banyak senar yang akan digunakan. Kelebihan dalam memancing  teknik Surf casting ini kita bisa melempar umpan sangat jauh karena penampungan senar yang banyak memudahkan kita dalam melempar umpan yang jauh.

2. Stik Atau Joran

joran Pancing

Joran ialah senjata penting dalam memancing untuk memudahkan kita dalam menggentak saat mendapatkan ikan. Meski ada teknik Handline, Tetapi teknik tersebut tidak akan membuat kita nyaman yang akan membuat tangan kita terbeset oleh senar pancing akibat perlawanan ikan. Fungsi joran atau stik pancing ini memudahkan kita semua menjadi nyaman saat memancing. Menggunakan joran dibanding teknik Handline keuntungannya adalah kita bisa melemparkan umpan sangat jauh dibandingkan dengan teknik Handline yang hanya melempar umpan diarea kita memancing saja. Teknik dalam menggunakan joran atau stik kita dapat menerapkan teknik jigging,casting dan popping ada juga teknik lemparan sebelumnya yaitu skipping.

Tips Memilih Joran atau Stik pancing yang baik dan kuat:

Memilih joran sesuai dengan tempat dan teknik memancing ini sangat diperlukan, Jika kita memilih joran sebelum menentukan tempat dan teknik memancing pasti akan terasa lebih nyaman karena kita sudah persiapkan sebelumnya. Misalnya jika kita memancing dikolam, Joran yang baik itu biasanya berukuran 120-170cm berbeda dengan memancing dilaut yang berukuran panjang seperti 200cm keatas untuk memudahkan ketika menggentak disaat mendapatkan ikan karena umpan kita yang dilempar jauh. Berikut ini tips memilih joran yang benar:

Tips dalam pemilihan Joran untuk memancing:

  1. Pilihlah joran sesuai tempat dan teknik memancing yang ingin kita gunakan, seperti panjang ukuran joran yang baik sesuai tempat memancing. Teknik casting, popping, jigging trolling dan lainnya sebaiknya agar lebih mudah pilihlah joran yang sesuai dengan tekniknya dan tempat yang juga menentukan panjang joran agar tidak mengganggu saat kita memancing. Contoh jika kita memancing dikolam, sebaiknya panjang joran tidak terlalu panjang sesuaikanlah terlebih dahulu ini sangat wajib bagi kita semua penghobi memancing.
  2. Pilihlah joran yang baik untuk spot memancing. Misalnya seperti spot dilaut yang biasanya terdapat ikan-ikan sangat besar, Joran harus kuat untuk menahan tarikan ikan agar tidak patah. Begitu juga jika kita memancing di kolam atau sungai lainnya sesuaikan dengan kondisi tempat memancing. Dari ukuran, bahan dan material harus menyesuaikan dengan kondisi tempat yang kita tuju.
  3. Pilihlah joran sesuai dengan reel yang digunakan . Jika kita menggunakan spinning reel maka gunakan joran dengan tipe underhead reel agar memudahkan kita dengan teknik spinning reel. Begitu juga sebaliknya dengan baitcasting reel maka sebaiknya kita gunakan joran dengan overhead reel.
  4. Diameter blank joran biasanya menyesuaikan dengan panjang joran. Semakin panjang ukuran joran yang digunakan maka semakin besar diameter pangkal joran tersebut. Maka gunakan joran sesuai kebutuhan kita agar situasi memancing lebih nyaman dan tenang.
  5. Pemilihan joran yang kuat dilihat dari bahan dan yang pasti dari segi harga. Sesuaikan jika memancing dilaut dengan kekuatan joran yang baik karena terdapat ikan-ikan yang besar di sana.

Berikut beberapa point dalam pemilihan joran yang baik:

1. Pemilihan bahan joran

Bahan tergantung dari keinginan kita masing-masing. Ada kelebihan dan juga kekurangan pada bahan material pembuatan joran atau stik pancing. Contohnya, jika memilih joran dari bahan carbon kelebihan pada bahan ini adalah bobotnya yang ringan dan sangat elegan untuk memancing. Namun joran carbon tentu juga gampang patah karena keringanannya dan bahan yang kurang baik, jika kita ingin memilih joran berbahan carbon gunakanlah dengan kualitas medium-heavy. Kemudian sebaliknya jika kita memilih joran berbahan fiber kelebihan pada joran pada bahan ini adalah kekuatan joran dan tahan lama sehingga tidak akan merasa khawatir patah saat menggunakannya. Tetapi joran ini sangat berat bobotnya Sehingga jika memancing dengan teknik casting atau popping tentu akan cepat sekali membuat tangan keram atau lelah. Jika kita ingin memilih joran dengan blank yang berbahan kuat namun ringan sekali berbeda dengan fiber bobotnya, gunakanlah joran dengan blank carbon solid, karena blank memiliki bahan dan material yang padat sehingga mempunyai kekuatan yang sema dengan fiber.

2. Pemilihan Ring Guide dan Reel Seat

Ring Guide merupakan kolongan atau lingkaran yang berbentuk cincin yang tereletak pada joran berguna sebagai meluruskan keluar atau masuknya senar pancing. Pada saat ini telah banyak para pecinta memancing menggunakan joran berbahan keramik dan itu sudah lumayan. Tetapi keramik juga gampang pecah dan patah berbeda seperti fiber full yang kuat sekali. Maka pilihlah kolongan cincin joran yang bekualitas baik seperti brand fuji. Jika Anda menggunakan kolongan berbahan plastik dan besi sangat tidak dianjurkan karena akan membuat senar gampang terbeset dan putus akibat gesekan dari kolongan tersebut. Sedangkan untuk reel seat biasanya sudah menyediakan reel seat yang terdapat pada joran. Jika Anda ingin merubah reel seat yang lebih baik gunakanlah fuji reel seat.

3. Contoh Joran atau Stik Pancing dan Keterangannya:

1. Joran Spinning

joran spinning

Joran spinning adalah jenis yang menggunakan rel spinning yang digunakan saat memancing menggunakan teknik casting. Dimana akurasi dan jauh untuk melontarkan joran ini memang cocok sekali digunakan pada teknik casting di laut. Joran satu ini sangat cocok sekali untuk memancing ikan-ikan besar di laut seperti ikan kerapu dan ikan karang lainnya. Harga joran spinning sangat bermacam-macam, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung kelas-kelas pada merk joran spinning tersebut.

Keterangan pada Joran Spinning:

  • Terbuat dari bahan fibber dan grafit sehingga kekuatannya dijamin.
  • Sangat lentur sehingga memudahkan ketika menarik ikan.
  • Tidak berat ketika dipegang.
  • Rata-rata ukurannya 150  sampai 210 cm.
  • Model Reel pada joran spinning ini adalah Spinning rel.

2. Joran Baitcasting

Joran Baitcasting

Joran baitcasting merupakan joran yang sangat cocok untuk digunakan memancing di berbagai tempat yang sulit dan susah digapai. Contohnya rawa-rawa atau sungai. Menggunakan jenis joran yang satu ini agak sulit, karena membutuhkan akurasi yang tepat ketika ingin melontarkan. Cara penggunaan atau melemparnya sendiri juga berbeda dari joran lainnya, yaitu dilempar dari arah samping ke depan, bukan dari belakang ke atas seperti pada umumnya. Joran ini ini cocok sekali disaat memancing ikan lele, gabus dan ikan predator lainnya yang berada di air tawar.

Keterangan Pada Joran Baitcasting:

  • Ukuran rata-rata, mulai dari 150 sampai 200 cm.
  • Memiliki pegangan khusus untuk jari telunjuk pada dudukan rel sehingga memudahkan pada pemegangan.
  • Pada joran ini memiliki model rel : Baitcasting rel.
  • Pada joran ini memiliki Ring Guide: Diameternya lebih kecil dibandingkan dengan ring joran spinning.

3. Joran Surf Casting

Joran Surf Casting

Bagi Anda yang suka memancing ditepi pantai atau dipinggiran laut, sangat baik jika memilih jenis joran satu ini. Joran surf casting yang biasa digunakan oleh angler pemancing yang sudah profesional di atas tepi pantai atau di pinggir laut. Tetapi jika Anda menggunakan joran satu ini yang harus menggunakan reel atau bearing yang besar agar pelontaran yang jauh sehingga memerlukan senar pancing yang banyak.

Keterangan Pada Joran Surf Casting:

  • Ukurannya biasanya sekitar 360 cm – 500 cm.
  • Pegangan / grip: Pegangan dibuat dari bahan yang sangat kuat dan agak panjang, Agar lebih memudahkan para pemancing profesional melontarkan umpan sangat jauh.
  • Tipe : antena dan sambungan sehingga sangat lentur sekali.
  • Reel pada joran ini : spinning reel sehingga mencapai 5000 ke atas.

4. Joran Popping

Joran Popping

Joran popping ini sangat bagus digunakan bagi para pemancing yang suka memancing menggunakan umpan buatan seperti dari bahan kayu dan plastik disebut sebagai popper. Walaupun terlihat biasa dan sangat ringan ringan, Tetapi joran ini sangat kuat yang mampu menarik dan mengangkat ikan sebesar 50 kilogram. Tipe joran ini dibuat dari bahan carbon composite, sehingga cukup kuat dan kokoh ketika memilikinya. Biasanya Joran ini dibagi menjadi beberapa tingkat kekuatan dan kualitas yang berbeda-beda seperti contoh dari PE6, PE8, PE10 dan selanjutnya. Jika para pemancing yang ingin mencari joran dengan kekuatan senar yang paling kuat, maka yang cocok untuk  joran dengan kode PE 6.

Keterangan Joran Popping:

  • Ukuran joran popping bisa sampai 210 cm – 260 cm.
  • model reel pada jenis joran popping : spinning reel yang sampai dengan ukuran 5000 ke atas maka tidak diragukan lagi kekuatannya.
  • Tipe joran popping : sambungan 2 sampai 3 piece.
  • Jenis Ring Guide pada joran popping: sangat mirip jika kita bedakan dengan ring spinning pada bagian ring yang ukuran diameter pangkalnya lebih besar kemudian dibuat dari bahan metal alloy dan silicon carbide agar tidak mudah untuk tergesek atau rusak oleh senar ketika mengangkat beban ikan yang sangat besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *